Cara Memulai Usaha Sembako di Rumah Dengan Modal Kecil

Setelah berhasil pindah dari blogger ke wordpres org, kini waktunya mengupas tuntas tentang cara memulai usaha atau berdagang sembako di rumah dengan modal kecil.

Sebelum pada pembahasan cara dagang sembako, sedikit saya uraikan alasan kenapa kami memutuskan untuk pindah ke wordpres org.

Dan, beberapa alasannya adalah karena ingin lebih serius mengelola website, dan untuk menyajikan pengetahuan-pengetahuan terbaru tentang dunia usaha. Bukan hanya itu, ! Kami juga berharap setelah keputusan itu, anda jadi lebih nyaman saat berkunjung di website sederhana ini.

Tanpa basa-basi lagi, mari langsung pada pembahasan dunia perdagangan sembako. Dan, berikut adalah beberapa tips yang harus diterapkan ketika kita ingin memulai usaha sembako di rumah.

memilih distributor yang menawarkan harga yang murah.

Anda punya banyak uang, ? Kalau toh anda mempunyai banyak uang untuk modal usaha sembako, tapi yang harus dipertimbangkan adalah distributor yang akan dijadikan sebagai sumber bahan sembako kita.

Kenapa kita harus memiliki distributor yang menawarkan harga murah, ? Karena, tujuan kita membeli sembako adalah untuk usaha ataupun bisnis. Sedangkan, tujuan kita membuka usaha yaitu karena ingin mendapatkan untung.

Bukan hanya itu.. ! Kita juga akan kesulitan untuk bersaing apabila sampai memiliki distributor yang mematok barangnya dengan harga mahal. Kenapa, ? Karena di sekitar kita banyak pengusaha sembako yang menawarkan harga terjangkau, dan berkualitas.

Memilih distributor yang memiliki barang sembako berkualitas baik.

Anda jangan pernah berpikiran bahwa barang yang harganya murah selalu memiliki kualitas yang buruk. Oleh sebab itu, pilihlah distributor yang memberikan barang berkualitas baik.

Dengan begitu, kita bisa menyajikan bahan sembako harga standart dengan kualitas yang baik. Jika usaha sembako anda dipenuhi dengan barang-barang berkualitas baik, dan harganya bersahabat dengan kantong, insya Allah, usaha anda banyak pelanggan, dan berkembang pada waktunya.

Dan, pastinya anda tahu bahwa tidak semua konsumen banyak uang. Perekonomian masyarakat berbeda-beda. Oleh sebab itu, banyak masyarakat berprinsip “Yang Penting Harganya Murah“, dan ada juga yang berprinsip “Yang Penting Berkualitas Baik, Walaupun harganya lebih mahal.”

Kalau kenyataannya sedemikian, kita harus pandai memanfaatkan, dan harus pandai mengetahui perekonomian masyarakat sekitar. Dengan begitu, langkah berikutnya untuk memulai usaha sembako adalah ;

Memberikan harga yang bervariasi kepada konsumen.

Ketika usaha sembako kita dalam satu jenis banyak pilihannya, tentu harganya pun berbeda-beda karena menyesuaikan kualitasnya.

Dalam artian, ketika membeli beras usahakan berbagai jenis, dan kualitas. Jadi, ketika kualitas beras kurang baik, maka harganya bisa lebih murah. Begitupun sebaliknya. Beras yang berkualitas baik maka harganya pun sedikit lebih mahal.

Manfaat ketika melakukan cara ini yaitu untuk menyesuaikan kebutuhan dan kemampuan masyarakat membeli sembako yang mereka butuhkan. Seperti yang telah kami uraikan di atas bahwa perekonomian masyarakat berbeda-beda, maka mereka sedikit terbantu apabila kita memiliki banyak pilihan harga.

Menjalankan usaha perdagangan dengan cara yang baik.

Tidak hanya pekerjaan kantor, pabrik, ataupun usaha lainnya yang harus dilakukan dengan baik. Usaha dagang pun tidak boleh ceroboh, tidak boleh seenaknya sendiri, dan tidak boleh mendapat untung yang berlebihan.

Sebenarnya, kalau kita berbicara cara dagang yang baik, pembahasannya lebih panjang, karena mencakup tatacara pribadi. Olehnya, lebih baiknya pembahasan ini dipisahkan, dan insya Allah akan kami cantumkan.

Menanam mental yang kuat.

Mental yang kuat juga tidak kalah pentingnya dalam dunia usaha. Bahkan, ketika mental kita sangat lemah saat membuka usaha, bukan perkara yang mustahil apabila kita gagal ditengah jalan.

Kenapa, ? Karena, jiwa dan mental yang lemah tidak kuat dengan pelbagai cobaan. Contoh, ketika ada orang yang mengejek atau menghina usaha anda, kemudian anda langsung minder, maka bisa disimpulkan bahwa mental anda belum kuat, dan tidak menutup kemungkinan waktu itu juga berhenti membuka warung sembako.

Mudah menerima masukan, dan tidak mudah marah.

Seharusnya, kita harus senang ketika ada seseorang yang memberi masukan ataupun solusi, karena sesuatu yang telah kita tetapkan belum tentu yang terbaik.

Tidak sampai situ, sepatutnya kita juga harus menyikapi sesuatu dengan bijaksana, dan tidak boleh dihadapi dengan emosi apabila ada sedikit permasalahan.

Melakukan analisis atau perhitungan yang matang.

Apabila modal usaha kita sedikit, maka yang tidak boleh diabaikan adalah perhitungan dan analisis yang matang. Jenis sembako seperti apa yang harus ditambahkan stoknya, dan sembako seperti apa yang stoknya harus dikurangi.

Adapun cara agar tahu jenis sembako yang harus dikurangi, ataupun ditambahi, adalah dengan melihat laris atau tidaknya.

Jadi, produk yang harus ditambah stoknya adalah produk yang laris. Begitupun sebaliknya. Stok barang yang kurang laris, lebih baiknya dikurangi.

Melakukan penataan atau peletakan barang sembako.

Tidak sedikit manfaatnya jika kita pandai menata barang dengan baik. Maka dari itu, silahkan membuat tempat dan memperbaiki tata letak toko agar lebih menarik.

Tidak sampai situ.. Kita juga harus memisahkan barang-barang yang ada, agar lebih memudahkan para konsumen melihat-lihat terlebih dahulu, dan memudahkan kita mencari barang yang mereka butuhkan.

Sebagai contohnya, letakkan beras pada tempat khusus beras. Kesimpulannya, jangan dicampur-campur agar terlihat lebih rapih, dan memudahkan kita semua.

Melakukan promosi ke media sosial online.

Yang namanya promosi sangat diperlukan dalam dunia usaha. Pernahkah anda melihat iklan sampo, sabun, makanan ataupun lainnya di acara TV, ?

Tentunya pernah dooong.. Naah, itu salah satu contoh promosi yang mereka lakukan lewat acara Televisi. Namun, ketika anda ikut-ikutan promosi melalui acara TV modalnya tidak sedikit.

Oleh sebab itu, kita memanfaatkan media sosial online untuk mempromosikan usaha baru kita. Selain gratis, bahkan sangat membantu berkembangnya usaha, karena pengguna media online semakin meningkat.

Akan tapi, ada beberapa tips melakukan promosi di sana, dan diantaranya adalah jangan terlalu berambisi, karena yang dikhawatirkan banyak yang merasa terganggu dengan langkah promosi yang kita lakukan.

Jika banyak orang terganggu, bagaimana mereka menerima dengan baik akan usaha baru kita ? Tidak menutup kemungkinan, mereka justru menganggap kita sebagai orang yang senangnya melakukan spam di media sosial online.

Memperkenalkan kepada masyarakat sekitar, dan melakukan tasyakuran.

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memperkenalkan usaha baru kepada masyarakat, dan diantaranya adalah promosi di media sosial online.

Namun, cara yang ini dikerjakan di dunia nyata. Kita memperkenalkan usaha kepada masyarakat dengan membuat acara tertentu, seperti tasyakuran sebagai wujud terimakasih kepada Allah Swt.

Tujuan utama kita membuat acara tasyakuran diniatkan karena Allah, dan sedekah agar dikemudian hari usaha yang kita kelola menjadi berkah. Secara otomatis, masyarakat sekitar juga mengetahui bahwa kita membuka warung sembako.

Tetap bersaing dengan cara yang positif.

Kiranya tidak mungkin kalo di daerah anda belum ada warung sembako. Oleh sebab itu, kita harus tetap bersaing dengan cara yang baik, dan profesional.

Hal ini kami sampaikan, karena ada juga pedagang yang melakukan cara apapun agar pesaingnya terpuruk. Tidak perduli cara yang mereka lakukan adalah perbuatan yang dilarang Agama, dan yang penting tidak ada saingan yang sukses.

Kalau kita tidak boleh seperti itu. Kita adalah pengusaha yang profesional, baik, dan tentunya bersaing dengan profesional. Lantas, kita harus bagaimana agar bisa bersaing dengan baik ? Caranya cukup mudah, yaitu

Memberi pelayanan yang baik kepada konsumen.

Percaya atau tidak terserah anda. Tapi kenyataannya, pelayanan baik sangat berperan besar akan suksesnya sebuah usaha.

Sekarang begini saja. Bagaimana perasaan anda ketika menjumpai pedagang, namun sikapnya membuat jengkel, seperti cuek, tidak perduli dengan keluhan konsumen, dan lain sebagainya.

Saya yakin, anda tidak menyukainya, dan lebih memilih pedagang lainnya. Maka dari itu, kita harus sajikan mereka dengan pelayanan terbaik.

Recent Posts

Contoh atau Kriteria Website yang Baik Untuk Bisnis Menurut Ahli

Kami akan memberikan contoh atau kriteria blog / website yang baik menurut ahli agar Anda dapat mengelola website sampai menghasilkan…

1 minggu ago

Manfaat Website Untuk Bisnis dan Sebagai Media Promosi

Alhamdulillah, kini waktunya membahas manfaat website untuk bisnis dan sebagai media promosi produk atau usaha yang kita miliki. Dan, kami tanpa…

2 minggu ago

Cara Mencari Pelanggan Baru Dalam Berdagang lewat internet

Berbicara tentang cara mencari pelanggan baru dalam berdagang dan lainnya lewat internet pastinya membutuhkan teori, agar kita tidak sampai salah…

3 minggu ago

Cara Menarik / Mempertahankan Pelanggan Lama Agar Tetap Setia

Tidaklah mungkin sebuah usaha akan berjalan lancar, dan baik tanpa adanya konsumen, atau pelanggan. Bahkan, yang namanya usaha akan sukses,…

3 minggu ago

Alasan dan Manfaat Memilih Lokasi / Tempat Usaha yang Strategis

Pebisnis, adalah orang cerdas, dan bijaksana, agar usahanya mampu berkembang sesuai dengan harapan. Tidak lepas dengan itu, maka kita pun…

4 minggu ago

Cara Menjalankan Nuamoorea, dan Sukses di Bisnis Amoorea

Artikel ini sebagai studi buat Anda yang ingin menjadi pebisnis. Tidak sebatas informasi peluang usaha, yang bisa dijalankan kapanpun, dan…

4 minggu ago