Usaha Makanan yang Cocok Untuk Mahasiswa Unik dengan Modal Kecil

Kami di sini tidak hanya mengulas tentang peluang bisnis atau usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa, unik dengan modal kecil, melainkan juga membahas tentang tips cerdas yang harus diterapkan ketika kita membuka usaha makanan ringan.

Dan, kiranya sangat disayangkan apabila Anda tidak menyimak bacaan ini dengan teliti, konsentrasi, karena kami juga membahas kelebihan, dan kekurangannya bisnis berbasis makanan.

Oleh sebab itu, agar bacaan ini menjadi runtut, dan mudah disimpulkan yang akan kami bahas terlebih dahulu adalah ;

Peluang Usaha Makanan yang unik, dan cocok Untuk Mahasiswa.

Menjadi pelajar, dan khususnya mahasiswa sudah sepatutnya fokus dengan materi pembelajaran, tugas, dan lain sebagainya, agar sekolah mereka tidak akan sia-sia.

Namun, karena keadaan, dan kondisi mahasiswa dan mahasiswi yang berbeda-beda, maka kami tidak heran apabila banyak diantara mereka yang menjalankan usaha demi kelangsungan sekolahnya.

Oleh sebab itu, kami setuju dengan mahasiswa yang ingin mandiri, dan menjalankan usaha demi mewujudkan cita-citanya.

Tapi dengan catatan… !

Selama pekerjaan atau usaha yang dilakukan tidak mengganggu kewajiban mereka sebagai mahasiswa.

Maka dari itu, akan kami ungkapkan di sini mengenai peluang usaha makanan yang tepat untuk mahasiswa, dan tidak mengganggu aktifitas kampus. Insya Allah.

1. Membangun usaha makanan cris tops.

Usaha makanan ringan yang bernama cris tops, kami jumpai di daerah Kendal, kecamatan Kaliwungu. Karena pas kebetulan yang mengelola adalah anak muda, akhirnya kami sampaikan di sini, barangkali Anda tertarik menjalankannya.

bisnis makanan mahasiswa

Gambar di atas kami potret langsung.

Pada dasarnya, jenis makanan tersebut berbahan pokok pisang. Namun, yang membuat unik dan menarik adalah berbagai rasa yang menggoda, dan mampu menggoyangkan lidah Anda.

Tidak sekedar di goreng, tapi diberi bermacam rasa, seperti rasa keju, cokelat, dan lain sebagainya. Bagaimana, apakah Anda tertarik ?

Jika tertarik, maka yang harus Anda miliki adalah kreativitas. Anda harus mempunyai ide untuk menciptakan gorengan pisang (pisang goreng), dengan sejuta rasa agar para konsumen mudah memilih yang mereka sukai.

2. Membuka usaha makanan yang bernama Tahu Pocong.

Melihat namanya saja pasti Anda sudah tahu bahan pokoknya, yaitu Tahu. Tapi, seperti biasanya, jika Anda tertarik untuk mencoba usaha ini, yang harus dimiliki adalah kreativitas, dan ide cemerlang.

Jadi, Anda tidak sekedar menggoreng Tahu, tapi harus ada rasa yang berbeda, bentuk yang menggoda, dan lebih gurih dibanding dengan gorengan tahu lainnya.

Usaha tahu pocong kami jumpai juga di daerah Kendal, kecamatan Kaliwungu. Dan, sangat luarbiasa larisnya, juga cocok untuk Anda yang masih berstatus mahasiswa, karena tidak memakan waktu yang terlalu lama saat menjalankan usaha tersebut.

3. Membuat usaha makanan Bakso Bakar yang memikat.

Kiranya jarang dijumpai mahasiswa yang mengelola usaha bakso. Kami sendiri, belum pernah mempunyai teman sekampus yang memiliki usaha bakso.

Tapi beda halnya dengan bakso bakar.. !

Karena rasanya yang lezat, dan pekerjaannya tidak serumit usaha bakso biasa, maka bukan perkara yang mustahil apabila banyak mahasiswa yang mengelola bisnis bakso bakar.

Oleh sebab itu, kiranya perlu Anda coba usaha yang ini, karena bakso bakar banyak peminatnya, dan pekerjaannya pun tidak sesulit usaha bakso biasanya. Selamat mencoba, dan masalah rasa, bentuk, dan daya tarik bisa Anda ciptakan sendiri.

4. Membuat kue untuk acara tertentu, dan menerima pesanan.

Sangat beruntunglah Anda yang mempunyai hobby membuat kue, karena bisa dibutuhkan kapan saja, dan tentunya menghasilkan untung finansial.

Semisal membuat kue untuk acara ulang tahun, pernikahan, dan lain sebagainya. Terlebih, yang namanya kue tidak asing lagi bagi anak muda yang sedang mengadakan acara.

Jadi, jangan sia-siakan hobby Anda membuat kue, karena berpotensi sangat menguntungkan. Tapi, bagaimana dengan Anda yang belum bisa membuat kue, ?

Tenang.. ! Permasalahan tersebut bisa diselesaikan dengan belajar, dan belajar. Bisa belajar sendiri dengan membaca buku, website, atau menyewa seseorang yang ahli dalam bidang membuat kue.

5. Membuat tempura udang yang renyah dan lezatnya luarbiasa.

Sebagian orang terkadang ada yang benci dengan Udang dengan alasan alergi, dan lain sebagainya. Tapi tenang, karena itu hanya sebagian kecil orang yang tidak menyukai Udang.

Masih banyak manusia, dan khususnya anak muda yang hobby dengan makanan yang satu ini. Dan, kemungkinan juga Anda termasuk orang yang menyukainya.

Selain biasa digunakan sebagai lauk, ternyata Udang juga bisa digunakan untuk membuat makanan ringan, seperti tempura renyah, dan gurih.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya mencoba usaha tempura udang, karena proses pembuatannya yang tidak sulit, dan cocok untuk usahanya anak muda, dan modalnya pun relatif kecil. Jika Anda belum tahu cara membuatnya, silahkan membaca melalui internet.

6. Membuat Pisang Crispy atau Nugget Pisang.

Anda pernah menjumpai makhluk yang satu ini, ? Selain bentuknya yang menggoda, dan membangkitkan nafsu manusia untuk memakannya, ternyata jenis makanan tersebut banyak peminatnya, dan cukup populer.

Melihat namanya saja sangat cocok dijalankan oleh para mahasiswa, karena namanya yang keren, dan cukup aneh dikalangan masyarakat pedesaan. Olehnya, kami sarankan Anda mencobanya, dan semoga sukses.

Sebagai tambahan,,,, ! Jika Anda tertarik mencoba usaha ini, saran kami buatlah nama yang sedikit berbeda. Jadi, semisal nama Anda “Wulan”, maka diberi nama “Nugget Pisang Wulan”.

7. Usaha makanan sempolan Ayam yang maknyus.

Kedengarannya agak asing yeah, ? Sempolan Ayam.

Usaha makanan ini kami jumpai lagi di daerah Kaliwungu, karena pas kebetulan kami berada di kota tersebut. Walaupun kelihatannya aneh, dan belum begitu populer, tapi patut dicoba, karena bahan dasarnya adalah aci atau tepung Tapioka, dan Ayam.

Kita tahu sendiri bahwa makanan yang berbahan dasar tepung tapioka sangat menggoda. Terlebih, makanan yang dicampurkan adalah makanan yang lazim dikalangan masyarakat, seperti Ayam, Daging Sapi, dan lain sebagainya.

Olehnya, belajarlah membuat sempolan Ayam. Kenapa, ? Karena, harga daging ayam tidak semahal daging sapi, ataupun lainnya. Dengan begitu, modal yang Anda keluarkan tidak terlalu besar.

8. Makanan rujak sambal gula merah.

Wiiiiihh… Sangat lezat dan menggairahkan semangat. Terlebih kalau makannya di siang hari pas tepat sinar mentari menghangatkan bumi. Pasti tambah maknyus….

Oya…  Jangan pernah menganggap remeh jenis usaha yang satu ini. Asalkan kita kreatif, dan cerdas, maka bukan perkara yang mustahil banyak peminatnya, dan laku keras. Yang penting apa, ? Yang penting kreativitas, dan ide cerdas berbisnis harus dikembangkan.

Tips cerdas yang harus diterapkan ketika membangun usaha makanan ringan.

Sangat disayangkan jika kami hanya mencantumkan beberapa peluang usaha tanpa menuliskan tips-tips cerdas yang nggak boleh diabaikan ketika membangun usaha sendiri.

Oleh sebab itu, berikut adalah beberapa tips yang harus diterapkan kita semua.

  • Kita harus cerdas bersosialisasi dengan baik.

Yeah jelas laaahh….. ! Yang namanya usaha pasti membutuhkan konsumen. Bagaimana mungkin kita banyak konsumen, kalau kita sendiri tidak cerdas bersosialisasi, ?

  • Kita harus cerdas menjaga kepercayaan konsumen atau pelanggan.

Pebisnis siapa yang sukses, ? Kalau mereka adalah orang yang seringkali mengecewakan pelanggannya, karena tidak mengutamakan kepercayaan.

Dengan begitu, kita harus benar-benar menjaga kepercayaan para konsumen agar mereka tidak sampai kecewa. Dan, ini termasuk bahan pokok dalam mengarungi dunia bisnis, agar menjadi pengusaha sukses Dunia, dan Akhirat. Aamiin Ya Allah.

  • Kita harus cerdas memilih tempat, dan menghiasinya.

Sangat betul… ! Kiranya tidak cukup jika kita hanya mengandalkan cita rasa yang nikmat. Masih banyak lainnya yang harus dilakukan agar makanan kita laris, bertahan lama, dan diantaranya mempercantik tempat.

Apa sajakah kelebihan, dan kekurangannya usaha makanan, ?

Sesuai yang kami katakan di atas, bahwa kami tidak hanya mencantumkan beberapa peluang usaha makanan, tapi juga memaparkan kelebihan, dan kekurangannya ketika kita membuka bisnis makanan.

Supaya pembahasannya terasa lebih nikmat, maka yang dibahas terlebih dahulu adalah kelebihannya, dan baru kemudian kekurangannya. Baik, dan tanpa panjang lebar berikut adalah

Kelebihannya ketika berbisnis makanan.

Kelebihan yang pertama adalah pemutaran uang yang cepat. Berbeda dengan bisnis pakaian, atau lainnya yang pasti pemutaran uangnya tidak secepat pemutaran uangnya usaha makanan.

Kelebihan yang kedua adalah modal usaha yang tidak terlalu besar. Jadi, jika kita memiliki modal usaha yang pas-pasan, maka bisa membuka usaha makanan seperti yang telah diuraikan di atas.

Kelebihan yang ketiga adalah banyak peminatnya. Maka dari itu, Anda tenang saja, dan jangan takut tidak laku, karena pada dasarnya jenis makanan ringan tidak sedikit yang berminat.

Kelebihan berikutnya adalah karena cocok dijalankan oleh siapapun. Iya, dan sangat betul bahwa usaha makanan ringan yang telah kita ketahui bersama cocok dijalankan oleh siapapun. Tidak hanya untuk para mahasiswa, karena orang tua pun boleh mencobanya.

Sekarang, apa sajakah kekurangannya ?.

Alhamdulillah, selesai juga mencatat kelebihan-kelebihannya berbisnis makanan, dan sekarang tiba waktunya mengupas tuntas kekurangannya.

Kekurangan yang pertama adalah cepat basi, alias tidak tahan lama. Pastinya Anda sudah tahu akan ini. Yang namanya makanan, pasti tidak seawet pakaian, elektronik, dan lain sebagainya.

Kekurangan yang kedua adalah banyak pesaingnya. Sebenarnya, semua jenis usaha pasti ada persaingan. Tidak terkecuali dengan usaha makanan.

Tapi kita harus cerdas menyikapi atau menghadapi persaingan. Jangan gegabah, dan tetap sportif walaupun persaingannya sangat ketat. Bagaimana, apakah Anda masih tertarik mencoba usaha makanan, ?

Masih tertarik dooong.. Bagaimana kita berhasil, kalau tidak mau mencobanya. Tetap semangat, dan pantang menyerah, oke ?

Sebagai mahasiswa, Anda memilih kerja, atau usaha, ?

Kami yakin Anda sudah mengetahui perbedaannya pekerja, dan pengusaha. Oleh sebab itu kami akan bertanya kepada Anda.

“setelah selesai menempuh pendidikan di kampus, apakah yang Anda pilih antara menjadi pekerja, dan pengusaha, ?”

Pertanyaan sedemikian mempunyai jawaban yang bervariasi. Ada mahasiswa yang ingin menjadi pekerja, seperti karyawan kantoran, pabrik, ataupun PT.

Ada juga mahasiswa yang lebih memilih menjadi pengusaha. Dan, mereka yang lebih memilih kerja, atau pengusaha, tentunya tidaklah mungkin tanpa alasan.

Maka sebab itu, sebelum Anda memutuskan pilih yang mana, lebih baiknya membaca tentang memilih kerja atau usaha, ?. Karena di sana membahas tentang kelebihan, dan kekurangannya masing-masing.

Lengkap… ! Di bacaan tersebut dibahas mengenai kelebihan, kekurangan menjadi pegawai atau pekerja, dan kelebihan, kekurangannya ketika menjadi pengusaha. Silahkan dibaca, dan semoga membantu.

2 Comments

  1. Terimakasih dan sangat membantu untuk menemukan ide bisnis makanan dan semoga bermanfaat ..
    Jika tidak keberatan.. berkunjung juga di blog sederhan kami..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *