Menentukan Tempat Usaha yang Strategis Untuk Usaha Makanan Menurut Konsumen

Berbicara tentang lokasi atau tempat usaha yang strategis untuk usaha makanan menurut konsumen secara umumnya, alhamdulillah akan saya tuliskan di sini.

Namun, sebelumnya saya mohon maaf apabila banyak bacaan atau tulisan yang tidak enak dibaca, dan sulit dipahami. Maklumlah, karena masih belajar menulis untuk menyampaikan beberapa pengalaman. Oke,, berikut adalah daftar untuk menentukan tempat strategis buat usaha kita.

  1. Tidak menutupi panca indra penglihatan.
  2. Kepemilikan tempat tersebut harus jelas.
  3. Mudah ditargetkan oleh para konsumen.
  4. Di dekat jalan yang banyak masyarakat sekitar melewati.
  5. Tidak terlalu banyak persaingan dalam satu lokasi.
  6. Lokasi yang tidak jauh dengan tempat tinggal.
  7. Jangan memilih tempat yang terlalu mahal.
  8. Teliti, dan cermati lingkungan masyarakat.
  9. Mengetahui riwayat tempat usaha.
  10. Tempat yang tidak terlalu ramai, dan tidak terlalu sepi.
Kiranya itulah beberapa ciri lokasi usaha yang menguntungkan untuk kita semua, dan mari langsung pada pokok pembahasan.

Tidak menutupi panca indra penglihatan.

Tempat usaha yang jos adalah tempat yang tidak menghalangi panca penglihatan. Apapun itu… ! Semua perkara, tidak hanya tempat usaha pasti lebih mudah ditemukan jika tidak terhalang suatu benda.

Apalagi benda tersebut tertutup oleh sesuatu, pastinya penglihatan kita tidak mampu melihatnya. Begitupun juga dengan tempat usaha yang menguntungkan, adalah tempat yang tidak terhalang apapun yang menyebabkan tidak terlihat.

Oleh sebab itu, pilihlah tempat yang mudah dilihat. Jadi, ketika ada seseorang lewat meskipun baru pertama kali, masih dimungkinkan besar dia melihat usaha kita. Baca juga ( alasan kenapa pilih tempat yang strategis)

Kepemilikan tempat tersebut harus jelas.

Jangan salah untuk menentukan tempat usaha, karena nantinya berdampak negatif kepada usaha anda. Maka sebab itu, kita teliti terlebih dahulu kepemilikan tempat tersebut.

Sebagai contohnya, saya mempunyai teman yang pas kebetulan berjualan Nasi Goreng. Alhamdulillah, tempat tersebut mudah terlihat orang yang sedang lewat. Alhasil, saya tidak heran jika banyak konsumen baru datang, dan mampir untuk membeli Nasi Goreng.

Namun, yang disayangkan adalah kepemilikan tempat. Sebenarnya, pemilik tempat sudah jelas, tapi entah kenapa ada kabar bahwa tempat tersebut, dan sekitarnya akan di hilangkan pemerintah. (Bukan tempat usaha seperti biasanya, melainkan agar luas, dan kerapian jalan raya lebih berkualitas.)

Dengan mendengar kabar seperti itu, yea sekarang dia harus bagaimana lagi, ? Paling tinggal diam, dan berharap kalau memang kabar tersebut terjadi, ada pergantian yang setimpal. Alias, ada pergantian rugi, yang sesuai kerugiannya teman saya.

Jadi kesimpulannya adalah memilih tempat yang pemiliknya jelas, dan pihak pemerintah tidak ada hak dengan tanah tersebut. Bagaimana, apakah sudah jelas, ? Insya Allah, sudah sangat jelas, dan tetaplah semangat.

Mudah ditargetkan konsumen.

Tempat semacam itu juga berperan pada kemajuan usaha dagangan atau lainnya. Apapun itu jenis usahanya, kalau tempatnya mudah ditargetkan konsumen, maka bisa menguntungkan.

Sekarang sedikit saya tuliskan cerpen sebagai contohnya.

Semisal ada perkumpulan teman seperti biasanya. Keumuman, salah satu dari perkumpulan teman tersebut yang ingin nraktir, pasti menyuruh teman lainnya yang berangkat untuk membeli yang mereka butuhkan.

Makan bareng.

Naaah… Pada situasi seperti itu, belum tentu juga orang yang disuruh berangkat untuk membeli yang mereka inginkan sudah mengetahui tempatnya.

Andai saja tempatnya mudah ditargetkan, kemungkinan dia tidak bingung, dan langsung berangkat menuju lokasi. Dan, salah satu ciri tempat usaha yang mudah ditargetkan konsumen, adalah berdekatan dengan tempat yang terkenal di daerah tersebut, seperti masjid, kantor post, kantor polisi, dan masih banyak lagi lainnya.

Intinya, berdekatan dengan tempat yang masyarakat umum sudah mengetahuinya. Jika anda memiliki tempat usaha yang sedemikian itu, Insya Allah sangat mudah dijangkau konsumen, walaupun konsumen tersebut belum pernah datang.

Di dekat jalan yang banyak orang sekitar melewati.

Orang-orang yang melewati jalan tersebut berpengaruh. Dan, jalan yang saya maksudkan bukan jalan raya. Kalau orang yang melewati jalan raya, adalah orang dari berbagai arah tujuan.

Ada yang dari luar desa, luar kota, bahkan ada juga dari luar provinsi. Itulah jalan raya yang mana seseorang yang melewati masih umum, dan tidak bisa kita targetkan untuk dijadikan sebagai konsumen.

Tapi, kalau jalan pedesaan, yang tentunya banyak masyarakat sekitar melewati, adalah jalan yang bisa dijadikan sebagai tempat usaha. Kenapa ?

Karena, seseorang yang melewati jalan pedesaan bisa ditargetkan untuk menjadi konsumen, dan pelanggan yang tetap. Oleh sebab itu, pilihlah tempat yang berdekatan dengan jalan pedesaan, karena mudah menentukan konsumen, dan pelanggan setia.

Jalan pedesaan.

Coba perhatikan seseorang yang melewati jalan. Kebanyakan mereka yang melewati jalan tersebut adalah masyarakat sekitar, karena terbukti tidak memakai helm. Gambar di atas hanya sebagai contoh jalan pedesaan yang strategis untuk usaha.

Tidak terlalu banyak persaingan.

Bagaimana rasanya kalo dalam satu lokasi ada berbagai jenis usaha yang sama, terlebih usaha makanan. Walaupun yang mempengaruhi besar akan banyak, dan sedikitnya konsumen adalah kualitas produk, dan pelayanan, tapi banyaknya persaingan dalam satu lokasi mempengaruhi juga.

Sekarang begini saja. Ayo kita berbicara logika. Semisal dalam satu lokasi terdapat lima pedagang Nasi Goreng. Tentunya, konsumen kita berkurang saat kita sedang sibuk melayani konsumen lainnya karena bisa saja konsumen yang baru lebih memilih pedagang Nasi Goreng yang tidak terlalu sibuk.

Oleh sebab itu, jangan memilih satu lokasi yang banyak persaingan. Dengan itu, kita bisa mempertahankan konsumen yang baru datang, meskipun kita sedang sibuk melayani konsumen yang datang terlebih dahulu. Tapi ingat… ! Tetaplah bersaing dengan cara sehat, dan benar.

Lokasi usaha yang tidak jauh dengan tempat tinggal.

Sangat banyak manfaatnya jika lokasi usaha tidak terlalu jauh dengan tempat tinggal, dan diantaranya adalah ;
  1. Menghemat tenaga.
  2. Menghemat biaya.
  3. Tidak terlalu repot membawa peralatan.
  4. Dan, aman dari sesuatu yang tidak diinginkan.
Itulah beberapa manfaat ketika memiliki lokasi yang berdekatan dengan tempat tinggal. Yang lebih menguntungkan, jika usaha kita tidak perlu keluar rumah. Jadi kesimpulannya adalah menentukan lokasi yang tidak jauh dengan tempat hidup kita.

Jangan pilih tempat yang terlalu mahal.

Walaupun tempat tersebut adalah cocok untuk bisnis, tapi harus pertimbangkan juga harganya. Kita jangan hanya memikirkan manfaatnya tempat strategis, karena belum tentu menguntungkan jika harganya di atas normal.

Kalau yang ini, kiranya sudah sangat jelas walaupun tidak dibahas lebih detail. Intinya, boleh saja memilih tempat strategis yang mahal, tapi kalau terlalu mahal perlu pertimbangan kembali, agar kita tidak menyesal.

Teliti, dan cermati lingkungan masyarakat.

Jika anda sudah tahu lingkungan sekitar, maka selanjutnya adalah cermati apakah lingkungan tersebut cocok dengan usaha anda ?

Semisal anda akan membuka usaha warung minuman kopi hitam, tapi ditempat yang mayoritas masyarakatnya mengelola, dan menkonsumsi kopi sendiri, maka dimungkinkan usaha anda tidak lancar.

Oleh sebab itu, yang harus dipertimbangkan adalah minat konsumen. Kalau kebanyakan masyarakat menyukai makanan ini, maka yang harus anda jual adalah makanan yang mereka sukai itu. Begitupun sebaliknya.

Contoh… Saya tidak cocok membuka warung kopi di desa saya, karena masyarakat sekitar sudah memiliki, dan konsumsi minuman kopi buatan sendiri. Jadi, lebih baiknya saya membuka usaha perbaikan, atau service hp, karena di desa saya belum ada usaha seperti itu.

Ketahui juga riwayat tempat tersebut.

Sejarah atau riwayat lokasi usaha juga perlu diketahui. Apakah lokasi tersebut dahulunya tempat yang tidak bermasalah, ? Jika iya, silahkan pilih tempat itu.
Begitupun sebaliknya, lebih baiknya milih tempat lainnya, apabila riwayat lokasi tersebut tidaklah baik. Dan, beberapa ciri riwayat tempat yang tidak baik, adalah
  • Tempat terjadinya pembunuhan.
Bukan Skak Mati. Hehehe.

Nyata atau tidak, yang dikhawatirkan jika tempat tersebut adalah tempat yang berbau mistis ataupun horor. Jadi, jangan sembarangan milih tempat usaha.

  • Tempat yang pernah menjadi markas mabok-mabokan.
Meskipun tempat tersebut adalah tempat strategis, tapi pilihlah tempat lainnya, jika pernah menjadi markas anak-anak mabok. Ini mempengaruhi masyarakat, dan dimungkinkan banyak masyarakat yang tidak datang ke tempat seperti itu.
  • Tempat yang ada permasalahan dengan pihak keluarga.
Jangan milih tempat semacam itu. Sudah menjadi fenomena umum banyak keluarga yang berebutan waris, termasuk masalah tempat.
Sekarang begini.. Okelah sekarang tidak dipermasalahkan. Tapi, bisa saja salah satu ahli waris yang berebutan tempat tersebut mempermasalahkan diwaktu mendatang. Walaupun kita sudah membeli, atau menyewa tempat tersebut, tapi masalah buat kita apabila perihal itu sampai terjadi.

Tempat yang tidak terlalu ramai, dan tidak terlalu sepi.

Jika anda adalah pedagang, atau usaha lainnya, maka pilihlah tempat yang membuat nyaman pengunjung atau konsumen.

Tidak semua tempat membuat nyaman pengunjung, terlebih usaha tersebut adalah warung makanan. Oleh sebab itu, kita harus pandai mengetahui seperti apa tempat yang diharapkan mereka. Dan, salah satu ciri tempat yang diharapkan konsumen adalah

1. Tidak terlalu ramai.

Walaupun banyak model usaha yang membutuhkan tempat yang sangat ramai, tapi beda halnya jika usaha makanan. Tentunya, kebanyakan konsumen butuh tempat yang tidak bising suara kendaraan, tidak terganggu polusi, dan lainnya.

Kenapa konsumen usaha makanan mempunyai harapan agar tempatnya tidak terlalu ramai, ?

Karena, yang namanya orang makan membutuhkan suasana yang santai, agar bisa menikmati makanannya. Tentunya, jika tempat kita bising suara kendaraan, dan tidak membuat nyaman mereka, tidak menutup kemungkinan banyak pelanggan yang kabur.

2. Tidak terlalu sepi.

Kalau keuntungan memilih tempat yang tidak terlalu ramai, bisa dirasakan oleh para konsumen. Dan, kalau kita memilih lokasi yang tidak terlalu sepi, maka keuntungannya kita yang rasakan.

Maka dari itu, pilihlah tempat usaha makanan yang disukai para konsumen, dan menguntungkan juga buat kita. Kita harus memiliki tempat yang sederhana, dalam artian tidak sepi, dan tidak terlalu ramai, agar sama-sama menguntungkan.

Pengunjung merasa nyaman, tenang, dan kita juga tidak kesepian konsumen. Kiranya cukup penyampaiannya, dan semoga bermanfaat untuk kita semua. Jangan mudah menyerah, dan tetaplah berdoa, serta berusaha.

Sebagai tambahan.. ! Berhubungan zamannya serba online, tidak ada salahnya membaca cara berdagang online agar laris.

Perkembangan internet menuntut kita agar lebih kreatif, dan jangan monoton dengan yang gitu-gitu aja. Di dunia online, sebenarnya banyak peluang agar kita bisa berdagang, dan hasilnya tidak kalah dengan berdagang di dunia nyata.
Namun, sebelum anda memutuskan untuk berdagang online, yang tidak boleh ditinggalkan adalah mengetahui caranya agar dagangan online bisa laris. Maka dari itu, silahkan baca, dan jangan sampai dilompati.
Walaupun tips berdagang online dengan tips berdagang di dunia nyata agar laris tidaklah jauh berbeda, tapi tetap saya tegaskan agar anda membaca tips berdagang online agar meningkatkan omset.

Recent Posts

Contoh atau Kriteria Website yang Baik Untuk Bisnis Menurut Ahli

Kami akan memberikan contoh atau kriteria blog / website yang baik menurut ahli agar Anda dapat mengelola website sampai menghasilkan…

1 minggu ago

Manfaat Website Untuk Bisnis dan Sebagai Media Promosi

Alhamdulillah, kini waktunya membahas manfaat website untuk bisnis dan sebagai media promosi produk atau usaha yang kita miliki. Dan, kami tanpa…

2 minggu ago

Cara Mencari Pelanggan Baru Dalam Berdagang lewat internet

Berbicara tentang cara mencari pelanggan baru dalam berdagang dan lainnya lewat internet pastinya membutuhkan teori, agar kita tidak sampai salah…

3 minggu ago

Cara Menarik / Mempertahankan Pelanggan Lama Agar Tetap Setia

Tidaklah mungkin sebuah usaha akan berjalan lancar, dan baik tanpa adanya konsumen, atau pelanggan. Bahkan, yang namanya usaha akan sukses,…

3 minggu ago

Alasan dan Manfaat Memilih Lokasi / Tempat Usaha yang Strategis

Pebisnis, adalah orang cerdas, dan bijaksana, agar usahanya mampu berkembang sesuai dengan harapan. Tidak lepas dengan itu, maka kita pun…

4 minggu ago

Cara Menjalankan Nuamoorea, dan Sukses di Bisnis Amoorea

Artikel ini sebagai studi buat Anda yang ingin menjadi pebisnis. Tidak sebatas informasi peluang usaha, yang bisa dijalankan kapanpun, dan…

4 minggu ago