Teknik Seo Modern ! Cara Menulis Artikel di Blog yang Baik dan Benar

Kalau cara menulis artikel di blog yang baik, benar, dan bagus, bukan berarti saya jago dalam hal tulis menulis. Tapi, sekedar ingin berbagi pengalaman sedikit selama saya membuat tulisan di blog, dan membaca artikel di blog tetangga.

Kalau saya perhatikan, tulisan di sana belum tentu enak, nyaman, mudah ditemukan titik point, dan belum tentu juga banyak point yang harus diketahui banyak orang.

Bahkan, yang membuat saya jengkel, ketika menjumpai blog yang terlalu banyak basa-basi. Jadinya, hanya banyak tulisan, tapi sedikit pengetahuan yang ada dibacaan tersebut.

Maka dari itu, pengamatan tersebut yang akan dijadikan sebagai pembahasan kali ini. Dan, berikut adalah pengetahuan yang akan kita pelajari bersama.

  1. Awali pembahasan dengan pembukaan yang simpel, dan menarik.
  2. Jangan hanya memperbanyak kalimat. Tapi perbanyaklah point penting.
  3. Susunan paragraf yang enak, dan membuat nyaman pengunjung.
  4. Penutupan, atau kesimpulan.
Itulah tulisan yang baik di blog, dan mempunyai peluang besar disukai pembaca. Namun, berhubungan kita menulis di blog, kiranya tidak cukup jika hanya pembaca yang merasa senang.
 
Kita juga harus bisa membuat artikel yang mampu menarik perhatian google, agar google menyukai tulisan kita. Dalam hal ini, bisa dikatakan sebagai tulisan yang seo, tapi akan di bahas di bawah, dan sekarang

Awali pembahasan dengan pembukaan yang simpel, dan menarik.

Pembukaan yang simpel, dan menarik, secara otomatis membuat pengunjung merasa senang, dan terpesona. Asal anda tahu, kalau pembukaan sudah mampu membuat hati pengunjung merasa senang, besar kemungkinan mereka akan betah membaca.

Yang sangat menguntungkan, artikel yang yang disukai pembaca sangat dinilai sebagai artikel yang berkualitas baik menurut google. Oleh sebab itu, kita berusaha membuat pembukaan semenarik mungkin.

Dan, jangan sesekali menulis di awal pembahasan penuh dengan basa-basi, hanya karena memperbanyak karakter. Jika anda melakukan hal itu, jangan heran jika pengunjung hanya menengok, dan langsung keluar.

Seringkali saya menjumpai blog yang terlalu berlebihan basa-basinya.

Semisal… ! Blog tersebut sedang membahas “tips agar blog banyak pengunjung.” Tapi, mereka juga memperkenalkan blog kepada pembaca. Akhirnya, mereka membahas juga bahwa “blogger adalah miliknya google.”

Asal kita tahu, meskipun mereka tidak memperkenalkan blog kepada pembaca, secara otomatis pembaca sudah mengetahui bahwa blogger adalah kepunyaan google.

Dan, saya nggak suka blog yang seperti itu. Hanya memperbanyak kalimat, namun kalimat tersebut sudah diketahui pembaca. Jadi, kesimpulannya adalah membuat pembukaan yang lebih menarik, dan berkualitas baik.

Jangan hanya memperbanyak kalimat, tapi perbanyaklah point penting.

Ini merupakan lanjutan dari pembahasan di atas. Seringkali saya menjumpai blog yang sangat banyak kalimatnya, namun sangat sedikit pengetahuan yang baru.

Akhirnya, lebih baik saya mencari blog lainnya yang susunan kalimat tidak panjang lebar, namun hebat manfaatnya. Walaupun jumlah karakter mempengaruhi seo, tapi ketika kita memperbanyak kalimat, jangan hanya agar menduduki halaman pertama google.

Percuma saja banyak kalimat, dan menduduki halaman pertama google, kalau para pembaca tidak menyukai. Kenapa percuma, ? Karena, lama kelamaan artikel tersebut yang menduduki halaman pertama google mudah dilengserkan oleh blog lainnya.

Mungkin anda sudah tahu bahwa google memperhitungkan tingkah laku pengunjung. Jika banyak pengunjung betah, cepat atau lambat, artikel yang membuat suka membaca mampu duduk manis di google paling atas.

Begitupun sebaliknya. Jika banyak pengunjung yang kecewa, maka lama kelamaan artikel yang membuat banyak pengunjung kecewa merosot posisinya. Meskipun yang awalnya di google paling atas, bisa saja langsung turun ke halaman 3 google bahkan lebih.

Jadi kesimpulannya adalah membuat artikel yang berkualitas baik, membuat betah pengunjung, dan jangan sekedar memperbanyak kalimat, kalau nggak mau pengunjung blog anda kecewa.

Boleh saja memperbanyak kalimat, seperti menambahkan cerita yang sesuai dengan topik pembahasan. Bahkan, kalau anda seperti ini, insya Allah, banyak orang yang menyukainya.

Susunan paragraf yang enak, dan membuat nyaman pengunjung.

Bentuk paragraf juga sangat mempengaruhi kualitas artikel di pandangan pembaca. Bagaimana tidak, coba anda perhatikan paragraf artikelnya blog.

Menurut anda. Bagaimana paragraf yang baik, dan nyaman ? Ingat… Tulisan di blog sangat berbeda dengan tulisan di buku. Terlebih, biasanya artikel blog dibaca melalui hp atau smartphone.

Yang tentunya layar lebih kecil dibandingkan dengan layar komputer. Jadi, kita harus pandai membuat paragraf yang enak dibaca melalui smartphone. Sekarang begini, pada gambar di bawah, paragraf seperti apa yang lebih nyaman, keren, dan enak dibaca.

cara menulis artikel blog yang baik
Paragraf 1.

Itulah contoh bentuk paragraf yang nomor pertama. Sekarang bandingkan dengan contoh paragraf yang kedua.

cara menulis di blog
Paragraf 2.

Mungkin anda sama seperti saya yaitu lebih menyukai susunan paragraf yang nomor 2. Walaupun kalimatnya sama, tapi rasanya beda hanya karena susunan paragraf.

Maka dari itu, saran saya membuat paragraf yang kedua, karena kebanyakan pengunjung blog menggunakan smartphone. Bukan hanya itu, susunan paragraf yang kedua tidak membuat pembaca bingung.

Penutupan, atau kesimpulan.

Yang ini bisa diisikan dengan kesimpulan, kalimat rendah hati, atau bisa juga dengan kalimat motivasi. Jika kita menambahkan salah satu kalimat tersebut di penutupan, kesannya lebih keren.

Maka dari itu, sangat bagus jika menerapkan yang ini, karena pengunjung bisa menyimpulkan pembahasan, tambah semangat, dan lainnya.

Tips pembuatan artikel di atas adalah tips agar pengunjung merasa nyaman ketika membaca, mudah menemukan point penting, dan bisa menyimpulkan pembahasan.

Akan tapi, kita jangan hanya seperti itu, karena kita harus juga membuat artikel dan blog yang disukai google. Dan, apa sajakah yang harus kita gunakan agar artikel, dan blog bisa disukai google ?. Caranya gampang yaitu dengan

Melakukan teknik seo 2018 (Modern).

Kalau kita berbicara tentang teknik seo, maka nggak boleh mengabaikan istilah artikel yang berkualitas, karena seo tidak hanya tentang link internal, backlink, dan webmaster.
 
Masih banyak yang berhubungan dengan seo, dan yang paling utama adalah pembuatan artikel. Dan, berhubungan pada pertemuan kali ini tentang artikel blog, yang akan dikaji lebih dalam adalah pembuatan postingan yang seo.
 
Akan tapi, setelah anda membaca yang akan saya bagikan, tidak ada salahnya jika membaca tentang teknik seo 2018 atau istilah kerennya adalah teknik seo modern. Silahkan baca, dan semoga bermanfaat.
 
Kembali pada pembuatan artikel seo. Dan, berikut adalah daftar yang harus dilakukan agar artikel blog mempunyai kualitas seo :
  • Menggunakan heading, sub heading, dan minor heading.
  • Jangan berlebihan menggunakan huruf tebal.
  • Sertakan gambar yang sesuai dengan pembahasan.
  • Membuat link internal yang baik.
Itulah daftar yang harus kita praktekkan agar artikel memiliki kualitas seo. Tanpa basa-basi, mari langsung pada tatacara

Menggunakan heading, sub heading, dan minor heading.

Kegunaan heading, sub heading, dan minor heading memiliki fungsi tersendiri. Kalau saya pribadi, meletakkan kalimat yang sangat penting pada heading, lumayan penting pada sub heading, dan minor heading untuk kalimat yang masih berkaitan dengan topik pembahasan.

Untuk contohnya, bisa perhatikan pada postingan ini. Saya memanfaatkan fitur-fitur tersebut bukan hanya untuk menambah seo, melainkan juga agar pengunjung lebih mudah untuk mengetahui point penting yang ada di pembahasan.

Maka dari itu, jangan mengabaikan fitur heading, sub heading, dan minor heading. Untuk batas pemakaiannya, saya sendiri hanya satu kalimat untuk heading, dan sub heading. Sedangkan minor heading tidak saya batasi. Semisal dalam artikel ada 10 point yang masih berhubungan dengan pembahasan, maka saya membuat minor heading sebanyak itu.

Jangan berlebihan menggunakan huruf tebal.

Umumnya, para blogger menggunakan huruf tebal hanya untuk kalimat tertentu. Dan, saya sendiri menggunakannya hanya pada kalimat yang mengandung link internal.

Sertakan gambar yang sesuai dengan topik pembahasan.

Manfaat gambar pada artikel tidak hanya untuk mempercantik artikel agar tidak membosankan, dan mempermudah pengunjung memahami apa yang mereka baca.
 

Lebih dari itu.. Pemasangan gambar juga bisa menambah nilai kualitas seo artikel, karena tim google primer menyarankan agar kita menyertakan gambar yang jelas.

Jika menggunakan atau memasang gambar di blog, jangan lupa dikasih judul blog artikel, agar terindex google dengan optimal. Jika ingin mengetahui penerapan judul pada gambar, silahkan lihat gambar berikut ini :

cara menulis artikel blog yang baik dan benar

Klik gambar, nantinya ada beberapa pilihan seperti gambar di atas. Silahkan pilih properties untuk mengisi judul artikel. Perhatikan gambar :

cara membuat artikel di blog yang bagus

Di isi sesuai judul postingan, dan jika anda memasang gambar dengan baik, dan benar seperti yang saya contohkan, tentunya menambah kualitas seo.

Membuat link internal blog yang baik.

Kalau kita membahas tentang link internal, mengingatkan saya pada algoritma google fred. Algoritma tersebut terfokus pada link internal blog.

Jika kita bisa membuat link internal sesuai algoritma google fred,tentunya ada manfaatnya, seperti memperkuat serp blog di halaman google. Namun, tidak saya tuliskan tentang pembuatan link yang benar di sini. Jadi, silahkan berkunjung ke cara membuat link internal yang benar,dan semoga bermanfaat.

Demikian yang dapat saya sampaikan, dan ingat tetaplah semangat. Belajar, dan belajar nulis. Jangan pikirkan terlebih dahulu memperbanyak pengunjung, karena kalau kita tetap konsisten nulis, Insya Allah, pengunjung datang sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *