Teknik Seo 2018 ! Cara agar Artikel Blog Muncul di Google Paling Atas, dan Banyak Pengunjung

Berbicara tentang teknik seo 2018, sebenarnya tidak jauh beda dengan seo 2017 lalu. Pada tahun 2017, google melakukan update algoritma berupa algoritma google fred, dan sekarang pun masih berlaku bahkan sangat baik jika kita terapkan.

Namun, tidak semua blogger tahu apa yang harus dilakukan ketika algoritma google fred telah resmi diluncurkan. Oleh sebab itu, kita nggak boleh melewatkan untuk memahami algoritma tersebut. Maka dari itu, pembahasan yang pertama kita bahas adalah

Teknik seo 2018 tidak boleh mengabaikan algoritma google fred.

teknik seo 2018

Setelah kita mempelajari tentang google fred, langkah selanjutnya adalah membahas beberapa fitur yang lebih baiknya diterapkan di blog kita, dan sesuatu yang harus kita tinggalkan demi perkembangan blog dikemudian hari.

Algoritma google fred.

Adalah algoritma yang terfokus pada penerapan link internal. Jika kita cerdas membuatnya, Insya Allah, pasti ada manfaatnya di serp google.

Namun, banyak para blogger yang berbeda pendapat link internal pada related Post (bacaan terkait) yang biasanya terletak di akhir postingan.

Ada yang berpendapat bahwa blog yang memasang related post akan mengalami penurunan trafik, karena biasanya yang muncul tidak sesuai dengan pembahasan.

Namun, banyak juga blogger yang masih menggunakan related post. Jika seperti itu, mereka yan3 masih memasang related post mempunyai pendapat bahwa link internal yang terletak di related post tidak menyebabkan trafik blog menurun.

Dan, saya sendiri sependapat dengan blogger yang masih menggunakan related post… Dalam artian, saya berpendapat bahwa related post tidak ada pengaruhnya akan turunnya trafik…

Hal ini saya buktikan dengan sedikit penelitian. Saya perhatikan blog yang menggunakan bacaan terkait (related post), masih banyak artikel-artikelnya menduduki halaman pertama google.

Jadi, kesimpulannya adalah anda boleh mengikuti pendapat pertama, atau pendapat yang kedua. Jika anda mempercayai pendapat pertama, maka anda harus menghapus related post yang sudah terpasang. Namun, jika mengikuti pendapat yang kedua, boleh saja anda mempertahankan related post, atau memasangnya seumpama belum menggunakan related post.

Yang harus dipertimbangkan adalah internal link yang dibuat secara manual di dalam artikel. Karena, tidak semua internal link yang kita buat ada manfaatnya dalam segi serp blog.

Jadi, jika anda akan membuat internal link harus sesuai dengan topik pembahasan. Semisal anda membuat postingan tentang cara agar blog muncul di google, maka penerapan link internal yang baik adalah cara mengatasi blog tidak terindex google.

Itu sekedar contoh. Dan, ketika anda membuat internal link sedemikian, Insya Allah mampu menambah serp blog. Yang lebih istimewanya, bisa saja posisi artikel meningkat ke halaman google yang lebih baik.

Membuat artikel yang disukai pembaca, karena google akan menyukainya.

Membuat artikel yang hebat, dan disukai pembaca tidaklah mudah. Begitupun dengan saya yang saat ini masih kesulitan membuat artikel yang disukai pengunjung.
 
Namun, saya tidak bosan untuk belajar, dan belajar agar hasil tulisan bisa membuat pengunjung merasa puas. Walaupun membuat artikel semacam itu, sangatlah berat bagi saya, tapi saya tetap berusaha.
 
Karena, jika saya sudah mampu membuat artikel berkualitas, dan banyak manfaatnya bagi pengunjung, secara otomatis mereka betah berlama-lama membaca. Jika ini yang terjadi, maka beruntunglah saya, karena artikel saya akan disukai google, dan tidak menutup kemungkinan menempat di halaman google yang terbaik.

Kok bisa seperti itu, “artikel disukai pembaca, akan disukai juga oleh google.”

Jika anda tidak percaya, coba perhatikan di google. Artikel seperti apa yang menduduki halaman pertama google ?. Tentunya, kebanyakan artikel yang muncul di halaman pertama adalah artikel berkualitas, dan membuat pembaca merasa senang.

Kemudian, bagaimana caranya agar artikel kita tidak membosankan pengunjung ?

Kalau menurut saya, artikel yang tidak membosankan adalah artikel yang banyak point pentingnya, tapi tidak terlalu panjang lebar.

Biasanya, para blogger ada yang terlalu panjang lebar, namun tidak ada point pentingnya. Mereka yang seperti itu, mungkin karena ingin tulisannya banyak karakternya.

Tapi sangat disayangkan jika kita terlalu bertele-tele hanya memperbanyak jumlah karakter. Karena, kebanyakan masyarakat tidak menyukai hal itu. Boleh saja kita membuka pembahasan dengan canda tawa, atau cerita yang berkaitan dengan topik pembahasan.

Bahkan, saya sendiri menyukai postingan blog yang diawali dengan kronologi permasalahan. Tapi ingat, ketika kita menulis cerita diharuskan sesuai dengan pembahasan.

Membatasi paragraf dengan sedikit kalimat.

Menulis di blog berbeda dengan menulis di buku. Kalau menulis di blog, menurut saya yang enak dibaca adalah tidak terlalu banyak kalimat dalam satu paragraf.

Contohnya seperti ini. Saya langsung membuat paragraf baru, walaupun baru du kalimat. Jika anda menyukai susunan paragraf yang saya lakukan, tidak ada salahnya jika anda mengikutinya.

Fitur yang saya sarankan adalah mengaktifkan HTTPS di blog.

https memang mempengaruhi kualitas seo. Bahkan, sejak dahulu pun seperti itu. Oleh sebab itu, HTTPS salah satu teknik seo yang saya sarankan kepada anda.

Saya menyarankan hal ini bukan asal-asalan saran. Saya juga melakukan penelitian, apakah benar HTTPS di blog mempengaruhi seo. Penelitian yang saya lakukan sangatlah sederhana.

Pernah saya cek beberapa artikel di google. Ternyata benar bahwa https mempengaruhi seo, karena waktu itu, kebanyakan blog yang muncul di halaman pertama google sudah menggunakan https.

Walaupun pengaruh seo pada fitur HTTPS tidaklah besar, tapi setidaknya menambah kualitas seo blog. Oleh sebab itu, barangkali anda ingin merubah http ke HTTPS, Alhamdulillah, saya sudah membuat postingan tentang memasang https d blog blogger meskipun sudah menggunakan domain sendiri.

Manfaat teknik seo yang benar mampu membantu blog muncul di google paling atas, dan banyak pengunjung.

Pasti anda tahu tentang hal ini. Salah satu manfaatnya jika kita menerapkan teknik seo yang benar, adalah mampu membuat blog muncul di pencarian google paling atas.

Bahkan, seo juga bisa menyebabkan blog banyak pengunjung, dan tentunya pengunjung berupa manusia. Tidak percaya ?

Sekarang logikanya seperti ini. Jika banyak artikel yang mampu menduduki halaman google paling atas (halaman pertama) tentunya mempunyai peluang besar dikunjungi banyak orang.

Tapi yang disayangkan adalah ada juga blogger yang mengatakan “seo itu sulit, dan membuat lelah.” Seharusnya, anda tahu, dan sadar bahwa teknik seo modern sangatlah mudah.

Iya betul betul saja kalau ada blogger beranggapan bahwa seo adalah perkara yang sulit. Tapi, jika blogger tersebut mempraktekkan seo jadul. Kalau seo jaman dahulu memang saya akui rumit, dan membuat lelah, karena harus memburu banyak backlink.

Coba anda perhatikan artikel blog terbitan zaman dahulu yang membahas seo, lebih utamanya tentang backlink. Semua artikel terdahulu yang membahas seo mengajarkan kita memperbanyak backlink inilah, itulah, dan lainnya.

Tapi, zaman sekarang jangan terlalu dipusingkan tentang backlink, karena sekarang faktor utama yang membuat blog berkualitas dimata google, adalah seo yang ada di blog itu sendiri.

Mencakup tampilan blog, artikel, kesalahan 404 pada webmaster. Maka dari itu, lebih utamakan seo di dalam blog seperti memiliki template yang dianjurkan google, membuat artikel yang berkualitas, dan menjaga kesehatan blog melalui google webmaster.

Saya mengatakan hal itu, bukan berarti melarang anda mencari backlink. Kita masih perlu yang namanya backlink. Tapi, jangan terlalu berlebihan mendapatkan backlink, kalau blog anda ingin berkembang.

Aktifitas yang harus ditinggalkan demi perkembangan blog.

Sedikit saya ceritakan pengalaman ngeblog saya, walaupun pengalaman tersebut masih secuil. Pernah saya melakukan perkara yang saya baca, namun tidak ada manfaat yang saya rasakan, dan perkara tersebut adalah

Melakukan backlink redirext dari domain edu, gov, ataupun lainnya.

Sulit saya jelaskan di sini tentang backlink semacam itu. Jika anda ingin mengetahuinya, silahkan baca di google.

Tapi, membacanya sekedar untuk menambah pengetahuan, dan jangan sampai melakukannya, karena hanya membuat lelah, letih, lunglai, laper, dan lainnya.

Melakukan backlink profil dengan memasang link aktif di bio.

Jika anda ingin mengetahui yang ini, silahkan melihat gambar di bawah.

cara agar blog muncul di google paling atas

Itulah contoh link aktif yang saya letakkan di bio. Tulisan masmur yang berwarna biru. Tapi jangan anda lakukan, karena saya sendiri telah menghapusnya.

Bahaya ! Jangan senang dulu kalau page view atau jumlah pengunjung secara drastis meningkat.

Ini saya cantumkan, agar anda tidak sampai menjadi korbannya. Cukup saya yang menjadi korban atas peningkatan jumlah pengunjung blog, tapi sangat drastis.

Supaya membuat anda penasaran, saya sedikit bercerita pada waktu blog saya mengalami deindex google, bahkan banyak artikel yang hilang di halaman google.

Umumnya seorang Blogger pasti merasa senang kalau jumlah pengunjung meningkat. Tapi, kalau meningkatnya secara normal.

Anda pasti sudah paham istilah page view, dan pengunjung. Namun, terkadang ada juga blogger yang belum mengetahui apa saja yang menyebabkan jumlah page view meningkat.

Page view bertambah dari hari sebelumnya tidak hanya karena pengunjung yang membaca artikel kita. Walaupun tidak ada orang yang berkunjung, tapi bisa saja Page view meningkat.

Kenapa ? Karena, yang mengunjungi blog tidak hanya berupa manusia, melainkan robot robot google pun berdatangan di blog, hingga jumlah page view bertambah. Jika page view bertambah karena kedatangan robot perayap google sangatlah bagus.

Tapi kalau yang datang bukan manusia, dan bukan robot perayap google, namun jumlah page view meningkat secara drastis, inilah yang harus diwaspadai, dan segera mungkin diatasi.

Jika tidak diatasi, maka anda akan sama seperti saya yaitu blog susah terindex, bahkan bisa saja banyak artikel yang hilang dari halaman google. Waktu itu saya sempat puyeng, dan lelah yang sangat, hanya terpikirkan blog mengalami perihal itu..

Setelah saya selidiki, ternyata disebabkan Jingling. Blog saya terkena korban seorang Blogger yang melakukan jingling hingga dampak negatifnya adalah blog susah muncul di google. Jadi, sebelum anda menjadi korban jingling, segera mungkin di cegah dengan mengatur robot.txt. Untuk caranya, silahkan baca di google, karena di sana banyak blogger yang membahasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *