Perbandingan Blogspot dan WordPress Com yang Harus diketahui

Mungkin, anda sudah mengetahui perbedaan, kelebihan, dan kekurangan wordpres com, dengan wordpres org, tapi pada pembahasan kali ini adalah perbandingan blogspot dan wordpres com.

Siapapun Anda, jika ingin memutuskan membuat blog, tips yang tidak boleh ditinggalkan yaitu mengetahui kelebihan, dan kekurangan platform yang akan digunakan sebagai blog pribadi.

Maka dari itu, kami tuliskan postingan ini dengan harapan agar Anda bisa mengambil keputusan. Apakah lebih memilih Blogspot, ataupun wordpres, ?. Itu semua dikembalikan pada minat pribadi anda.

Dan, supaya pembahasan kali ini lebih runtut, dan mudah diambil kesimpulannya, akan kami uraikan terlebih dahulu tentang ;

Kelebihan atau keunggulan platform Blogger.

Jika kita mengulas kelebihannya platform blogger, kayak-kayaknya lebih unggul jika dibandingkan dengan wordpres. Namun, jangan dahulu menyimpulkan seperti itu, kalau belum selesai membacanya.

Platform blogger sangatlah cocok bagi anda yang ingin belajar mengelola blog.

Kami katakan ini karena kebanyakan blogger indonesia yang sudah berpindah wordpres org, terlebih dahulu mereka mengelola Blogspot.

Jadi, sebelum anda memilih wordpres org yang tentunya tidak gratis, lebih baiknya belajar ngeblog dengan Blogspot terlebih dahulu, karena gratis. Hehehe.

Platform Blogger sangat cocok buat orang yang ingin ngeblog secara gratis.

Iya. Point ini termasuk lanjutan dari pembahasan di atas. Mulai dari tema atau template, mendaftar, semuanya gratis. Terkecuali menggunakan custom domain, dan membeli template premium.

Platform Blogger sangat mudah dipasang Iklan adsense.

Sangat betul. Blogspot sudah bisa dipasang Iklan Adsense, karena pada dasarnya pemiliknya sama. Dalam artian, Blogspot milik google, dan Adsense juga milik Google.

Berbeda dengan wordpres com. Ketika wordpres com tidak boleh dipasang adsense, kecuali upgrade ke premium. Jadi, sangat beruntung jika anda memilih Blogspot untuk bisnis online dengan google Adsense.

Meskipun menggunakan template gratis dari Blogger, tapi tidak ada iklan yang menempel.

Salah satu kelebihan yang sangat menarik adalah tidak ada iklan yang menempel di template Blogspot. Pastinya, perihal ini menguntungkan Anda karena di blog yang dikelola tidak ada iklan yang menyebabkan pemandangan blog kurang menarik.

Tidak masalah, dan bahkan menguntungkan apabila iklan yang muncul adalah iklannya Anda sendiri. Tapi, bagaimana kalau iklan yang muncul adalah iklan miliknya platform yang Anda gunakan untuk ngeblog ?

Tentunya, blog Anda hanya dijadikan sebagai alat penempatan iklan namun Anda tidak menghasilkan uang. Seperti iklan yang muncul pada template wordpres yang gratis.

Perhatikan gambar di atas, adalah contoh iklan yang muncul pada template wordpres yang gratis. Meskipun iklan tersebut ada yang melakukan klik, namun pemilik blog tidak mendapatkan uang.

Tidak sedikit masyarakat yang sudah mengetahui Blogger.

Anda pernah membaca tips memilih domain blog, ? Jika pernah, maka sangat tepat ketika Anda menggunakan Blogspot.

Kenapa, ? Karena, mereka yang memberikan tips memilih domain, pasti menyarankan kita untuk memilih nama atau alamat domain yang mudah diingat.

Sedangkan, domain gratis berupa Blogspot sudah mudah diingat oleh masyarakat, dan tidak asing lagi bagi masyarakat umum. Maka dari itu, kiranya cukup kalau kita menggunakan domain Blogspot, dan tidak perlu custom domain.

Terkecuali jika anda ingin lebih serius mengelola blog, dan ingin terlihat profesional. Maka, yang harus anda lakukan adalah custom domain dengan domain prabayar.

Platform Blogspot mempunyai dua pilihan untuk penggunanya.

Maksudnya, ? Maksudnya adalah kita boleh memilih untuk pasang ssl atau tidak. Jika anda lebih suka menggunakan ssl atau https, maka anda bisa menggunakannya.

Begitupun sebaliknya, silahkan anda memilih http biasa jika lebih menyukainya. Namun, saran dari kami adalah menggunakan https karena meningkatkan kualitas seo. Contoh : https:// masmur. blogspot .com.

Kelebihan berikutnya adalah bisa mengaktifkan HTTPS meskipun sudah custom domain.

Anda tahu apa itu HTTPS di blog ? Tentunya sudah tahu doooongss.. Dan, salah satu manfaat yang sangat menguntungkan ketika blog menggunakan https adalah menambah kualitas seo.

Dahulu, blogger hanya menyediakan https pada domain blogspot, namun sekarang bisa digunakan pada blog yang sudah custom domain. Maka dari itu, meskipun Anda sudah membeli domain janganlah khawatir tidak bisa menggunakan ssl. Supaya lebih jelasnya, silahkan simak cara setting https di blog blogger meskipun custom domain.

Html, script, dan css template Blogger sangat mudah di edit.

Yang ini sempat saya rasakan sendiri ketika sudah berpindah ke wordpres org. Waktu saya menggunakan blogger, tetap bisa mengedit template dengan mudah meskipun menggunakan Android.

Namun, sekarang lumayan sulit edit template wordpres lewat hp Android. Hehehe.. Maklumlah karena kami menulis di blog hanya mengandalkan Android, karena belum punya komputer, ataupun Laptop.

Bagaimana dengan Anda, apakah menggunakan Android untuk menulis, atau edit template blog ? Jika iya, tetaplah semangat, karena kami ada cara untuk mengedit blog menggunakan Android.

Meskipun Blogger adalah platform gratis, tapi cocok juga untuk mengembangkan bisnis ataupun usaha.

Yoi. Kita nggak harus menggunakan custom domain, membeli template premium, dan nggak perlu berpindah ke wordpres org, kalau hanya ingin mengembangkan usaha melalui blog.

Meskipun kita menggunakan blog blogspot yang pastinya gratis, kita tetap mampu mengembangkan usaha, dan bisa berbisnis online.

Harga template premium Blogger sangat bersahabat.

Jika anda bosan dengan template Blogspot gratis yang gitu gitu aja, silahkan membeli template premium di salah satu blogger Indonesia, seperti Mbak Arlina, Mas Sugeng, Bung Frangki, dan masih banyak lagi.

Tenang.. Anda jangan khawatir akan harganya yang mahal, karena kebanyakan blogger Indonesia yang menyediakan template premium mematok harga yang murah, dan tentunya bersahabat dengan kantong.

Mulai dari harga 100.000 sampai 150.000. Berarti, bisa disimpulkan bahwa template blogger paling mahal adalah 150.000. Tentunya, harga sedemikian itu sangatlah murah ketika dibandingkan dengan harga template wordpres premium yang harganya sekitar 250.000. Itupun harga paling murah, karena kebanyakan template wordpres dihargai antara 300.000 bahkan ada yang 500.000 lebih.

Bisa merubah atau download template sesuka hati.

Anda percaya atau tidak, tapi kenyataannya memang seperti itu. Kita nggak perlu khawatir mengenai tampilan blogger, karena kita bisa merubahnya.

Di google banyak blogger yang menyediakan template gratis, dan bisa Anda Download. Tapi sekedar tambahan.. ! Jangan menghapus credit link, karena menghargai pembuatnya. Ingat.. ! Bukan perkara yang mudah untuk membuat template, oleh sebab itu berterimakasih kepada mereka yang sudah berbagi template gratis.

Sekarang mengulas tentang kekurangannya Blogger.

Alhamdulillah, setelah selesai membicarakan tentang kelebihan Blogger, sekarang waktunya untuk mengintip apa saja kekurangannya, dan diantaranya adalah ;

Alamat domain yang berubah-berubah menyesuaikan negara.

Tapi ini berlaku pada domain Blogspot. Semisal blog Anda dibuka di daerah Indonesia, maka domain berubah menjadi blogspot .co.id. Ketika dibuka melalui daerah US, maka domain menjadi blogspot .us dan seterusnya.

Url yang ribet dan lumayan aneh.

Pernah anda perhatikan url blogger ? Jika pernah, maka kelihatan agak aneh karena berbeda-beda. Ada url versi mobile, dan ada juga url versi desktop.

Template sulit ketika di setting menjadi AMP.

Berbeda dengan platform wordpres yang sangat mudah ketika di setting AMP, karena kebanyakan template wordpres sudah support AMP.

Tapi bagaimana dengan template blogger, ?Setahu kami, template bawaan blogger belum ada yang support AMP. Meskipun banyak blogger indonesia yang membuat template support AMP, tapi sangat ribet kalau ingin seratus persen valid AMP. Harus begini, dan begitulah agar valid AMP.

Alhamdulillah, sekarang waktunya mengulas kelebihan wordpres.

Ingat yeah, ? Di sini tentang wordpres com bukan wordpres org. Jika anda ingin mengetahui lebih jauh tentang kelebihan wordpres org, silahkan mampir di bacaan tentang kelebihannya wordpres org, dan semoga bermanfaat.

Tema wordpres secara default banyak yang support AMP.

Kembali lagi membahas tentang AMP. Sebenarnya, apa kelebihannya AMP, sampai-sampai banyak Blog besar yang menggunakan AMP ?.

Sebenarnya, kelebihan AMP tidak banyak. Hanya dalam segi kecepatan loading blog yang lebih dahsyat, dan mengurangi pentalan pengunjung.

Pentalan pengunjung, maksudnya ? Maksudnya adalah agar pengunjung tidak langsung pergi meninggalkan blog kita hanya karena loading blog yang lambat.

Dengan begitu, kiranya sangat perlu jika kita menggunakan AMP agar para pengunjung tetap setia, dan tidak merasa jengkel disebabkan loading blog yang berat.

Url wordpres tidak aneh, dan sederhana.

Di atas kita sudah menyinggung kekurangan blogger yaitu dalam segi url. Tapi, url wordpres tidaklah aneh, dan ketika diakses melalui smartphone, dan komputer tidak ada bedanya.

Tidak sedikit pilihan tema yang bisa kita gunakan.

Dari banyaknya kelebihan wordpres yang paling mempesona adalah dalam segi tampilan. Pilihan tema wordpres sangatlah bervariasi, dan tampilannya pun keren-keren.

Terdapat aplikasi wordpres untuk Android.

Apakah Blogger tidak ada aplikasinya, ? Ada, tapi kebanyakan orang mengeluh ketika update artikel, ataupun edit template melalui Aplikasi Blogger.

Berbeda dengan Aplikasi Wordpres, yang tentunya sangat ringan, rapih, dan mudah digunakan. Olehnya, ini termasuk kelebihan wordpres yang belum dimiliki blogger.

Berbagai plugin dapat kita manfaatkan.

Plugin-plugin wordpres sangat banyak macamnya. Ada plugin untuk mempercantik tampilan, seo, dan ada juga plugin untuk mempercepat loading.

Intinya, dengan adanya plugin inilah yang membuat wordpres lebih unggul dibandingkan dengan Blogspot. Bagaimana, apakah Anda tertarik menggunakan wordpres ?.

Apa sajakah kekurangan wordpres com ?

Anda pernah bertanya-tanya seperti itu, ? Jika pernah, ayo lanjutkan membaca untuk mengetahui jawabannya. Hehehe...Dan, berikut adalah beberapa kekurangannya wordpres com ;

  1. Terdapat iklan yang menempel di template gratis.
  2. Tidak bisa upload tema hasil download.
  3. Dan yang lainnya biarkan anda yang menambahkan melalui kolom komentar.

Demikian yang dapat kami sampaikan, dan atas pemaparan kami di atas semoga membantu Anda untuk memilih platform apa yang akan digunakan untuk mengelola blog.

Disqus Comments Loading...

Recent Posts

Contoh atau Kriteria Website yang Baik Untuk Bisnis Menurut Ahli

Kami akan memberikan contoh atau kriteria blog / website yang baik menurut ahli agar Anda dapat mengelola website sampai menghasilkan…

2 bulan ago

Manfaat Website Untuk Bisnis dan Sebagai Media Promosi

Alhamdulillah, kini waktunya membahas manfaat website untuk bisnis dan sebagai media promosi produk atau usaha yang kita miliki. Dan, kami tanpa…

2 bulan ago

Cara Mencari Pelanggan Baru Dalam Berdagang lewat internet

Berbicara tentang cara mencari pelanggan baru dalam berdagang dan lainnya lewat internet pastinya membutuhkan teori, agar kita tidak sampai salah…

3 bulan ago

Cara Menarik / Mempertahankan Pelanggan Lama Agar Tetap Setia

Tidaklah mungkin sebuah usaha akan berjalan lancar, dan baik tanpa adanya konsumen, atau pelanggan. Bahkan, yang namanya usaha akan sukses,…

3 bulan ago

Alasan dan Manfaat Memilih Lokasi / Tempat Usaha yang Strategis

Pebisnis, adalah orang cerdas, dan bijaksana, agar usahanya mampu berkembang sesuai dengan harapan. Tidak lepas dengan itu, maka kita pun…

3 bulan ago

Cara Menjalankan Nuamoorea, dan Sukses di Bisnis Amoorea

Artikel ini sebagai studi buat Anda yang ingin menjadi pebisnis. Tidak sebatas informasi peluang usaha, yang bisa dijalankan kapanpun, dan…

3 bulan ago