Penyebab Pengunjung Blog Turun Drastis dan menurun juga semangat kita

Blog Masmur sedikit curhat kaitan penyebab pengunjung blog turun secara drastis dan semoga saja curhatan ini bisa menambahkan semangat seperti semangatnya pahlawan 45 dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Oke, sebelum anda membaca curhatan saya tentang faktor yang menyebabkan trafik blog menurun, monggo siapkan kopi bagi anda yang suka kopi, dan teh hangat jika anda menyukai teh. Tanpa basa-basi, perhatikan daftar isinya :

  1. Performa Blog Tidak Stabil.
  2. Kualitas Konten Belum Memuaskan.
  3. Posisi artikel tidak cakep lagi.
  4. Semakin bertambahnya kembaran anda.
  5. Semakin bertambahnya pengunjung yang kecewa karena template blog yang kurang baik, dan iklan yang mengganggu.
  6. Melakukan teknik seo yang kurang tepat.
  7. Terkena Imbas hal negatif yang pernah anda lakukan, dan jingling yang menyebabkan postingan blog tidak muncul di pencarian google.

Waw. Itulah yang dapat saya uraikan tentang faktor-faktor yang menyebabkan pengunjung tidak kembali datang, hingga membuat blog anda sepi seperti kuburan. Hehehe. Bercanda.

1. Performa Blog Tidak Stabil.

Kita sudah tahu yang namanya performa stabil sangat berperan penting dalam kehidupan. Performa motor yang baik, insya Allah tidak akan mogok di tengah perjalanan.

Intinya, performa baik berperan penting dalam semua hal termasuk blog. Jika performa blog menurun, tentunya banyak artikel yang kalah saingan.

Dan, performa yang saya maksudkan adalah kesehatan blog. Jika kesehatan blog tidak anda perhatikan, tidak menutup kemungkinan banyak kesalahan 404 pada webmaster.

penyebab pengunjung blog turun drastis

Asal anda ketahui bahwa blog yang banyak kesalahan 404 tentunya mengurangi kualitas seo. Sedangkan, jika kualitas seo berkurang tentunya menyebabkan blog kita mudah dilengserkan oleh blog lainnya.

Jika blog mudah terlengser dari halaman terbaik google ke halaman terburuk, tentunya ini adalah faktor yang menyebabkan trafik blog menurun. Jadi, kesimpulannya adalah jaga kesehatan dan segera perbaiki jika blog anda memiliki kesalahan 404 pada webmaster.

Oleh sebab itu, daftarkan blog anda ke webmaster apabila ingin mengetahui kesehatan, kesalahan, dan perkembangan blog. Sangat besar manfaatnya apabila blog sudah terdaftar ke webmaster, terlebih jika anda mengelola blog untuk mengembangkan usaha.

2. Kualitas Konten Belum Memuaskan.

Tentunya anda menyadari bahwa banyak blogger yang menyajikan konten sangat berkualitas, dan pastinya memuaskan pembaca. Apabila pembaca merasa puas dengan konten yang disajikan, secara otomatis membuat pengunjung betah, dan suka rela berkunjung kembali.

Jadi, jika anda asal-asalan membuat artikel, tidak menutup kemungkinan banyak pengunjung yang kabur, dan nggak mau datang lagi. Maka dari itu, silahkan membuat artikel berkualitas, banyak manfaatnya, serta unik alias beda dari lainnya.

Kualitas Konten sangat berpengaruh akan maju, dan berkembangnya sebuah blog. Coba anda bayangkan walaupun sejenak. Mungkin anda termasuk salah satu pengunjung blog yang setia. Yang menjadi pertanyaan adalah,

bagaimana bisa anda menjadi pengunjung blog orang lain yang setia ?

Jawabannya adalah karena anda puas atas konten atau artikel yang mereka suguhkan. Oleh sebab itu, mulai sekarang harus mempunyai prinsip “Yang penting nulis berkualitas, dan jangan asal-asalan, karena konten berkualitas mampu menarik pengunjung baru, bahkan bisa mempertahankan pengunjung yang lama.

Ingat, dan sangat penting diingat-ingat terus. Jangan sampai membuat pengunjung kecewa hanya dikarenakan kita membuat artikel tidak berkualitas baik. Apabila pengunjung sampai kecewa, jangan salahkan siapa-siapa jika mereka kabur. Dan, untuk pembahasan tentang rasa kecewanya pengunjung, mungkin lebih asyiknya dibahas di bawah.

3. Posisi artikel tidak cakep lagi.

Cakep, kok kayak manusia aja niih.. Iya, blog juga ada blog yang cakep, keren, dan sederhana. Begitupun juga posisi artikel. Posisi artikel di google ada yang cakep, biasa, bahkan ada yang buruk.

Tapi, apakah anda sudah tahu apa yang saya maksudkan ?

Yang saya maksudkan adalah posisi artikel menurun dari halaman pertama google menjadi halaman dua, tiga, bahkan lebih.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kebanyakan manusia yang ingin membaca apa yang mereka cari memilih, dan mengunjungi blog yang tampil di halaman pertama google. Oleh sebab itu, jika ini terjadi pada blog anda, segera mungkin perbaiki agar posisi artikel kembali ke halaman terbaik google.

Terkecuali artikel yang anda sajikan adalah artikel tentang review produk, bisnis online, dan kisah-kisah. Apabila artikel semacam itu, kiranya tidak usah dipusingkan walaupun berada di halaman google yang ke dua, tiga, atau lebih.

Kenapa posisi artikel tentang review produk, bisnis online, dan kisah atau sejarah nggak perlu dipusingkan walaupun tidak di halaman pertama google ?

Jawabannya sederhana yaitu kebanyakan manusia belum puas ketika hanya membaca satu blog jika yang dibacanya tentang review seperti kelebihan, dan kekurangan.

Begitupun juga tentang kisah, ataupun sejarah. Tentunya, mereka akan membaca dari berbagai sumber guna meyakinkan apa yang mereka baca. Karena, jika mereka hanya membaca satu blog, bisa saja apa yang mereka baca tidak sesuai dengan kenyataan.

4. Semakin bertambahnya kembaran anda.

Jangan pernah buntu pemikiran kita, yang hanya mengetahui makna kembar untuk manusia kembar. Hehehe. Bercanda dulu agar nggak pusing tuh kepalanya.

Oke.. Anda adalah blogger, dan apakah anda sadar semakin ke sini semakin banyak blogger baru ?. Inilah yang saya kehendaki dari kembar.

Terlebih, untuk era sekarang blog baru mempunyai kesempatan besar bisa bersaing meskipun bersaing dengan blog yang lama. Masa siiiih, blog baru bisa bersaing dengan blog lama, ?

Hehehe. Jika anda tidak percaya, itu terserah anda, tapi pada kenyataannya banyak blog baru yang mudah menduduki halaman pertama google. Silahkan anda cermati, ternyata banyak blog baru bermunculan di halaman pertama google. Tapi, blog baru yang sudah mempunyai umur minimal lima bulanan atau lebih.

Saya mempunyai satu alasan kenapa blog baru bisa bersaing, dan alasan tersebut adalah karena kebanyakan blog baru bersih dari spam, dan pelanggaran-pelanggan. Oleh sebab itu, tidak heran jika blog yang bersih dari spam, dan patuh dengan aturan-aturan google mampu bersaing.

Maka dari itu, anda harus betul-betul menjaga blog, dan jangan di sia-siakan. Karena, blogger baru biasanya semangat mencari backlink sembarang, dan belum tahu apa dampak negatifnya jika blog terdeteksi spam oleh google.

5. Semakin bertambahnya pengunjung yang kecewa karena template blog yang kurang baik, dan iklan yang mengganggu.

penyebab pengunjung blog menurun
Template baik.

Ini sangat penting, dan harus dipertimbangkan secara matang jika anda tidak ingin kehilangan banyak pengunjung. Di atas sudah disinggung kaitan rasa kecewa pengunjung karena artikel abal-abal.

Pada pembahasan ini sekedar pelengkap atau tambahan. Rasa kecewa pengunjung bukan hanya karena kualitas artikel yang tidak baik, karena tampilan blog, dan iklan yang mengganggu pengunjung tentunya membuat mereka kecewa.

Tidak usah dibayangkan lebih dalam. Tentunya anda tahu apa yang mereka lakukan jika sudah kecewa dengan kita. Pastinya, mereka enggan datang lagi, dan ogah menjadi pengunjung setia.

Oleh sebab itu, pilihlah template blog yang baik, dan jangan memasang iklan yang mengganggu pengunjung. Sekarang begini saja, dan dikembalikan pada diri anda sendiri.

Anda lebih mementingkan banyak pengunjung, atau memasang terlalu banyak iklan hanya berharap jika banyak iklan banyak pula yang melakukan klik ?

Kalau saya pribadi lebih mengutamakan pengunjung, karena apabila saya mengutamakan pengunjung, kesempatan mendapatkan uang dari blog lebih besar meskipun memasang iklan yang sederhana, dan tidak terlalu banyak.

Template blog juga mempengaruhi turunnya pengunjung. Logikanya seperti ini aja. Jika anda menjumpai blog yang mana tampilannya tidak nyaman, tampilannya lebay, apakah anda betah berada di sana ?.

Mungkin anda tidak betah berkunjung ke blog yang memiliki template atau tampilan semacam itu. Oleh sebab itu, jangan lewatkan juga bacaan tentang tips memilih template yang baik, dan semoga bermanfaat.

6. Melakukan teknik seo yang kurang tepat.

Istilah seo sangat akrab ditelinga kita yang berperan sebagai bloggger. Namun, tidak sedikit blogger yang belum mengetahui teknik seo sederhana tapi yang benar. Oleh sebab itu, blog masmur menyarankan anda untuk

  1. Daftarkan blog ke webmaster.
  2. Menjaga kesehatan blog, dan jangan sampai ada kesalahan 404.
  3. Membuat internal link yang sesuai dengan pembahasan.
  4. Jangan berlebihan mencari backlink.

Mungkin cukup jika kita melakukan empat point tersebut, karena empat point di atas termasuk teknik seo sederhana, namun sangat hebat manfaatnya.

7. Terkena Imbas negatif yang pernah anda lakukan, dan jingling yang menyebabkan postingan artikel tidak muncul di pencarian google.

Hehehe. Harus anda ketahui, dan yakin bahwa semuanya ada balasannya. Anda berbuat baik, suatu saat ada juga kebaikan yang datang.

Begitupun sebaliknya. Jika kita melakukan keburukan, jangan heran apabila suatu saat ada perkara negatif yang menerjang hidup hingga dada pun terasa sesak.

Maksudnya seperti ini bos. Kita adalah blogger yang tentunya sudah menyadari bahwa persaingan semakin hari semakin ketat. Dengan kenyataannya seperti itu, tidak sedikit blogger memiliki penyakit hati, yang membuatnya melakukan cara apapun agar saingannya terpuruk.

Terpuruk yang saya maksudkan bukan berarti admin blog yang terpuruk, tapi performa blog yang menurun hingga banyak artikel yang hilang dari halaman google.

Harus diketahui, jika anda berani memulai mengelola blog tentunya banyak cobaan, dan rintangan seperti yang telah saya katakan di atas “ada juga blogger mempunyai penyakit hati, yang melakukan cara apapun agar saingannya terpuruk.”

Jadi, jangan asal asalan mempercayai blogger, karena bisa saja blogger tersebut akan membuat anda kapok menjadi Blogger. Kapok, maksudnya bagaimana, ?

Supaya lebih jelas, biarkan saya curhat sedikit.

Dulu saya pernah memiliki blog yang bernama Caradailku. Namun sangat disayangkan blog tersebut sudah saya hapus. Dan, ada beberapa alasan kenapa saya menghapusnya, dan diantaranya adalah :

  1. Artikel blog banyak yang hilang di halaman google.
  2. Setelah membuat artikel dan submit url ke webmaster, namun tidak muncul di pencarian google.
  3. Saya sudah lelah mengobati penyakit yang diderita blog caradailku.

Tiga alasan di atas akan saya jelaskan di bawah, dan semoga bermanfaat serta dijadikan pengalaman, dan pengetahuan buat anda.

Awalnya saya heran kenapa pengunjung menurun, dan setelah saya selidiki apa penyebabnya, ternyata banyak artikel yang tenggelam dari halaman google. Saya cukup heran, dan panik kenapa itu bisa terjadi.

Alhamdulillah, saya tidak hanya diam kemudian mencari tahu apa penyebabnya, dan akhirnya saya tahu apa faktor yang menyebabkan artikel hilang. Dan, faktor tersebut disebabkan ada yang melakukan jingling ke blog saya.

penyebab pengunjung blog turun
Jingling sangat berbahaya

Dampak negatif jika blog terkena jingling bukan hanya artikel banyak yang tenggelam, dan hilang, melainkan juga artikel blog susah terindex google. Jadi, singkat cerita saya lelah, dan langsung menghapus blog caradailku.

Mohon maaf saya tidak menjelaskan tentang jingling, dan jika anda ingin mengetahuinya silahkan baca di google karena sudah banyak blogger mengulasnya.

Tapi saya yakin, kalau blogger yang mempunyai penyakit hati seperti melakukan jingling ke blog lainnya tidak akan pernah sukses melalui blognya, dan insya Allah ada balasannya yang setimpal. Jadi, kesimpulannya adalah jangan curang menghadapi persaingan, jika anda tidak ingin merasakan imbasnya, dan salah satu penyebab pengunjung menurun drastis dikarenakan jingling.

Silahkan baca juga cara supaya postinganan muncul di google. Kiranya cukup sekian, dan tetap semangat yeah selagi apa yang kita lakukan adalah hal yang positif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *