Categories: Ekonomi

Penyebab dan Contoh Kegagalan Wirausaha Dalam Berwirausaha

Kiranya sangat perlu mengetahui penyebab kegagalan wirausaha atau usaha agar kita dapat mengatasi, dan memperbaiki kegagalan yang sedang terjadi. Selain itu, kami juga akan memberikan contoh kegagalan dalam berwirausaha (Contoh pengusaha sukses yang pernah gagal).

Sebelum melanjutkan, ada pertanyaan buat Anda..!

Seperti apakah kegagalan ?…

Pertanyaan itulah yang akan menemani pembahasan kita kali ini, karena tidak sedikit orang yang keliru mengartikan kegagalan.

Kegagalan pengusaha dalam usahanya.

Banyak masyarakat yang mengartikan kegagalan usaha, adalah orang yang gagal dalam prosesnya membangun usaha. Namun, pengertian semacam itu kurang tepat, karena kegagalan yang sesungguhnya dalam dunia usaha adalah orang yang berhenti, dan tidak mau mencoba lagi.

Itulah kegagalan.

Jadi, usaha Anda belumlah gagal selama Anda masih dalam proses perbaikan, dan pemeliharaan. Tetap tenang, dan cerdaslah menyikapinya.

Meskipun demikian, mari kita ketahui beberapa faktor yang menyebabkan pebisnis gagal, dan diantaranya yaitu

1. Kurang tepat dalam melaksanakan manajemen.

Manajemen dalam kehidupan sangat diperlukan, terlebih berhubungan dengan usaha. Bagaimana ceritanya sebuah usaha mampu sukses, dan berkembang apabila di dalamnya tidak terdapat manajemen ?

Melihat pengertian manajemen yang artinya penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran, sangat jelas bahwa yang namanya bisnis harus ada manajemen yang baik.

Oleh sebab itu, coba tengok, dan teliti kembali apakah Anda sudah memanajemeni usaha. Setidaknya, dengan sumber daya usaha yang Anda kelola, Anda harus memiliki target tujuan.

Dengan target tujuan itulah yang akan menggerakkan Anda melakukan manajemen secara efektif, dan tepat. Jadi kesimpulannya yaitu “harus mempunyai target tujuan, agar usaha yang Anda kelola memiliki sistem manajemen, dan sukses.. Aamiin Ya Allah.

2. Kurang cerdas mengatur keuangan.

Sulit diterima akal sehat usaha yang Anda kelola mampu sukses, dan berkembang, jika Anda sendiri belum mampu mengatur keuangan dengan baik.

Meskipun Anda telah memiliki target tujuan, dan memanajemeni sebuah usaha, namun yang namanya manajemen usaha tidak lepas dari keuangan.

Olehnya, segera mungkin Anda harus belajar mengelola keuangan.

Dan, barangkali Anda berkenan membaca postingan kami terdahulu yang membahas teori mengatur keuangan meskipun dengan gaji yang kecil, maka silahkan dikunjungi, dan semoga bermanfaat.

3. Kurang cerdasnya strategi pemasaran.

Pemasaran adalah proses yang dilakukan untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat. Dalam dunia online, pemasaran biasa disebut dengan marketing.

Usaha semacam apa yang tidak membutuhkan pemasaran, ?

Tentunya, semua jenis usaha sangat memerlukan promosi,,ataupun pemasaran. Namun, yang harus diketahui adalah tidak semua proses pemasaran berdampak positif.

Ada juga promosi yang justru merugikan.

Kenapa, ?

Karena, sukses, dan tidaknya sebuah pemasaran tergantung caranya. Oleh sebab itu, lakukan tips-tips berikut agar pemasaran Anda sukses… Insya Allah..

  • Menggunakan media sosial online, seperti facebook, twitter, website atau lainnya.
  • Bersikap sopan, ramah, dan tidak mengganggu masyarakat facebook, twitter, dll.

Walaupun hanya dua yang dapat kami sampaikan, namun manfaatnya luarbiasa ketika Anda mempraktekkan tips tersebut.

4. Terombang-ambing oleh banyaknya pikiran (Tidak Fokus).

Anda tidak fokus dengan pekerjaan, ?

Atau Anda sedang memikirkan sesuatu hingga mengorbankan usaha yang sedang dijalankan ?

Apapun itu alasan Anda belum bisa fokus dengan pekerjaan, maka segera mungkin selesaikan, dan cari solusinya. Seharusnya, sebagai pengusaha haruslah fokus, dan tidak membiarkan usahanya kenapa-napa hanya karena beban pikiran.

Tahukah Anda,,,,,!, Pikiran yang bening, dan fokus berperan besar akan suksesnya sesuatu yang sedang dilakukan ?

Sedikit kami berikan contoh mengenai fokus, dan tidaknya pikiran saat menghadapi sesuatu.

Sebagian besar kecelakaan yang terjadi di jalanan disebabkan mereka sendiri yang tidak fokus saat mengemudi. Dan, sebagian besar siswa yang tidak memahami pelajaran itu dikarenakan mereka yang sibuk bermain Android, atau lainnya (Tidak Fokus).

Begitupun juga dengan dunia bisnis, yang tentunya harus dijalankan dengan kondisi fokus, pikiran tenang, dan mengabaikan semua yang menghambat pekerjaan.

Jadi, jika Anda sedang mengalami perihal ini, solusinya adalah buang pikiran yang mengganggu. Insya Allah,,, Segera mungkin Anda akan mendapatkan jalan keluarnya.

5. Anda belum mengakui sungguh-sungguh bahwa “Anda adalah pengusaha”.

Sekarang begini,,,, Saat usaha Anda sedang lancar, dan tidak ada masalah, seberapa besar penghasilan yang Anda peroleh selama satu bulannya ?

Tiga juta, lima juta, atau lebih ?

Kami tanyakan masalah penghasilan, karena tidak sedikit orang yang gagal menjadi pengusaha, karena kecilnya jumlah penghasilan.

Mereka mudah tertarik pekerjaan baru, kemudian memilih menjadi karyawan, ataupun lainnya dan yang penting penghasilannya lebih besar. Singkat cerita, mereka gagal menjadi pengusaha, dan lebih memilih menjadi karyawan pabrik, kantor, dan lain sebagainya.

Jika Anda sama seperti mereka, maka kami tidak heran apabila Anda gagal. Asal Anda tahu…!  Sudah menjadi modal utama bagi para pengusaha untuk menanamkan keinginan kuat agar menjadi pengusaha, dan mengakui bahwa dirinya adalah pengusaha.

6. Kurang cerdas menghadapi perubahan zaman.

Zaman adalah makhluk yang selalu berubah-ubah. Pagi menjadi siang, siang menjelma malam, malam berubah pagi, dan seterusnya. Itulah zaman, yang ditakdirkan untuk selalu berubah.

Namun, yang kami maksudkan bukan hanya seperti itu. Perubahan yang kami maksudkan juga adalah perubahan kondisi, keadaan, dan kebutuhan masyarakat.

Dulu, para pengusaha tidak begitu membutuhkan internet, karena pada dasarnya lingkungan masyarakat jarang yang menggunakan internet untuk bertransaksi jual beli, ataupun lainnya.

Berbeda dengan zaman sekarang yang mayoritas masyarakat kita inginnya serba instant, serba online, dan tentunya serba praktis.

Jika Anda tidak cerdas menghadapi perubahan yang semacam itu, bukan perkara mustahil jika usaha Anda mengalami kegagalan. Oleh sebab itu, Anda harus fleksibel, dan mengikuti perkembangan zaman.

7. Memilih lokasi atau tempat yang kurang strategis.

Tempat strategis juga faktor penting yang mempengaruhi kesuksesan usaha. Olehnya, kami tidak heran apabila harga tempat yang strategis untuk usaha sangat mahal harganya.

Meskipun harganya mahal, tapi kenapa masih banyak peminatnya, ? Bahkan,,tidak sedikit para pengusaha menyewa, atau membeli lokasi yang strategis, walaupun harganya selangit.

Karena, mereka para pebisnis tahu salah satu faktor yang menyebabkan kesuksesan usaha adalah tempat strategis. Oleh sebab itu, coba perhatikan kembali apakah tempat usaha Anda sudah strategis, ?

Atau, jangan-jangan Anda belum mengetahui ciri-ciri tempat yang strategis, ? Hehehe… Jika Anda belum tahu tanda-tanda lokasi yang strategis, maka silahkan baca postingan kami tanda-tanda tempat yang strategis, dan semoga bermanfaat.

8. Bekerjasama dengan orang yang kurang tepat.

Tidak sedikit usaha yang dibangun oleh dua orang ataupun lebih. Walaupun usaha tersebut dikelola banyak orang, namun penghasilan finansial tidak kalah dengan usaha yang dibangun perorangan.

Bahkan, salah satu kelebihan usaha yang dikelola banyak orang adalah lebih ringan, lebih menghemat tenaga, dan kalau ada sesuatu yang tidak diinginkan menimpa usaha tersebut, bisa diatasi bersama-sama.

Namun, suatu kesalahan fatal apabila Anda bekerjasama dengan orang yang salah. Oleh sebab itu, pertimbangkan terlebih dahulu untuk mengajak seseorang, karena menyangkut sukses, dan tidaknya bisnis yang Anda kelola.

Achmad Zacky, Contoh pengusaha sukses yang pernah gagal.

Usai sudah kita mengetahui beberapa faktor yang menyebabkan para pebisnis gagal, dan kini waktunya kami memberikan sedikit contoh pengusaha sukses yang sempat gagal dalam bisnisnya.

Anda kenal dengan Achmad Zacky, ?

Mungkin, nama tersebut sedikit asing bagi Anda. Namun, kami yakin kalau Anda tahu, dan mengenal aplikasi Bukalapak.

Achmad Zacky termasuk pengusaha sukses yang sempat gagal, dan dia adalah pemilik aplikasi tersebut. Dari referensi yang kami baca, Dia sembari menjalankan bisnis Mie Ayam, walaupun masih kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Singkat cerita, bisnisnya gagal, dan harus gulung tikar. Kegagalan tersebut tidak membuat Achmad Zacky kapok menjadi pengusaha.

Setelah lulus kuliah, Achmad Zacky memutuskan membuat perusahaan jasa konsultasi teknologi yang bernama Suitmedia, dan membuat website sebagai cikal bakal aplikasi Bukalapak.

Pada saat itu, teman-teman, dan keluarganya heran atas keputusan dia menjadi pengusaha, karena sebenarnya dia bisa bekerja dengan gaji yang pasti.

Namun, Achmad Zacky tetap ingin menjadi pengusaha.

Walaupun perjalanan dia setelah membuat aplikasi Bukalapak tidaklah lancar, dan seringkali menerima penolakan dari Investor, maupun usaha UKM yang ditemuinya, tapi rasa semangat, dan pantang menyerahnya membuahkan manfaat.

Sekarang terbukti,,,. Aplikasi Bukalapak mampu berkembang, dan populer di kalangan masyarakat.

Sejarah singkat bukalapak yang dikutip dari wikipedia.

Bukalapak didirikan oleh Achmad Zaky pada awal tahun 2010 sebagai divisi agensi digital bernama Suitmedia yang berbasis di Jakarta. Namun, Bukalapak baru berstatus sebagai sebuah Perseroan Terbatas (PT) pada September 2011 dan dikelola oleh manajemen yang dipimpin oleh Achmad Zaky sebagai CEO (Chief Executive Office) dan Nugroho Herucahyono sebagai CTO (Chief Technology Officer).

Setelah berdiri kurang lebih setahun, Bukalapak mendapat penambahan modal dari Batavia Incubator (perusahaan gabungan dari Rebright Partners yang dipimpin oleh Takeshi Ebihara, Japanese Incubator dan Corfina Group). Di tahun 2012, Bukalapak menerima tambahan investasi dari GREE Ventures yang dipimpin oleh Kuan Hsu.

Pada bulan Maret 2014, Bukalapak mengumumkan investasi oleh Aucfan, IREP, 500 Startups, dan GREE Ventures. Tidak berselang lama dari pemberitaan tersebut, di tanggal 18 Maret 2014 Bukalapak pun meluncurkan aplikasi seluler untuk Android.

Aplikasi yang dikenal dengan mobile Bukalapak tersebut diciptakan khusus untuk para penjual untuk mempermudah penjual dalam mengakses lapak dagangannya dan melakukan transaksinya melalui smartphone. Sejak pertama kali diluncurkan sampai dengan 3 Juli 2014, applikasi tersebut telah didownload oleh lebih dari 87 ribu user Bukalapak.

Walaupun baru berdiri kurang lebih 3 tahun, Bukalapak memiliki reputasi yang baik dalam hal customer service dan websitenya yang mudah untuk di akses. Bukalapak pun seiring dengan berjalannya waktu, semakin berkembang dengan inovasi terbarunya untuk mempermudah para pengguna Bukalapak untuk transaksinya.

Pada 25 Juni 2014 Bukalapak menambahkan fitur Quick Buy, yaitu di mana pembeli tidak perlu melakukan registrasi akun terlebih dahulu ketika akan membeli barang.

Ketika muncul halaman, cukup isi data pembelian dan pembeli memilih tab Beli Tanpa Akun. Tahapan ini, pembeli cukup memasukkan email yang selalu aktif dan detail alamat pengiriman barang.

E-mail aktif tersebut nantinya digunakan untuk mengirim tagihan pembayaran dan sebagai kontak untuk menghubungi pembeli jika terjadi kesalahan saat transaksi. Oleh karena itu untuk email diharapkan tidak salah dalam penulisannya, karena nantinya akan berpengaruh kepada verifikasi transaksi anda.

Bukalapak memiliki program untuk memfasilitasi para UKM yang ada di Indonesia untuk melakukan transaksi jual beli secara online. Hal ini dikarenakan transaksi melalui online dapat mempermudah UKM dalam menjual produk-produk yang mereka miliki tanpa harus memiliki toko offline.

Untuk yang telah memiliki toko offline, Bukalapak mengharapkan dengan adanya situs tersebut dapat membantu meningkatkan penjualan toko offline tersebut.

Dari laporan keuangan EMTEK tahun 2015 (pemilik 49% saham Bukalapak), diketahui bahwa Bukalapak telah mendapatkan dana investasi dari EMTEK total hingga Rp 439 miliar. Namun sepanjang tahun 2015 Bukalapak tercatat masih merugi hingga Rp 229 miliar rupiah, dengan pemasukan Rp 6,4 miliar.

Recent Posts

Contoh atau Kriteria Website yang Baik Untuk Bisnis Menurut Ahli

Kami akan memberikan contoh atau kriteria blog / website yang baik menurut ahli agar Anda dapat mengelola website sampai menghasilkan…

1 minggu ago

Manfaat Website Untuk Bisnis dan Sebagai Media Promosi

Alhamdulillah, kini waktunya membahas manfaat website untuk bisnis dan sebagai media promosi produk atau usaha yang kita miliki. Dan, kami tanpa…

2 minggu ago

Cara Mencari Pelanggan Baru Dalam Berdagang lewat internet

Berbicara tentang cara mencari pelanggan baru dalam berdagang dan lainnya lewat internet pastinya membutuhkan teori, agar kita tidak sampai salah…

3 minggu ago

Cara Menarik / Mempertahankan Pelanggan Lama Agar Tetap Setia

Tidaklah mungkin sebuah usaha akan berjalan lancar, dan baik tanpa adanya konsumen, atau pelanggan. Bahkan, yang namanya usaha akan sukses,…

3 minggu ago

Alasan dan Manfaat Memilih Lokasi / Tempat Usaha yang Strategis

Pebisnis, adalah orang cerdas, dan bijaksana, agar usahanya mampu berkembang sesuai dengan harapan. Tidak lepas dengan itu, maka kita pun…

4 minggu ago

Cara Menjalankan Nuamoorea, dan Sukses di Bisnis Amoorea

Artikel ini sebagai studi buat Anda yang ingin menjadi pebisnis. Tidak sebatas informasi peluang usaha, yang bisa dijalankan kapanpun, dan…

4 minggu ago