Categories: Tips Blogger

Penyebab Artikel Blog Tidak Terindex google dan cara Mengatasinya

Alhamdulillah. Blog masmur berbagi pengalaman tentang penyebab artikel atau postingan blog tidak terindex google, dan cara mengatasinya. Mungkin, kedatangan anda ke sini karena sedang mengalami blog yang sulit muncul di google walaupun sudah lama dibuatnya.

Jadi, janganlah sedih, dan nggak usahlah bergalau ketika anda sedang mendapat cobaan tersebut, karena saya sendiri pernah mengalaminya.

Oleh sebab itu, saya tuliskan pengalaman saya untuk anda agar blog yang sedang terkena penyakit segera sembuh, dan kembali normal. Dan, solusi agar bisa menyembuhkan blog, kita ketahui terlebih dahulu

Apa sajakah yang menyebabkan blog sulit terindex google ?

Ketika kita sudah mengetahui apa saja perkara yang menyebabkan artikel tidak muncul di google, insya Allah, bisa di atasi secepatnya.

Jujur, saya juga pernah merasa galau karena blog sangat sulit muncul di google. Padahal, semula baik-baik saja. Tapi, setelah saya selidiki apa penyebabnya, alhamdulillah, akhirnya saya mengetahui apa penyebabnya.

Pertama.. ! Blog saya terkena jingling.

Tahukah apa itu jingling ? Jingling adalah perbuatan blogger lainnya yang takut akan sukses dan Berkembangnya blog kita.

Akhirnya, mereka yang tidak mau melihatĀ  blog kita maju dan berkembang, rela melakukan cara apapun walaupun dengan cara licik, seperti jingling. Tujuan utama jingling adalah memperbanyak page view blog, namun yang mengunjungi bukanlah manusia.

Ketika blog mengalami peningkatan page view, tapi secara drastis, bisa saja karena terkena jingling. Dan, ketika itu dibiarkan, lama kelamaan blog yang terkena jingling akan dianggap spam oleh google.

Alhasil, blog susah terindex, karena pada dasarnya blog kita dianggap spam oleh google. Kemudian, bagaimana caranya mengatasi jingling ? Caranya sangat mudah, tapi akan dituliskan di bawah. Insya Allah.

Kedua. ! Penyebab blog susah terindex adalah karena terlalu berlebihan mencari backlink.

Dulu, Blog Masmur pernah terlalu berlebihan mencari backlink. Apapun cara mendapatkan backlink telah saya lakukan seperti memanfaatkan backlink redirex dari domain edu, backlink profil, berkomentar di blog dofollow dan menanam link aktif di sana.

Namun, bukan bahagia yang saya rasakan, melainkan rasa galau yang melanda. Bagaimana saya tidak galau, kalau nyatanya blog saya susah terindex google.

Tapi, kalau dipikir kembali, yang salah adalah saya. Bukan mereka yang mengajarkan untuk mendapatkan backlink seperti inilah, seperti itulah. Letak kesalahan saya karena tidak berhati-hati membaca tentang teknik seo.

Mungkin, waktu itu saya membaca artikel terbitan tahun 2.000 ke bawah. Jadi wajar saja kalau artikel blog keluaran tahun 2.000 mengajak kita melakukan spam, seperti berkomentar dan memasang link aktif di komentar blog dofollow, mencari backlink redirex domain edu, gov, dan lainnya.

Jadi, anda harus berhati-hati membaca tentang teknik seo, karena di google masih banyak artikel terbitan tahun terdahulu kala, yang pastinya tidak ada dampak positifnya ketika diterapkan pada tahun 2018.

Ingat. Tidak semua backlink mempengaruhi seo lebih baik, bahkan banyak juga backlink yang menyebabkan kualitas seo blog menjadi lebih turun. Karena, seo yang harus diutamakan adalah seo yang dilakukan di dalam blog.

Sekarang, bagaimana caranya mengatasi blog yang susah terindex google ?

Insya Allah, caranya sangat mudah, tapi harus di dasari dengan kesabaran. Karena, cara yang akan saya bagikan memerlukan waktu, dan proses agar kita merasa manfaatnya.

Pertama. Ketika blog terkena jingling, cara mengatasinya adalah mengatur robot text google.

Caranya seperti biasa. Pilihlah pengaturan, preferensi penelusuran. Monggo perhatikan gambar berikut ini.

Aktifkan robots txt khusus. Kemudian, di atur seperti berikut ini.

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: Googlebot
Allow: /
Disallow: /search
User-agent: *
Disallow: /

Sitemap: https://www.masmur.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED

Robots txt di atas ada tambahan kode yang saya berikan tanda merah. Kegunaannya kode tersebut adalah untuk mencegah robot perayap selain google.

Dalam artian. Perayap selain robot google tidak diperbolehkan. Sedangkan, jingling adalah pelaku blogger tidak bertanggung jawab dengan mengirim robot perayap.

Sehingga, page view blog meningkat secara drastis. Namun sayangnya, dampak negatifnya sangat menyesakkan hati, karena google menganggap blog kita sebagai Blog yang curang dengan melakukan cara otomatis meningkatkan page view (jingling).

Tapi tenang, insya Allah, setelah beberapa hari, jingling yang dilakukan orang lain tidak ada pengaruhnya, karena kita sudah mengatur robot.txt seperti di atas.

Cara kedua untuk mengatasi blog susah terindex karena berlebihan mencari backlink adalah tetap update artikel, atau hentikan pencarian backlink.

Percaya atau tidak, dikembalikan pada anda. Tapi, pernah saya membiarkan blog ini, dan tidak melakukan update artikel, karena bosan.

Bagaimana saya tidak bosan, ? Sedangkan sudah susah payah membuat artikel tapi tidak juga muncul di google. Padahal sudah saya submit google webmaster.

Akhirnya, waktu itu saya memutuskan berhenti update artikel di blog ini, dan menulis di blog lainnya. Tapi, setelah beberapa bulan lamanya, alhamdulillah, blog ini kembali normal.

Kesimpulannya, anda tetap update artikel, tapi berhenti memburu backlink. Atau, bisa saja dengan membiarkan sejenak terlebih dahulu. Kalau sudah normal kembali, baru melanjutkan update artikel.

Ada manfaat lainnya ketika kita berhenti sejenak, yaitu otak adem karena tidak memikirkan blog yang sedang terkena penyakit.

Jangan melakukan kopas artikel blog lainnya.

Tindakan yang sangat berbahaya adalah kopas. Dampaknya bukan hanya artikel mudah dilengserkan, tapi yang lebih bahayanya adalah blog bisa dihapus oleh google.
Tentunya, perihal ini lebih menyeramkan ketika dibanding dengan artikel yang susah terindex. Oleh sebab itu, sayangi blog dengan membuat artikel berkualitas, dan hasil murni dari ketikan sendiri.
Karena, artikel kopas, dan asli sangat berbeda. Dan, perbedaannya pun tidak hanya diketahui pengunjung, karena google juga mengetahui mana artikel asli, dan kopas.
Tentunya, google akan lebih mengutamakan artikel asli, dan mengabaikan artikel kopas. Jika anda serius mengelola blog, jangan sesekali kopas, karena menurunkan juga harga diri.
Oleh sebab itu, solusinya agar kita terhindar dari kopas artikel adalah ketika mengelola blog diniatkan untuk belajar nulis. Soy pasti, anda tidak akan doyan melakukan kopas, karena tidak membantu anda agar bisa menulis lebih baik.

Jangan mengganti template blog.

Barangkali anda sempat membaca di blog tentang cara mengatasi blog susah terindex google, mungkin pernah menjumpai blog yang menyarankan untuk mengganti template.
Tapi kebalikannya dengan saya. Menurut saya, mengganti template bukanlah solusi terbaik mengatasi permasalahan ini. Karena, ada juga blogger yang mengalami kasus yang sama, tapi alhamdulillah bisa teratasi walaupun dia tidak mengganti template.
Justru, kesannya bagaimana kalau blog sampai mengganti template. Terlebih jika pengunjung blog sudah mencapai ribuan. Tentunya, banyak pengunjung yang merasa bagaimana, ketika tau bahwa tampilan blog sudah berubah.
Intinya. Mengganti template tidak mempengaruhi permasalahan ini, karena blog ini juga tidak mengganti template. Masih menggunakan template hasil beli dari blog seocips.

Tetap semangat dan pantang menyerah apapun yang terjadi.

Kalimat tersebut sangat cocok untuk kita yang sedang galau karena blog susah terindex. Jadi, kita harus tetap semangat, karena setiap permasalahan ada jalan keluarnya.
Seperti halnya permasalahan ini, jalan keluarnya adalah dengan update artikel terus, atau bisa berhenti sejenak. Dan, kita juga mengatur robot txt seperti yang telah saya tuliskan di atas.
Dan, pada bacaan ini juga bisa dijadikan sebagai bukti, bahwa setiap permasalahan pasti ada solusinya. Jadi, solusinya agar kita tetap menjadi blogger adalah tetap semangat, dan pantang menyerah. Oke, ?.

Recent Posts

Contoh atau Kriteria Website yang Baik Untuk Bisnis Menurut Ahli

Kami akan memberikan contoh atau kriteria blog / website yang baik menurut ahli agar Anda dapat mengelola website sampai menghasilkan…

1 minggu ago

Manfaat Website Untuk Bisnis dan Sebagai Media Promosi

Alhamdulillah, kini waktunya membahasĀ manfaat website untuk bisnis dan sebagai media promosi produk atau usaha yang kita miliki. Dan, kami tanpa…

2 minggu ago

Cara Mencari Pelanggan Baru Dalam Berdagang lewat internet

Berbicara tentang cara mencari pelanggan baru dalam berdagang dan lainnya lewat internet pastinya membutuhkan teori, agar kita tidak sampai salah…

3 minggu ago

Cara Menarik / Mempertahankan Pelanggan Lama Agar Tetap Setia

Tidaklah mungkin sebuah usaha akan berjalan lancar, dan baik tanpa adanya konsumen, atau pelanggan. Bahkan, yang namanya usaha akan sukses,…

3 minggu ago

Alasan dan Manfaat Memilih Lokasi / Tempat Usaha yang Strategis

Pebisnis, adalah orang cerdas, dan bijaksana, agar usahanya mampu berkembang sesuai dengan harapan. Tidak lepas dengan itu, maka kita pun…

4 minggu ago

Cara Menjalankan Nuamoorea, dan Sukses di Bisnis Amoorea

Artikel ini sebagai studi buat Anda yang ingin menjadi pebisnis. Tidak sebatas informasi peluang usaha, yang bisa dijalankan kapanpun, dan…

4 minggu ago