Categories: Pengertian

Pengertian Kewirausahaan / Wirausaha Menurut Para Ahli

Pengertian kewirausahaan memang patut diketahui bagi siapapun, tidak terkecuali juga dengan Anda, yang tidak ada salahnya mengetahui pengertian tersebut.

Namun, kita jangan sampai salah mengartikan istilah wirausaha. Olehnya, kita harus mengetahui pengertian wirausaha menurut para ahli.

Dan, pada pertemuan kali ini tidak sekedar mengupas tentang pengertian-pengertiannya, karena akan kami uraikan juga contohnya agar lebih mudah dipahami.

Pengertian kewirausahaan menurut Thomas W Zimmerer.

Kewirausahaan adalah hasil dari suatu disiplin, proses sistematis penerapan kreativitas dan keinovasian dalam memenuhi kebutuhan dan peluang di pasar.

Entrepreneur menurut Thomas W Zimmerer (1996).

Maksudnya sedemikian. Semisal anda adalah orang yang disiplin, dan mempraktekkan ide ide baru tentang usaha, maka anda adalah wirausahawan.

Pengertian menurut Frank Knight.

Wirausahawan adalah orang yang mencoba untuk menyikapi, dan memprediksi perubahan pasar.

Dalam artian, ketika kita adalah wirausahawan, maka kita dituntut untuk menyikapi sesuatu yang berkaitan dengan usaha, dan mengetahui perubahan-perubahan pasar.

Contohnya, ketika ada sesuatu yang tidak diinginkan, maka kita harus menyikapinya dengan baik. Tidak hanya itu, kita juga harus pandai mengetahui perubahan pasar, seperti mengetahui apa saja yang diharapkan oleh masyarakat, dan lain sebagainya.

Pengertian Menurut Soeharto Prawiro.

Kewirausahaan adalah nilai yang dibutuhkan untuk memulai sebuah usaha.

Apakah anda sudah tahu apa maksudnya ?. Menurut kami, ketika kita ingin membuka usaha, maka yang tidak boleh ditinggalkan adalah komponen-komponen yang harus diketahui agar kualitas usaha memiliki nilai yang baik.

Contohnya, ketika kita akan membuka usaha warung makanan, maka kita dituntut mempunyai skill memasak yang bagus.

Kewirausahaan menurut Ahmad Sanusi.

Kewirausahaan adalah nilai yang harus diwujudkan dalam perilaku sebagai dasar tujuan, kiat, siasat, penggerak tenaga, proses, dan hasilnya.

Pemahaman kami seperti berikut. Semisal kita memiliki pikiran positif tentang usaha, maka pemikiran tersebut harus dipraktekkan, dan dijadikan sebagai dasar tujuan usaha, agar memperoleh hasil yang diinginkan.

Wirausaha menurut Kathleen.

Kewirausahaan adalah mereka yang menjalankan, mengatur, dan berani mengambil resiko dari usaha yang dijalankan.

Melihat pengertian di atas, maka bisa disimpulkan bahwa wirausahawan adalah orang yang membuka usaha, dan memegang kendali, serta bertanggung jawab.

Tidak hanya itu, kita juga harus berani mengambil resiko. Dalam artian, apapun yang akan terjadi, kita harus tetap berani mencobanya, dan jangan takut dengan kegagalan.

Menurut Peter F Drucker.

Kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan, ataupun membuat sesuatu yang baru, dan tentunya berbeda.

Jika kita memandang dari pengertian tersebut, maknanya seolah sangat umum, dan luas. Jadi, ketika kita mampu menciptakan sesuatu yang baru, maka kita adalah wirausahawan.

Apapun itu yang diciptakan. Baik menciptakan sesuatu yang tidak ada hubungannya dengan usaha, maka kita tetap dikatakan sebagai wirausaha.

Tapi, yang dimaksud bukanlah seperti itu. Tentunya, ketika mau dikatakan sebagai wirausaha, kita harus menciptakan sesuatu yang baru, dan tentunya masih berhubungan dengan pekerjaan ataupun usaha.

Menurut Kasmir.

Bapak Kasmir mengartikan wirausaha adalah mereka yang berjiwa pemberani, dan tentunya berani juga mengambil resiko untuk membuat usaha di berbagai kesempatan.

Kami sangat setuju dengan pengertian di atas. Buat apa jika kita hanya memiliki ide cemerlang untuk mengelola usaha, namun takut memulainya dengan berbagai alasan.

Pastinya, ide cemerlang tersebut tidak ada artinya, bahkan bisa saja membuat kita tenggelam dalam khayalan yang indah, apabila tidak berani mewujudkan, atau empraktekkannya.

Maka dari itu, pokok utama menjadi pengusaha adalah keberanian, dan pandai memanfaatkan kesempatan yang ada.

Menurut Raymond.

Bapak Raymond mengartikan wirausaha adalah seseorang yang memiliki inovatif, kreatif, dan pastinya mewujudkannya agar mencapai kesejahteraan diri di lingkungan, dan masyarakat.

Jadi, salah satu upaya agar kita menjadi wirausaha yaitu harus inovatif, dan kreatif. Namun, bermodalkan inovatif, dan kreatif tidaklah mungkin menjadi pengusaha atau wirausahawan, kalau kita tidak mempraktekkan ke dalam dunia usaha.

Contoh yang sederha adalah : semisal kita kreatif dalam memanfaatkan kaleng bekas untuk dijadikan sebagai Asbak. Jadi, kita harus memanfaatkan perihal itu sebagai usaha.

Kita bisa menjual Asbak tersebut, dan jangan hanya dijadikan sebagai hiasan rokok. Intinya, kita harus kreatif, dan inovatif agar menjadi pengusaha.

Menurut Drs. Joko Untoro.

Drs. Joko Untoro mengatakan atau mengartikan kewirausahaan adalah keberanian melakukan sesuatu untuk kebutuhan hidup, dan berdasarkan dari kemampuan yang dimilikinya.

Kalau yang ini kiranya tidak perlu kami berikan contohnya, karena sudah sangat jelas. Kesimpulannya, kita harus memanfaatkan kemampuan yang kita miliki untuk membangun usaha.

Menurut Eddy Soeryanto Soegoto.

Bapak Eddy Soeryanto Soegoto mengartikan wirausahawan adalah usaha kreatif yang tidak lepas dari inovasi guna menghasilkan sesuatu yang baru.

Dari tadi kita sudah membahas tentang inovasi. Dengan begitu, tidak ada salahnya jika kita mengetahui juga tentang pengertian inovasi.

Perhatikan gambar tersebut, dan di sana sudah dipaparkan secara jelas tentang inovasi, yaitu penemuan baru dan tentunya berbeda dari sesuatu yang sudah ada

Maka dari itu, jika kita kreatif yang didasari inovasi, dan dapat dijadikan sebagai usaha, maka kita adalah wirausahawan.

Untuk contohnya, sudah kami paparkan di atas. Kiranya cukup sekian dari kami, dan mohon maaf apabila ada kesalahan makna yang kami tuliskan.

Membahas kaitan wirausaha usaha dagang yang baik dan menguntungkan.

Sebenarnya tidak sedikit pekerjaan yang berhubungan dengan wirausaha. Namun, karena keterbatasan waktu kami hanya mengulas jenis wirausaha berupa usaha dagang.

Kenapa kami sampaikan juga yang ini, ? Karena, wirausaha perdagangan sudah sangat familiar dimasyarakat kita. Namun, apakah mereka yang membangun usaha perdagangan sudah tentu mengetahui caranya yang benar, ?

Menurut kami, mereka yang mengelola usaha dagang belum tentu mengetahui cara perdagangan yang benar, dan menguntungkan.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika anda membaca tips usaha dagang yang baik dan menguntungkan dalam jangka panjang, dan semoga bermanfaat dunia Akhirat.

Disqus Comments Loading...
Share

Recent Posts

Contoh atau Kriteria Website yang Baik Untuk Bisnis Menurut Ahli

Kami akan memberikan contoh atau kriteria blog / website yang baik menurut ahli agar Anda dapat mengelola website sampai menghasilkan…

1 bulan ago

Manfaat Website Untuk Bisnis dan Sebagai Media Promosi

Alhamdulillah, kini waktunya membahas manfaat website untuk bisnis dan sebagai media promosi produk atau usaha yang kita miliki. Dan, kami tanpa…

1 bulan ago

Cara Mencari Pelanggan Baru Dalam Berdagang lewat internet

Berbicara tentang cara mencari pelanggan baru dalam berdagang dan lainnya lewat internet pastinya membutuhkan teori, agar kita tidak sampai salah…

2 bulan ago

Cara Menarik / Mempertahankan Pelanggan Lama Agar Tetap Setia

Tidaklah mungkin sebuah usaha akan berjalan lancar, dan baik tanpa adanya konsumen, atau pelanggan. Bahkan, yang namanya usaha akan sukses,…

2 bulan ago

Alasan dan Manfaat Memilih Lokasi / Tempat Usaha yang Strategis

Pebisnis, adalah orang cerdas, dan bijaksana, agar usahanya mampu berkembang sesuai dengan harapan. Tidak lepas dengan itu, maka kita pun…

2 bulan ago

Cara Menjalankan Nuamoorea, dan Sukses di Bisnis Amoorea

Artikel ini sebagai studi buat Anda yang ingin menjadi pebisnis. Tidak sebatas informasi peluang usaha, yang bisa dijalankan kapanpun, dan…

2 bulan ago