Cara Meyakinkan Konsumen Mengenai Keunggulan Produk agar Membeli

Menjadi pedagang seharusnya mengetahui cara meyakinkan konsumen mengenai keunggulan produk agar mereka tetap membeli produk yang kita miliki.

Untuk itu, akan kami uraikan beberapa tips untuk menyakinkan para pelanggan supaya mereka tidak ragu untuk membeli produk yang kita tawarkan, dan diantaranya adalah

Berbicara yang mudah dipahami oleh para konsumen.

Pertama yang harus kita lakukan agar para konsumen yakin dengan produk kita, adalah dengan mengolah kalimat yang mudah dipahami.

Dan, kalimat yang baik menurut orang yang berpendidikan belum tentu juga mudah dipahami oleh para konsumen. Olehnya, kita sebagai produsen nggak harus menggunakan bahasa intelek, karena bahasa semacam itu belum tentu dimengerti oleh pelanggan.

Jadi, solusinya adalah mengolah kalimat yang runtut, rapih, dan tidak membingungkan. Cukup menggunakan bahasa yang sederhana, dan nggak perlu bahasa yang intelek, dan asing bagi mereka.

Harus mengetahui produk yang kita miliki agar bisa memberikan penjelasan yang lebih perinci.

Apabila kita menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh para konsumen, kiranya kurang cukup jika kita tidak memberikan penjelasan yang lebih kepada para konsumen.

Maka dari itu, terlebih dahulu kita harus mengetahui dan memahami produk yang kita miliki, agar bisa menjelaskan secara lengkap, dan memahamkan mereka.

Sebagai contohnya. Semisal Anda menjual Celana. Maka, sudah menjadi keharusan bagi Anda mengetahui bahan dasarnya, manfaat, dan kekurangannya celana tersebut supaya Anda dapat menjelaskan, dan tentunya menarik perhatian mereka untuk order.

Tips berikutnya adalah tetap jujur, dan jangan berbicara yang besar.

Tentunya, Anda sudah tahu apa yang kami maksudkan di atas, ? Yang kami maksudkan adalah berbicara apa adanya dan jangan membohongi mereka.

Kami sampaikan ini karena tidak sedikit para pedagang yang terlalu memuji produknya agar dibeli. Alhasil, para pedagang tersebut rela membohongi demi produknya terjual.

Namun, jika Anda melakukan hal yang sama, yaitu membohongi para konsumen, maka jangan heran apabila suatu saat banyak orang yang tidak mau lagi melakukan order. Kiranya, pembahasan ini sangatlah jelas, dan kesimpulannya adalah tetap menjaga kejujuran.

Memberikan bukti nyata kepada para konsumen.

Di atas sudah kita bahas tentang kejujuran, dan kini tentang pembuktian atas keunggulan produk yang kita miliki.

Sebetulnya, banyak cara yang bisa kita lakukan agar para konsumen dapat meyakini atas kualitas produk. Namun, tidak semua pedagang mengetahui caranya.

Maka dari itu, akan kami berikan saran untuk Anda, agar para konsumen mempercayai kualitas produk, dan diantaranya adalah memberikan Testimoni.

Testimoni adalah salah satu cara untuk meyakinkan para konsumen, dan ini biasa dilakukan oleh para pebisnis. Sebagai contohnya, dan supaya Anda memahami apa yang kami maksudkan, coba perhatikan gambar berikut.

Gambar tersebut kami ambil dari blog-nya Mas Sugeng.

Mas Sugeng termasuk Blogger Indonesia yang senior. Dan, salah satu bisnis yang Dia lakukan adalah menjual template atau tema Blogger.

Olehnya, Mas Sugeng mencantumkan testimoni pengguna di blog-nya itu. Tujuannya tidak lain yaitu untuk meyakinkan calon konsumen agar tetap membeli, dan yakin atas kualitas template yang dibuat oleh Mas Sugeng adalah kualitas terbaik.

Maka dari itu, kesimpulannya adalah mencantumkan testimoni konsumen lainnya agar calon konsumen yakin, dan percaya akan produk yang kita miliki adalah produk berkualitas baik.

Kita harus berani mempersilahkan kepada konsumen untuk membandingkan produk.

Setelah kita membuktikan atas kelebihan produk yang kita miliki, langkah berikutnya adalah mempersilahkan mereka untuk membandingkan produk kita dengan produknya orang lain.

Perihal ini seringkali kami jumpai.

Jadi, seandainya Anda adalah orang yang menjual pakaian, langkah cerdas yang harus Anda lakukan adalah berani membandingkan kualitas produk pakaian yang Anda miliki, dengan kualitas pakaian pedagang lainnya.

Dengan begitu, mereka calon konsumen terpikat, dan tidak menutup kemungkinan langsung melakukan order.

Tapi ingat… ! Kita jangan menjelek-jelekkan produk pakaian pedagang lainnya.

Karena, kita adalah pebisnis yang profesional.

Kita harus berani memberikan Garansi.

Bagaimana mereka mudah mempercayai dengan apa yang kita ucapkan, kalau kita sendiri tidak mau memberikan garansi kepada mereka, ?.

Jujur… ! Kami pribadi ingin memberikan kualitas terbaik, dan tidak ingin mengecewakan orang lain.

Dan, salah satu faktor yang menyebabkan para konsumen kecewa adalah karena tidak puas, dan kecewa dengan produk yang dibelinya.

Maka dari itu, untuk mengobati atau menghilangkan kekecewaan konsumen, kita bisa memberikan garansi. Insya Allah, jika produk kita ada garansinya, suatu saat pelanggan kita akan semakin bertambah.

Kita harus menerima kritik, dan saran dari konsumen.

Tips yang tidak kalah pentingnya adalah sikap berani untuk menerima kritikan, dan saran dari para konsumen.

Pernahkah Anda menjumpai pedagang yang tidak mau dikritik, dan marah ketika disinggung, ?.

Jika pernah menjumpai pedagang yang semacam itu, Anda jangan pernah mengikuti jejaknya.

Kita sebagai pedagang atau pebisnis yang baik, bijaksana, dan profesional, sepatutnya menerima kritik dan saran. Bahkan, seharusnya kita merasa senang apabila ada kritikan, dan saran karena itu mampu memperbaiki kekurangan-kekurangan yang kita miliki.

Kita harus mempunyai prinsip menjadi pedagang yang baik.

Bagaimana ceritanya kita menjadi pedagang sukses Dunia dan Akhirat, kalau kita sendiri tidak memiliki prinsip yang baik ?.

Berbicara tentang pedagang yang baik, maka mencakup dari sikap pribadi, dan tentunya lebih luas penjelasannya. Oleh sebab itu, silahkan baca cara dagang yang baik, dan yang menguntungkan.

Semoga bacaan tersebut menambah ilmu, dan manfaat untuk kita semua. Dan, percuma saja menjadi pebisnis yang banyak uangnya, namun dengan cara yang kurang baik.

Menentukan atau memilih merek produk yang berkualitas.

Salah satu upaya agar konsumen yakin akan produk adalah memilih merek yang sudah terkenal, dan tentunya berkualitas.

Jadi, ketika dagang pakaian, yang harus Anda lakukan adalah milih merek yang berkualitas seperti Gucci, Prada dan lain sebagainya.

Memilih merek produk yang asli.. ( Tidak Bajakan).

Kemungkinan besar, Anda pernah menjumpai toko yang mana produknya tidaklah asli. Dan, kemungkinan juga tujuan mereka yang menjual produk sedemikian itu karena harganya yang lebih murah.

Tapi, berhubung yang Anda inginkan adalah keunggulan sebuah produk, maka Anda tidak boleh menjual produk bajakan.

Dengan begitu, Anda lebih yakin, dan lebih percaya diri memberi tahukan kepada calon pelanggan bahwa produk yang Anda miliki adalah produk Asli.

Demikian yang dapat kami sampaikan, dan semoga berguna, bermanfaat, dan menambahkan pengetahuan. Kami ucapkan terimakasih karena sudah berkunjung, dan silahkan memberikan kritikan, dan saran melalui kolom komentar.

Recent Posts

Contoh atau Kriteria Website yang Baik Untuk Bisnis Menurut Ahli

Kami akan memberikan contoh atau kriteria blog / website yang baik menurut ahli agar Anda dapat mengelola website sampai menghasilkan…

1 minggu ago

Manfaat Website Untuk Bisnis dan Sebagai Media Promosi

Alhamdulillah, kini waktunya membahas manfaat website untuk bisnis dan sebagai media promosi produk atau usaha yang kita miliki. Dan, kami tanpa…

2 minggu ago

Cara Mencari Pelanggan Baru Dalam Berdagang lewat internet

Berbicara tentang cara mencari pelanggan baru dalam berdagang dan lainnya lewat internet pastinya membutuhkan teori, agar kita tidak sampai salah…

3 minggu ago

Cara Menarik / Mempertahankan Pelanggan Lama Agar Tetap Setia

Tidaklah mungkin sebuah usaha akan berjalan lancar, dan baik tanpa adanya konsumen, atau pelanggan. Bahkan, yang namanya usaha akan sukses,…

3 minggu ago

Alasan dan Manfaat Memilih Lokasi / Tempat Usaha yang Strategis

Pebisnis, adalah orang cerdas, dan bijaksana, agar usahanya mampu berkembang sesuai dengan harapan. Tidak lepas dengan itu, maka kita pun…

4 minggu ago

Cara Menjalankan Nuamoorea, dan Sukses di Bisnis Amoorea

Artikel ini sebagai studi buat Anda yang ingin menjadi pebisnis. Tidak sebatas informasi peluang usaha, yang bisa dijalankan kapanpun, dan…

4 minggu ago