Cara Menemukan dan Mengetahui Usaha yang Cocok Untuk Kita

Kecocokan mampu membuat semuanya lebih terasa sempurna. Tidak hanya dalam dunia percintaan yang harus ada rasa cocok, dan nyaman satu diantara lainnya, agar hubungan mereka indah, dan tentunya bahagia.

Terlebih, dalam urusan bisnis, yang tentunya juga harus ada kecocokan dari orang yang akan mengelolanya.

Maka dari itu, kami siapkan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin dapat membantu Anda untuk mengetahui usaha mana yang kiranya tepat dijalankan dalam jangka panjang.

1. Seberapa besar keinginan Anda menjadi pengusaha ?.

Sesuatu yang anda impi-impikan bisa tercapai, dan sukses tergantung juga oleh keinginan yang ada dihati. Bahkan, para pebisnis besar berawal dari keinginannya yang terbang melambung tinggi.

Sebab itulah kami tanyakan “Seberapa besar keinginan Anda menjadi pengusaha ?” Dan, pertanyaan tersebut hanya Anda yang tahu jawabannya.

Asal anda tahu… !

Jika anda berkeinginan kuat untuk menjalankan usaha yang sudah direncanakan, maka hati anda tetap kuat, dan sabar kalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Itulah hebatnya keinginan atau cita-cita yang besar.

2. Apakah anda tidak merasa terpaksa saat menjalankannya ?

Pertanyaan berikutnya adalah “Apakah anda tidak merasa terpaksa saat menjalankannya ?”

Coba perhatikan sejenak perasaan anda ketika sedang mengelola usaha tertentu. Yang anda perhatikan, apakah anda senang, dan tidak merasa terbebani saat mengelola usaha tersebut, ?

Jika senang, dan tidak terbebani, maka bisa disimpulkan bahwa usaha tersebut cocok untuk Anda. Dengan begitu, cobalah untuk mengembangkannya.

3. Ketahui bakat, dan keilmuan anda dalam bidang usaha yang akan dikelola.

Selanjutnya, ketahuilah bakat, dan kemampuan Anda. Jika anda merasa cukup paham, dan menguasai dengan usaha yang telah direncanakan, maka artinya, usaha tersebut tepat buat Anda, dan silahkan dicoba.

Perlukah kami memberikan contohnya, ? Jika perlu, berikut adalah contohnya.

Jujur,,kami merasa cukup mengetahui pengetahuan tentang dunia internet, seperti website, dan lain sebagainya. Walaupun pengetahuan tersebut masih secuil, tapi setidaknya kami sudah merasa cukup.

Maka dari itu, kami mengelola website sederhana, dan bertujuan untuk dijadikan salah satu bisnis online kami. Dan, kami yakin bisa sukses bareng website ini, dan kami tidak merasa terbebani saat mengelolanya. Alhamdulillah. Semoga kita menjadi pengusaha yang sukses dunia, dan akhirat. Aamiin Ya Allah.

Kiranya, Anda perlu menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah sebelum memutuskan menjadi pengusaha. !

Sebenarnya, tiga pertanyaan di atas sudah lebih dari cukup guna membantu Anda untuk mengetahui usaha yang tepat, dan tentunya cocok.

Namun, ada beberapa pertanyaan lagi yang perlu dijawab sebelum Anda memutuskan menjadi pengusaha, dan diantaranya adalah ;

1. Apakah Anda yakin menjadi pengusaha ?.

Hehehe,,,, pertanyaan yang cukup panas.

Jujur, kami nggak yakin kalau Anda mantap untuk menjadi pengusaha.

Pengusaha itu tidak mudah, dan payah. perlu pengorbanan, dan perjuangan yang luarbiasa. Pengusaha harus menjadi sosok orang yang kuat, dan pemberani.

Jika hati anda tidak sekuat baja, dan penakut, lebih baiknya mencari pekerjaan saja. Tidak usah menjadi pengusaha atau pebisnis.

Kenapa, ?

Karena, masih banyak pertanyaan-pertanyaan yang harus Anda jawab, dan berikut adalah pertanyaan-pertanyaanya.

2. Apakah anda siap melalui proses yang panjang ?.

Berbicara tentang proses, pastinya tidak lepas dari waktu. Waktu untuk memperoleh untung dalam dunia bisnis tidaklah singkat, dan bahkan sangat panjang.

Sangat jauh berbeda ketika kita menjadi pegawai, atau bekerja di kantor, pabrik, maupun lainnya. Karena, setelah diterima bekerja di sana, kita hanya membutuhkan waktu sebulan untuk mendapatkan untung atau gaji.

Akan kami berikan contoh yang sangat sederhana agar Anda percaya dengan kalimat yang telah kami ucapkan.

Tahukah anda salah satu penghasilan orang yang mengelola website, ? Salah satu jalan yang mereka lakukan untuk mendapatkan uang dari websitenya adalah dari google adsense, menjual ebooks, menawarkan jasa, dan lain sebagainya.

Penghasilan mereka sangat bervariasi. Ada yang memperoleh penghasilan dua juta setiap bulannya. Bahkan, ada juga yang memperoleh penghasilan sampai puluhan juta setiap bulannya. Waaaawwww… Luarbiasa….

Tapi, apakah anda tahu berapa lama mereka menunggu websitenya bisa memperoleh untung, ?

Untuk waktunya juga sangat bervariasi.

Ada yang menunggu 8 bulan, baru bisa mendapat penghasilan tetap setiap bulannya. Dan, banyak juga yang menunggu lebih dari 8 bulan, dan salah satu contohnya adalah kami.

Haaaaaaa… Lamanya,,, bukan main.

Bahkan, kami belum pernah mendapat penghasilan, walaupun hampir satu tahun mengelola website, dan google adsense. Hehehe.. Tapi, kami tetap semangat.

3. Apakah Anda siap menghadapi kegagalan ?

Kegagalan….. Apakah anda takut dengan kegagalan usaha, takut mencoba, dan takut bangkrut ?. Jika anda takut, maka solusinya adalah jangan menjadi pengusaha.

Kegagalan sangat akrab dalam dunia usaha. Kegagalan bagai makanan lezat yang siap dinikmati, apabila Anda yakin menjadi pengusaha.

Sudah kami singgung di atas bahwa pengusaha haruslah berani. Berani melalui rintangan, dan berani menghadapi kegagalan. Namun, kegagalan yang sesungguhnya adalah orang yang berhenti, dan tidak mau mencoba kembali. Itulah kegagalan yang sejati.

4. Seberapa besar minat masyarakat dengan usaha Anda ?.

Langkah cerdas yang harus Anda praktekkan agar usaha mampu melambung sukses adalah mengetahui keinginan, dan yang dibutuhkan masyarakat.

Maka dari itu, jangan sembarangan membuat usaha, karena belum tentu masyarakat sekitar tertarik dengan produk yang ada didalam usaha anda. Jadi, kesimpulannya adalah perhatikan, dan mengetahui terlebih dahulu apa yang dibutuhkan masyarakat.

5. Bisakah Anda mengelola usaha ke jalur yang benar ?.

Ini perlu kami sampaikan, karena tidak sedikit masyarakat yang lupa dengan kewajiban, seperti sholat lima waktu, berpuasa ramadhan, dan lain sebagainya hanya karena kesibukannya mengelola bisnis.

Semoga saja kita tetap menjalankan, dan mengutamakan kewajiban walaupun sibuk dengan usaha. Jadi, lebih baiknya anda mencari usaha lainnya, jika usaha tersebut melalaikan, dan melupakan anda kepada Tuhan yang Maha Kuasa.

6. Apakah anda punya rencana membangun usaha yang dikelola bersama teman, atau sendirian ?.

Pertanyaan tersebut perlu juga dibahas, karena ada pertimbangan-pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum anda mengajak teman untuk berusaha bareng.

Begitupun pula, jika anda merencanakan mengelola usaha hanya sendirian, yang pastinya harus ada pertimbangan yang matang. Dan, apakah yang harus Anda pertimbangkan, ?

Yang harus dipertimbangkan adalah mengetahui kelebihan, dan kekurangannya usaha sendirian, dan usaha yang dikelola secara kelompok.

Supaya lebih jelasnya, bisa dibaca pada postingan berikut ; “Apa saja kelebihan, dan kekurangannya usaha sendirian, dan kelompok ?.” Monggo baca, dan semoga bermanfaat.

7. Apakah anda pernah berpengalaman mengelola usaha sendiri ?.

Mohon maaf kalau pertanyaan tersebut terlihat sepele, dan nggak penting.

Tapi, ada manfaatnya juga kalau tetap kami sampaikan, seperti memberikan motivasi, atau semangat kepada Anda.

  1. Jika anda pernah berpengalaman mengelola usaha, dan pas kebetulan pernah gagal, maka kegagalan tersebut jadikanlah pengalaman yang akan mengantarkan anda menuju kesuksesan.
  2. Jika anda belum pernah mendirikan usaha, maka jangan takut mencobanya, karena orang penakut tidak cocok menjadi pengusaha.
8. Apakah Anda sudah mempersiapkan modal yang cukup ?.

Apakah semua jenis usaha harus melulu mengeluarkan modal berupa uang, ?

Tidak… !

Maksudnya, masih banyak bisnis yang tidak harus mengeluarkan modal finansial, seperti menjual produknya orang lain, menjadi blogger yang mengelola blog gratisan, dan masih banyak lagi lainnya.

Namun, berhubung yang Anda maksudkan adalah usaha di dunia nyata, yang kebanyakan harus bermodal uang, maka kelolalah uang tersebut sebaik-baiknya, agar Anda tidak kehabisan bahan bakar di tengah perjalanan.

Recent Posts

Contoh atau Kriteria Website yang Baik Untuk Bisnis Menurut Ahli

Kami akan memberikan contoh atau kriteria blog / website yang baik menurut ahli agar Anda dapat mengelola website sampai menghasilkan…

1 minggu ago

Manfaat Website Untuk Bisnis dan Sebagai Media Promosi

Alhamdulillah, kini waktunya membahas manfaat website untuk bisnis dan sebagai media promosi produk atau usaha yang kita miliki. Dan, kami tanpa…

2 minggu ago

Cara Mencari Pelanggan Baru Dalam Berdagang lewat internet

Berbicara tentang cara mencari pelanggan baru dalam berdagang dan lainnya lewat internet pastinya membutuhkan teori, agar kita tidak sampai salah…

3 minggu ago

Cara Menarik / Mempertahankan Pelanggan Lama Agar Tetap Setia

Tidaklah mungkin sebuah usaha akan berjalan lancar, dan baik tanpa adanya konsumen, atau pelanggan. Bahkan, yang namanya usaha akan sukses,…

3 minggu ago

Alasan dan Manfaat Memilih Lokasi / Tempat Usaha yang Strategis

Pebisnis, adalah orang cerdas, dan bijaksana, agar usahanya mampu berkembang sesuai dengan harapan. Tidak lepas dengan itu, maka kita pun…

4 minggu ago

Cara Menjalankan Nuamoorea, dan Sukses di Bisnis Amoorea

Artikel ini sebagai studi buat Anda yang ingin menjadi pebisnis. Tidak sebatas informasi peluang usaha, yang bisa dijalankan kapanpun, dan…

4 minggu ago