Cara Menarik / Mempertahankan Pelanggan Lama Agar Tetap Setia

Tidaklah mungkin sebuah usaha akan berjalan lancar, dan baik tanpa adanya konsumen, atau pelanggan.

Bahkan, yang namanya usaha akan sukses, atau tidak tergantung pada konsumen.

Jika konsumennya sudah banyak, banyak kemungkinan akan sukses, dan anda jangan bermimpi akan sukses, kalau pelanggannya masih bisa dihitung dengan jumlahnya jari tangan.

Maka dari itu,,,

Mari kita memperbanyak konsumen, dan menjadikan mereka sebagai pelanggan setia, dengan melakukan tips-tips berikut.

1. Anda harus mementingkan kualitas pelayanan.

Kualitas pelayanan turut berperan penting akan sukses, dan tidaknya usaha, yang Anda kelola. Jika kualitas pelayanan, yang anda miliki cukup baik, maka besar kemungkinan yang Anda dapatkan, adalah kesuksesan.

Begitupun sebaliknya….

Anda jangan terlalu berharap menjadi pengusaha sukses, kalau Anda sendiri tidak mampu memberikan kualitas pelayanan, yang menyenangkan pelanggan.

Kemudian, bagaimana caranya mengetahui kalau pelayanan Anda sudah baik, ?

Caranya cukup mudah, yaitu perhatikan saat mereka mengucapkan

Jika raut wajah mereka senyum, dan kelihatannya senang ketika mengucapkan “Terimakasih”, maka bisa disimpulkan bahwa pelayanan Anda cukup baik, dan memuaskan.

Satu lagi,,, Anda jangan mudah emosi.

Kenapa, ?

Karena, Anda harus siap kehilangan banyak pelanggan, ketika Anda termasuk orang, yang emosional.

2. Anda harus mengutamakan kualitas produk.

Tahukah Anda, bahwa tidak semua orang mempunyai prinsip

“Yang penting murah, Yang penting makan, Yang penting bisa dipakai, dan Yang penting baru.”

Asal anda tahu…! Banyak juga diantara kita yang berprinsip

“Yang penting kualitas produk terjamin, dan memuaskan.”

Maka dari itu, Anda jangan sembarangan membuat, atau memilih produk, jika tidak ingin kehilangan pelanggan.

Kenapa yeah, mereka lebih memilih produk yang berkualitas baik, ? Bukankah, produk murahan lebih ngirit, ?

Jawabannya, karena mereka pandai menghitung, dan ahli mempertimbangkan sesuatu menjadi lebih baik.

Sebagai contohnya, coba Anda membeli smartphone, yang murahan, dan tidak berkualitas.

Kami yakin, Anda tidak akan bertahan lama menggunakannya, karena berbagai alasan, seperti mudah mati, cahaya layar membuat mata sakit, loading internet sangat lambat, bahkan bisa saja mudah rusak.

Jadi, besar kemungkinan Anda membeli smartphone baru, yang lebih baik. Dan, perihal itu tentunya menjadikan anda lebih boros.

Tapi mereka yang pandai menghitung, dan cerdas mempertimbangkan sesuatu menjadi lebih baik, tidaklah mungkin membeli produk murahan, karena produk murahan justru membuat mereka lebih boros.

3. Anda harus mempertimbangkan harganya.

Apakah produk berkualitas baik haruslah mahal harganya, ?

Tidak juga,,, karena di sana banyak produk berkualitas baik, namun dengan harga, yang tetap terjangkau.

Jika hari gini lebih mengutamakan keuntungan yang besar, maka Anda jangan bermimpi punya banyak pelanggan, yang setia. Jadi, mulai sekarang anda harus berprinsip

“Tidak apa mendapat untung sederhana, dan yang penting banyak pelanggan.”

Dan, anda termasuk pebisnis yang cerdas, jika memiliki prinsip seperti itu. Semoga berhasil, dan sukses dunia, akhirat.

4. Sesekali membuat diskon harga.

Anda sudah tahu keuntungan memberikan diskon adalah menarik konsumen. Kami contohkan satu perusahaan hosting Niagahoster yang seringkali membuat diskon agar pelanggannya semakin bertambah.

Gambar di atas kami ambil langsung dari website Niagahoster, dan sebagai contohnya.

Akan tapi, jangan terlalu sering memberikan diskon, karena yang dikhawatirkan akan rugi, dan, diskon hanya sebagai penarik konsumen, atau pelanggan.

5. Jangan pelit, dan bantu mereka saat kesulitan.

Anda pernah menjumpai pelanggan datang dan minta bantuan, seperti meminjam uang, ?

Bagaimana tanggapan Anda ketika seperti itu, ?

Apakah anda sungkan membantu mereka, ? Jika anda sungkan membantu, walaupun kenyataannya anda bisa membantu, maka anda jangan berharap lebih kalo dia akan menjadi pelanggan yang loyal, atau seti.

Namun, jika Anda membantu seseorang, jangan karena ingin mendapatkan banyak pelanggan. Niatkan saja untuk saling membantu sesama, dan ikhlas karena Allah Swt.

Dengan begitu, Anda akan mendapatkan dua kebaikan. Pertama, kebaikan di dunia, dan yang kedua kebaikan di akhirat. Insya Allah.

6. Mempersilahkan mereka untuk memberi kritikan, dan saran.

Pebisnis yang profesional, adalah orang yang tidak pernah merasa dirinya selalu benar. Hingga akhirnya mereka selalu ingin dikritik, agar mengetahui apa saja kekurangan yang ada didalam usahanya.

Oleh sebab itu, Anda harus senang apabila ada orang yang memberikan kritik, karena hal itu memberikan pengetahuan, yang baru. Jadi, anda akan tahu apa saja yang harus diperbaiki, dan ditambah untuk menyempurnakan kekurangan yang ada.

7. Anda harus bersikap baik, walaupun tidak di lokasi pekerjaan.

Masyarakat tidak hanya menilai anda saat bekerja. Di lingkungan masyarakat juga, Anda dinilai oleh mereka.

Apabila anda terkenal baik, jujur, dan sopan, tentunya hal itu akan menambah point kebaikan, dan besar kemungkinan anda dapatkan banyak pelanggan setia, karena mereka telah mempercayai Anda.

Begitupun sebaliknya…

Sulit kami percayai jika Anda mampu mempertahankan kesetiaan pelanggan, kalau anda sendiri terkenal sebagai orang pembohong, tidak sopan, dan berprilaku semaunya.

8. Meyakinkan konsumen mengenai keunggulan produk, yang Anda miliki.

Naaahhhh,,,,, ini juga sangat perlu Anda pelajari, agar mereka tertarik untuk melakukan pembelian.

Namun, tidak semua orang tahu caranya agar para konsumen yakin, dan percaya akan kualitas produk, yang mereka miliki.

Olehnya, jangan lewatkan pengetahuan atau tips meyakinkan konsumen, agar mau membeli produk yang kita tawarkan. Semoga bermanfaat, dan salam sukses.

Bagaimana cara menghadapi konsumen, atau pelanggan yang komplain ?.

Masih berhubungan dengan konsumen. Kita tahu, yang namanya usaha tidak selalu berjalan mulus. Terkadang manis, terkadang pahit, dan terkadang kecut.

Rasa pahit yang kita rasakan bisa saja, karena kesalahan yang dilakukan kita pribadi, hingga banyak pelanggan yang komplain. Akan tapi, Anda jangan khawatir, karena kami bagikan tips menghadapi situasi seperti itu, dan diantaranya adalah ;

1. Hadapi mereka dengan kepala dingin.

Kekecewaan yang dirasakan konsumen, hingga mereka komplain, terkadang disampaikan dengan emosi. Tapi, anda harus cerdas, dan jangan dilayani dengan emosi.

Tetap hadapi permasalahan itu dengan kepala dingin, meskipun saat mereka komplain diungkapkan dengan keadaan marah. Beginilah solusi cerdas yang patut Anda praktekkan.

2. Dengarkan, dan simak dengan baik apa yang mereka omongin.

Masih berhubungan dengan pembahasan di atas. Solusi tepat agar kita mampu menyelesaikan masalah tanpa masalah adalah hadapi permasalahan dengan santai.

Dengan begitu, anda mudah memahami, dan mendengarkan apa yang mereka keluhkan. Dan, hal ini sangat menguntungkan, karena anda akan tahu dimana letak kesalahan Anda.

3. Anda harus fokus dengan permasalahan.

Fokus berperan besar untuk menyelesaikan sesuatu yang sedang Anda hadapi. Baik itu tantangan, pelajaran, dan lain sebagainya akan sukses teratasi jika Anda fokus.

Terlebih, jika yang sedang Anda hadapi, adalah permasalahan. Maka dari itu, fokuslah saat menyelesaikannya.

4. Yang terakhir adalah minta maaf, dan memberikan solusi tanpa masalah.

Langkah cerdas yang selanjutnya adalah meminta maaf, dan memberikan solusinya, karena minta maaf belum tentu menyelesaikan masalah.

Walaupun terkadang sangat berat untuk minta maaf, tapi Anda jangan pernah sedemikian demi keberlangsungan usaha, dan demi menjaga hubungan sesama manusia agar tetap baik.

Tips tambahan, yaitu mencari pelanggan lewat internet.

Meskipun dunia internet, seperti google, facebook, dan situs jual beli online adalah media pengembangan usaha, bukan unsur utama sukses, dan tidaknya sebuah usaha, tapi kita patut mencoba mencari pelanggan lewat internet.

Kenapa, ?

Karena, yang namanya internet bukan lagi makhluk asing bagi masyarakat. Bahkan, hampir semua masyarakat memanfaatkan internet guna kebutuhan sehari-hari, dan bisnis.

Olehnya, Anda patuh membaca, dan mempraktekkan tips mendapatkan pelanggan baru lewat internet, agar perkembangan usaha Anda lebih pesat, dan lebih hebat.

Demikian, yang dapat kami sampaikan, dan mohon kritik, dan saran agar kami tahu dimana letak kekurangannya artikel ini. Terimakasih banyak.

Disqus Comments Loading...

Recent Posts

Contoh atau Kriteria Website yang Baik Untuk Bisnis Menurut Ahli

Kami akan memberikan contoh atau kriteria blog / website yang baik menurut ahli agar Anda dapat mengelola website sampai menghasilkan…

2 bulan ago

Manfaat Website Untuk Bisnis dan Sebagai Media Promosi

Alhamdulillah, kini waktunya membahas manfaat website untuk bisnis dan sebagai media promosi produk atau usaha yang kita miliki. Dan, kami tanpa…

2 bulan ago

Cara Mencari Pelanggan Baru Dalam Berdagang lewat internet

Berbicara tentang cara mencari pelanggan baru dalam berdagang dan lainnya lewat internet pastinya membutuhkan teori, agar kita tidak sampai salah…

3 bulan ago

Alasan dan Manfaat Memilih Lokasi / Tempat Usaha yang Strategis

Pebisnis, adalah orang cerdas, dan bijaksana, agar usahanya mampu berkembang sesuai dengan harapan. Tidak lepas dengan itu, maka kita pun…

3 bulan ago

Cara Menjalankan Nuamoorea, dan Sukses di Bisnis Amoorea

Artikel ini sebagai studi buat Anda yang ingin menjadi pebisnis. Tidak sebatas informasi peluang usaha, yang bisa dijalankan kapanpun, dan…

3 bulan ago

Persiapan Sebelum Resign Berhenti Bekerja dan Memulai Usaha

Hidup yang baik, adalah hidup yang penuh dengan perubahan. Berubah dari manusia yang biasa, menjadi luarbiasa, dan tentunya lebih menyenangkan.…

3 bulan ago