Categories: Tips Internet

Manfaat, dan Dampak Negatif Internet dalam Pendidikan bagi Pelajar Siswa

By pixabay.

masalah manfaat, kekurangan atau dampak negatif internet bagi pelajar ataupun siswa, itu semua dikembalikan pada diri masing-masing. Baca juga dampak negatif internet tapi secara umum.

Banyak yang mengatakan bahwa salah satu dampak negatif internet bisa dirasakan oleh para pelajar, dan banyak pula yang mengatakan, “Banyak manfaatnya bagi pelajar apabila ada internet untuk melengkapi kegiatan belajarnya.

Dari kedua pendapat tersebut, sebagai mana telah saya singgung di awal paragraf, yakni kemanfaatan atau kekurangan dari internet, itu tergantung diri masing-masing.

Pasalnya, tidak sedikit dari para pelajar menjadi malas, karena terlalu mengandalkan internet, dan masih banyak pula dari pelajaran mendapatkan pengetahuan yang luas disebabkan konsumsi yang namanya internet.

Dari pemaparan ini, saya tidak berbicara asal-asalan, melainkan ungkapan yang realita (Nyata). Andaikan anda adalah seorang pelajar, coba mulai sekarang mulai merenungkan tentang kemanfaatan, atau kekurangan ketika anda mengandalkan internet untuk mengerjakan tugas, dll.

Apabila anda sudah merenungkan, sekarang giliran saya yang merenung, dan mencatatnya di blog ini. Kita akan berbicara tentang internet, tentu tidaklah lepas dari kalimat

“Kelebihan, dan Kekurangan”

Maka dari itu, mari kita singgung secara mendalam kaitan bab internet (Online), dan kita akan memulai pembahasan ini dengan

Kelebihan internet bagi para pelajar ataupun siswa.

Adanya internet, alhamdulillah menyebabkan adanya juga kalimat “Manfaat Internet”. Manfaat internet yang akan kita bahas tentunya sesuai dengan judul artikel, dan berikut adalah beberapa kemanfaatan internet bagi pelajar.
  • Bisa mencari pengetahuan yang luas.

Mencari pengetahuan secara luas, bisa kita lakukan dengan mengakses internet, dan tidak hanya para pelajar yang mempunyai keilmuan yang melaut, karena memanfaatkan internet, melainkan juga semua kalangan masyarakat juga mampu mempunyai ilmu, yang mana luasnya laut tak seluas keilmuannya.

Mungkin dari sinilah, masih banyak pengajar (Guru), yang memperbolehkan peserta didiknya berselancar di internet guna mendapatkan pengetahuan yang lebih luas.
Sedikit curhat, yea. dan boleh dibaca, bahkan saya berharap kalau anda membacanya..
Saya adalah blogger baru, dan semua pengetahuan saya tentang blog itu hasil membaca-baca di google (Otodidak). Ada para blogger yang berpendapat bahwa belajar blogger pada ahlinya, itu bisa lebih baik, karena bisa mengetahui semuanya tentang blog langsung dari pakarnya.
Tapi, menurut saya, blogger yang belajar sendiri, dan hanya mengandalkan internet tanpa berguru pada ahlinya, itu akan lebih baik, dan lebih keren.
(Saya tidak mengatakan,”Saya blogger yang keren”)
Kenapa saya katakan bahwa blogger yang belajar sendiri, dan hanya mengandalkan internet, itu lebih keren ?.
Karena blogger yang mau belajar sendiri, adalah blogger yang kreatif, mandiri, dan pantang menyerah. Kalau sudah kreatif, mandiri, dan pantang menyerah, maka saya sebut dia adalah orang yang keren.
Apakah anda sependapat dengan saya, ?. Mungkin dari anda semua sependapat dengan saya, bahwasanya orang yang kreatif, mandiri, dan pantang menyerah, adalah orang yang keren.
Akan tetapi, ada himbauan atau peringatan sedikit dari saya kaitan penggunaan internet.
Tadi saya katakan, “Orang yang kreatif, mandiri, pantang menyerah dalam penggunaan internet, adalah orang yang keren”, berbeda lagi jika kaitan dengan hukum islam, dan aqidah islam dari internet.
Berhati-hatilah ketika kita mencari pengetahuan tentang hukum, aqidah islam melalui internet, karena sudah banyak oknum yang mengatasnamakan islam, ahli sunah wal jamaah, akan tetapi pemahamannya tidak sesuai dengan Ahli Sunnah Wal Jamaah.
Banyak pemahaman yang liberal di internet, media sosial, yang menyebabkan kita bisa menelan pemahaman yang salah, dan banyak pemahaman dari aliran-aliran yang membahayakan yang sudah meluas di internet, media sosial.
Boleh saja kita mencari tentang hukum islam di internet, akan tetapi kita cermati dulu siapa yang membuat tulisan tentang hukum tersebut, dan kalau kita sudah mengetahui bahwasanya orang yang menulis adalah orang yang benar mengetahui agama, dan sepaham dengan Ahli Sunnah, maka kita boleh mencerna pengetahuan agama tersebut.
Pertanyaan.
Lalu bagaimana kita bisa mengetahui bahwasanya orang yang menulis pengetahuan tentang agama, adalah orang yang betul-betul mengetahui tentang agama, dan orang tersebut tidaklah sesat menyesatkan ?..
Jawaban.
Kalau kita ingin mengetahui hal yang sedemikian itu, mungkin kita akan merasakan kesulitan, karena pada kenyataannya memang kita tidak kenal dengan mereka.
Maka, saya hanya bisa memberi saran,

Lebih baik tanya pada orang atau ustadz yang sudah kita kenal

Itulah sedikit rasa yang ingin saya utarakan, karena sudah banyak yang menelan pemahaman islam di internet, dan pemahaman tersebut tidak sesuai ataupun kurang tepat.

Sekarang melanjutkan dari kemanfaatan internet bagi pelajar.

Adapun kemanfaatan internet bagi pelajar yang lainnya, adalah bisa mengurangi rasa pusing saat belajar.
Pixabay.
Pelajar sekarang bukan pelajaran masa dahulu kala yang mana akses internet belum stabil. Berbeda lagi pada era zaman sekarang yang mana akses internet bisa dimanfaatkan hampir disemua sudut perkotaan, pedesaan, maka manfaatkanlah perkembangan ini, agar anda tidak terlalu pusing mengerjakan tugas, belajar, dan mengembangkan pengetahuan.
Dengan kita bisa memanfaatkan fasilitas internet yang ada, tentu akan membantu kita untuk keperluan-keperluan sekolah. Tapi ingat yeah, ?. Kita jangan terlalu mengandalkan internet, karena itu justru akan berdampak negatif pada kemampuan kita, karena kalau kita terlalu mengandalkan internet, akan membuat kita menjadi malas, dan bahkan bisa sulit untuk berkembang.

Selanjutnya, dari kemanfaatan internet adalah bisa menyempurnakan keperluan sekolah.

Maksudnya seperti ini, di atas saya katakan bahwa internet bisa menyempurnakan keperluan sekolah, itu jika di sekolah anda mengharuskan untuk mempunyai elektronik, seperti komputer, ataupun laptop.
Bagaimana elektronik tersebut bisa dimanfaatkan secara sempurna apabila kita tidak menggunakan internet, ?. Semisal, anda adalah pelajar di bagian elektronik, dll. Seumpama pas kebetulan anda ditugaskan sesuatu yang mana sesuatu tersebut tidak bisa ditemukan dengan mudah jika anda tidak menggunakan internet, maka tentu anda harus menggunakan internet untuk mengerjakan tugas tersebut.

Kegunaan internet, ternyata bisa untuk membuat blog.

Pixabay.
Harus anda ketahui, ternyata internet bisa menjadikan anda yang berperan sebagai pelajar, menjadi blogger. Perlu anda ketahui pula akan kemanfaatan anda jikalau menjadi blogger.

Ketika anda menjadi blogger, anda tidak hanya menulis, dan diterbitkan di google, melainkan juga bisa menyimpan file-file penting di blog anda. Itulah manfaat blog untuk kita yang berperan sebagai pelajar.

Sekarang tentang dampak negatifnya internet bagi pelajar.

Masmur kan udah mengulas kaitan dengan manfaat internet, dan sekarang tentang dampak negatifnya. Karena, yang namanya sesuatu tidak lepas dari manfaat, dan kekurangannya.
Jadi, agar pembahasannya lebih asik, dan lebih dahsyat, biarkan masmur memberikan beberapa daftar dampak negatifnya, dan diantaranya adalah ;
  1. Bisa membuat pelajar malas belajar.
  2. Bisa merubah kepribadian pelajar lebih suka sendiri, karena ingin fokus mengelola blog.
  3. Waktu belajar tidak stabil, karena pikirannya lebih menonjol kepada blog.

Mungkin hanya itu saja yang masmur ketahui kaitan dengan dampak negatifnya, dan anda bisa menambahkan melalui kolom komentar.

-0.789275113.921327
Indonesia
Disqus Comments Loading...

Recent Posts

Contoh atau Kriteria Website yang Baik Untuk Bisnis Menurut Ahli

Kami akan memberikan contoh atau kriteria blog / website yang baik menurut ahli agar Anda dapat mengelola website sampai menghasilkan…

2 bulan ago

Manfaat Website Untuk Bisnis dan Sebagai Media Promosi

Alhamdulillah, kini waktunya membahas manfaat website untuk bisnis dan sebagai media promosi produk atau usaha yang kita miliki. Dan, kami tanpa…

2 bulan ago

Cara Mencari Pelanggan Baru Dalam Berdagang lewat internet

Berbicara tentang cara mencari pelanggan baru dalam berdagang dan lainnya lewat internet pastinya membutuhkan teori, agar kita tidak sampai salah…

3 bulan ago

Cara Menarik / Mempertahankan Pelanggan Lama Agar Tetap Setia

Tidaklah mungkin sebuah usaha akan berjalan lancar, dan baik tanpa adanya konsumen, atau pelanggan. Bahkan, yang namanya usaha akan sukses,…

3 bulan ago

Alasan dan Manfaat Memilih Lokasi / Tempat Usaha yang Strategis

Pebisnis, adalah orang cerdas, dan bijaksana, agar usahanya mampu berkembang sesuai dengan harapan. Tidak lepas dengan itu, maka kita pun…

3 bulan ago

Cara Menjalankan Nuamoorea, dan Sukses di Bisnis Amoorea

Artikel ini sebagai studi buat Anda yang ingin menjadi pebisnis. Tidak sebatas informasi peluang usaha, yang bisa dijalankan kapanpun, dan…

3 bulan ago