Categories: Ulasan Wordpres

Kelebihan dan Kekurangan ketika Menggunakan Wordpres Org

Alhamdulillah. Setelah tercapai keinginan untuk migrasi dari Blogger ke Wordpres Org, kini waktunya kami berbagi pengalaman sedikit tentang kelebihan, dan kekurangannya ketika kita menggunakan wordpres org untuk mengelola blog.

Kami membuat catatan ini bukan bermaksud agar kelihatan berpengalaman oleh pembaca, tapi sekedar curhat dengan harapan agar pengunjung yang membaca tulisan ini mampu menentukan platform mana yang akan digunakan sebagai alat mengelola blog.

Dan, tanpa panjang lebar lagi mari kita awali pembahasan ini dengan

Apa sajakah kelebihan ketika kita menggunakan wordpres org ?

Pertanyaan semacam itu seringkali muncul di benak pikiran blogger yang ingin berpindah ke wordpres org. Maka dari itu, mari kita temukan jawabannya di sini.

Alhamdulillah, walaupun baru kemarin sore mencoba wordpres, kami sudah merasakan beberapa kelebihannya, dan diantaranya adalah

Mudah dipasang tema wordpres yang AMP.

Kami yakin bahwa anda sudah tahu apa itu AMP, dan olehnya tidak kami uraikan secara panjang lebar.

Secara garis besar, yang namanya AMP adalah tema blog yang memiliki kecepatan hebat ketika diakses melalui smartphone, ataupun HP.

Dengan begitu, kami tidak heran jika tim google sangat menyarankan pemilik blog agar mempunyai tema ataupun template yang support AMP, agar lebih memanjakan para pengunjung blog.

Kabar baiknya, ketika kita menggunakan wordpres org, permasalahan sedemikian itu sangat mudah diatasi, karena cukup menggunakan plugin AMP.

Dan, kita tidak perlu otak-atik script, dan css, blog kita sudah support AMP jika sudah menggunakan plugin AMP. Tentunya, perihal itu sangat menguntungkan bagi kita yang belum begitu ahli dalam bidang css, script, ataupun lainnya.

Kenapa point pertama yang kami sampaikan tentang AMP, ? Karena, blog yang support AMP sangat mudah bersaing dengan blog lainnya.

Jika anda tidak percaya, monggo perhatikan blog blog gede seperti Maxmanroe, kudo, dan masih banyak lagi. Tentunya, mereka sudah membuat desain blognya support AMP.

Keputusan mereka untuk menggunakan AMP pasti tidak lepas dari alasan. Dan, kemungkinan besar karena mereka tahu bahwa penerapan AMP pada blog termasuk teknik Seo karena pihak google sendiri menyarankan pemilik blog agar mendesain menjadi AMP.

Kelebihan berikutnya adalah mudah memasang Iklan google adsense.

Jika anda pernah mempunyai akun google adsense, tentunya sangat mudah ketika meletakkan script adsense di blog.

Namun, bagaimana ketika anda memasang iklan adsense di tengah, atas, ataupun bawah postingan blog Blogger, ?. Pastinya, anda harus mengedit html blog, dan perkara itu tidaklah mudah bagi blogger yang belum begitu paham.

Alhamdulillah, ketika kita menggunakan wordpres org sangatlah mudah memasang iklan. Baik itu di sidebar, bawah, atas, dan tengah postingan.

Kita cukup instal plugin untuk pemasangan iklan Adsense, dan tidak diharuskan edit script, html, dan lain sebagainya. Pokoknya, memasang iklan adsense sangat mudah, karena cukup menggunakan plugin.

Sekedar tambahan.. !

Akan tetapi, kita tidak bisa memasang iklan adsense di tengah postingan wordpres yang sudah AMP. Terkecuali, jika kita melakukan upgrade plugin AMP yang premium. Jangan lewatkan juga bacaan cara memasang adsense di blog amp, dan semoga bermanfaat.

Kelebihan berikutnya adalah bisa setting url postingan yang lebih keren.

Iya betul… ! Ketika kita menggunakan wordpres org ternyata sangat mudah mengatur url postingan wordpres yang lebih keren. Dalam artian, kita bisa menghilangkan tahun, dan tanggal pada url postingan. Perhatikan gambar berikut supaya lebih jelasnya.

Lihat url postingan blog masmur di atas. Di sana tidak terdapat tahun, dan bulan. Menurut kami, url semacam itu, adalah url yang keren, dan perihal ini salah satu yang menyebabkan kami berpindah ke wordpres org.

Ketika menggunakan wordpres org, pihak google ataupun wordpres com tidak berhak menghapus blog.

Tahukah anda bahwa google melarang memanfaatkan blog blogger untuk perkara yang negatif ? Pastinya, sudah tahu dooong. Maka dari itu, kita harus berhati-hati menggunakan blog blogger agar blog yang kita kelola tidak dilenyapkan olehnya.

Begitupun juga dengan wordpres com, yang tentunya ada aturan-aturan tertentu yang harus kita patuhi. Wordpres com tidak jauh berbeda dengan prinsipnya Google, yaitu sama-sama melarang menggunakan blog wordpres com untuk perkara negatif.

Tapi berbeda jika kita menggunakan wordpres org. Kenapa, ? Karena hosting wordpres org adalah hostingnya kita pribadi yang dibeli di web hosting. Bukan milik mereka. Jadi, blog yang kita kelola tidak dibawah kekuasaan Google.

Kemudian, apakah kalo menggunakan wordpres org kita bisa melakukan apapun yang dikehendaki kita ?

Hehehen. Tidak.. Meskipun menggunakan wordpres org, kita tetap tidak boleh melakukan perkara yang negatif, karena kita hidup di Negara yang mempunyai hukum. Jadi, ketika kita melakukan kesalahan yang dilarang oleh Negara, tidak menutup kemungkinan blog dihapus, dan kita harus mempertanggungjawabkan apa yang telah dilakukan.

Biaya untuk menyewa hosting sangat terjangkau.

Jika kita memutuskan untuk migrasi Blogger ke wordpres org jangan khawatir masalah harga sewa hosting. Di sana banyak web hosting yang menawarkan harga relatif murah, dan tentunya terjangkau.

Ada yang menawarkan harga 8.000 Rp setiap bulannya. Bahkan, ada juga yang lebih murah dari itu. Bagaimana menurut anda jika harga sewa hosting sebulan hanya dihargai delapan ribu rupiah, ?

Menurut kami pribadi sangatlah murah, karena hanya 8.000 kita bisa menikmati fasilitas-fasilitas wordpres org yang belum tentu dimiliki oleh blogger.

Pilihan tema yang tidak sedikit, dan luarbiasa menggoda.

Salah satu kelebihan wordpres org adalah dalam segi pemilihan tema. Bahkan, bisa saja kita menjadi bingung mau pilih tema yang seperti apa, karena saking banyaknya tema gratis.

Coba anda perhatikan Blogger yang hanya beberapa saja menyajikan tema atau template. Kesimpulannya, dalam segi pemilihan tema, wordpres lebih unggul dibandingkan Blogger.

Tidak sedikit plugin gratis yang meningkatkan kualitas seo.

Dari berbagai kelebihan wordpres org yang sangat hebat adalah banyak pilihan plugin gratis yang membantu untuk nambah nilai Seo blog kita.

Salah satu contohnya adalah Plugin Yoast Seo. Kegunaannya adalah mengatur deskripsi postingan, menentukan keyword, dan masih banyak lagi. Jadi, dengan bantuan plugin ini manfaatnya yaitu membantu posisi artikel blog ke halaman google yang terbaik, dll.

Banyak pilihan plugin untuk mempercepat loading blog.

Waaaawwww…. Enaknya wordpres org tuh di sini karena banyak plugin yang gunanya mempercepat loading, seperti Wp Super Chace, W3 tool, dan lain sebagainya.

Sekarang tentang beberapa kekurangan wordpres org.

Kiranya tidak mungkin jika wordpres org tidak memiliki kekurangan. Maka dari itu, anda tidak usah mondar-mandir ke sana ke mari untuk mengetahui beberapa kekurangannya wordpres org, karena di sini juga membahasnya.

Dan, pembahasan ini berdasarkan dari perasaan kami pribadi ketika sudah meninggalkan blogger. Hehehe… ALaaayyyyy. Oke,,,, berikut adalah kekurangan wordpres org :

Kita harus mengeluarkan biaya yang lebih.

Kita tahu sendiri kalau ingin memanfaatkan wordpres org, kita harus memiliki domain prabayar, dan hosting pribadi. Jadi, perihal ini termasuk salah satu kekurangan wordpres org, karena kita harus menyewa domain, dan hosting.

Terkadang mengalami wordpres tidak bisa dibuka.

Yang ini, sebenarnya permasalahan yang serius dan tentunya harus diketahui sebelum memutuskan migrasi ke wordpres org. Biasanya, masalah wordpres yang terkadang tidak bisa dibuka adalah karena kualitas hosting yang dibeli.

Jika hostingnya mempunyai nilai kualitas yang baik, Insya Allah, permasalahan tersebut tidak sering terjadi. Oleh sebab itu, yang harus dipertimbangkan adalah memilih hosting yang berkualitas baik, dan Web hosting yang pelayanannya baik, dan respon cepat.

Harga tema premium wordpres org tidaklah murah.

Jika membeli tema premium blog Blogger, kita hanya bermodalkan modal uang yang tidak lebih dari 150.000. Yang lebih menariknya, mayoritas desain template Indonesia hanya mematok templatenya seharga 100.000.

Berbeda dengan tema wordpres premium. Rata-rata harganya sekitar 300.000 bahkan lebih. Dan, paling murah, mungkin sekitar 250.000. Kalau menurut kami pribadi, uang 300.000 bukanlah uang yang jumlahnya sedikit.

Oleh sebab itu, kami katakan mahal. Tapi berbeda dengan Anda. Pastinya, anda akan mengatakan sangat murah kalau uangnya banyak. Demikian yang dapat kami sampaikan, dan semoga bermanfaat.

Recent Posts

Contoh atau Kriteria Website yang Baik Untuk Bisnis Menurut Ahli

Kami akan memberikan contoh atau kriteria blog / website yang baik menurut ahli agar Anda dapat mengelola website sampai menghasilkan…

1 minggu ago

Manfaat Website Untuk Bisnis dan Sebagai Media Promosi

Alhamdulillah, kini waktunya membahas manfaat website untuk bisnis dan sebagai media promosi produk atau usaha yang kita miliki. Dan, kami tanpa…

2 minggu ago

Cara Mencari Pelanggan Baru Dalam Berdagang lewat internet

Berbicara tentang cara mencari pelanggan baru dalam berdagang dan lainnya lewat internet pastinya membutuhkan teori, agar kita tidak sampai salah…

3 minggu ago

Cara Menarik / Mempertahankan Pelanggan Lama Agar Tetap Setia

Tidaklah mungkin sebuah usaha akan berjalan lancar, dan baik tanpa adanya konsumen, atau pelanggan. Bahkan, yang namanya usaha akan sukses,…

3 minggu ago

Alasan dan Manfaat Memilih Lokasi / Tempat Usaha yang Strategis

Pebisnis, adalah orang cerdas, dan bijaksana, agar usahanya mampu berkembang sesuai dengan harapan. Tidak lepas dengan itu, maka kita pun…

4 minggu ago

Cara Menjalankan Nuamoorea, dan Sukses di Bisnis Amoorea

Artikel ini sebagai studi buat Anda yang ingin menjadi pebisnis. Tidak sebatas informasi peluang usaha, yang bisa dijalankan kapanpun, dan…

4 minggu ago