Kelebihan Kekurangan Jual Beli Online Bagi Penjual dan Pembeli

Jika anda merencanakan membuat toko online, maka harus mengetahui kelebihan dan kekurangan jual beli online bagi penjual.

Dan, jika anda ada niatan membeli produk di toko online, maka yang tidak boleh anda lewatkan, adalah mengetahui kelebihan, dan kekurangannya jual beli online bagi pembeli.

Dengan begitu, kiranya bacaan ini sangat cocok buat anda yang merencanakan membuka toko online, dan juga sangat tepat bagi anda yang berniatan membeli produk secara online.

1. Menghemat waktu.

Sangat jelas..! , salah satu manfaatnya toko online yaitu menghemat waktu. Kita nggak perlu mengeluarkan waktu guna pergi ke pasar, mall, ataupun lainnya, karena jual beli online bisa dilakukan dirumah.

Tentunya, perihal itu tidak hanya menguntungkan bagi pembeli, karena penjual produk pun merasakan hal yang sama, yaitu waktunya lebih hemat. Jadi, pemilik produk nggak harus duduk di pasar, sambil menunggu datangnya konsumen.

2. Menghemat tenaga.

Sebenarnya, ini tidak perlu dibahas, karena anda sudah tahu. Akan tapi tetap kami sampaikan, karena belum tentu semua orang tahu kaitan kelebihan toko online ternyata dapat menghemat tenaga kita.

3. Bisa dilakukan dengan santai.

Sangat betul…. ! Meskipun kita sedang santai menonton televisi, kita tetap bisa memesan produk yang dibutuhkan.

Bagaimana, apakah anda tertarik mencoba order barang secara online, ? Jika tertarik, tidak ada salahnya mencoba, dan kami punya sedikit tips buat anda.

  1. Kenali terlebih dahulu pemilik toko online.
  2. Ingat-ingat nama tokonya.
  3. Dan, baru memesan produk yang murah terlebih dahulu, agar kita tahu, bahwa pemilik toko tersebut adalah orang terpercaya, atau tidak. Jadi, kita tidak akan kecewa seandainya terjadi sesuatu yang tidak diharapkan.

4. Harganya yang lebih murah.

Kami yakin anda termasuk orang yang menyukai produk murah, tapi dengan kualitas baik. Tidak terkecuali dengan kami, yang menyukai produk berkualitas, tapi tetap dengan harga yang terjangkau.

Oleh sebab itu, alternatif bagi kita yang sedang menginginkan produk murah, dan berkualitas baik, yaitu mencari di toko online.

Sebenarnya, kami juga heran kenapa mayoritas produk yang ada di toko online jauh lebih murah dibandingkan dengan toko di dunia nyata.

Itu hasil analisis kami. Tidak tahu kalau hasil penelitian anda. Mungkin saja, anda seringkali menemukan produk di toko online lebih mahal dibandingkan dengan toko di sekitar anda.

5. sangat beragam produk yang bisa kita pilih.

Kita jangan khawatir tidak menemukan produk yang diharapkan, karena di toko online, seperti tokopedia, bukalapak, dan lain sebagainya banyak pilihannya.

Itu semua, disebabkan banyak seseorang yang mendirikan toko di sana. Jadi, anda jangan heran apabila di bukalapak, dan sejenisnya terdapat produk yang sangat bervariasi.

6. Seringkali kami jumpai banyak diskon.

Diskon…. ! Hampir semua orang menyukai dengan yang namanya Diskon. Jujur, kami juga sangat suka, dan seringkali mencari produk yang sedang diskon. Hehehe.

Jadi, solusi bagi anda yang sedang memburu diskon, adalah mencari di toko online.

kelebihan jual beli online bagi pembeli

Bayangkan.. Di sana ada juga toko yang memberikan diskon sampai 30%. Bahkan, kemungkinan juga ada yang memberikan diskon lebih dari itu.

7. Terdapat fasilitas pembayaran, dan pengiriman yang bervariasi juga.

Walaupun yang anda punya hanya ATM BRI, maka anda jangan khawatir, karena pembayaran di sana banyak pilihan.

Mulai pembayaran yang menggunakan atm bri, bca, dan lain sebagainya. Dan, berbagai alat pengiriman barang dapat anda tentukan.

Anda bisa menggunakan jasa pengiriman JNE, J&T, TIKI, dan lain sebagainya. Jadi, anda dapat memilih jasa pengiriman barang yang terdekat di daerah anda.

Baca juga cara pilih jasa pengiriman di shopee dan lainnya. Bagi anda yang ingin membuka toko online, ataupun mau pesan produk.

8. Terdapat garansi.

Anda jangan pernah beranggapan bahwa produk yang ada di toko online tidak ada garansinya. Yang penting, anda memilih toko yang tepat, dan terpercaya.

Dengan catatan.. ! Garansi berlaku apabila kerusakan produk tidak dilakukan oleh anda, seperti terjatuh, terkena air, ataupun lainnya. ( Biasanya).

9. Terkadang, gratis ongkos kirim.

Gratis ongkos kirim memang sangat menyenangkan bagi anda yang sudah terbiasa jual beli online.

Dan, situs jual beli seperti shoope, bukalapak, dan lainnya seringkali memberikan gratis ongkir. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya anda membuka toko di sana, dan semoga sukses dunia, dan akhirat.

Apa sajakah kekurangan, dan kelebihan jual beli online yang khusus bagi penjual ?.

kelebihan jual beli online bagi penjual

Bagi anda yang akan membangun toko online, kiranya tidak boleh meninggalkan pembahasan ini sedikitpun, karena kita akan menengok apa saja kelebihan, dan kekurangannya.

Pertama, yang akan kita bahas mengenai kelebihannya.

1. Produk anda bisa lebih terkenal

Bagaimana tidak, ? Coba anda bayangkan sejenak. Sekarang, tidak sedikit masyarakat yang memanfaatkan aplikasi jual beli dan bertransaksi di sana.

2. Tampilan website toko online yang mudah digunakan.

Betul, dan sangat betul bahwa mayoritas aplikasi jual beli mempunyai tampilan yang nyaman, dan mudah digunakan.

3. Banyak pilihan kurir pengiriman barang.

Yoi… Anda jangan bingung memilih kurir pengiriman, karena di sana banyak pilihannya.

4. Memudahkan anda untuk bertransaksi.

Yea pasti… Dengan kita memiliki toko online, secara otomatis membantu kita untuk bertransaksi, dan berkomunikasi dengan pelanggan.

Sekarang, melanjutkan pada kekurangannya.

  1. Anda siap menghadapi persaingan yang ketat.
  2. Anda harus bekerja keras agar toko online anda dapat dipercaya banyak orang.
  3. Tidak mudah mudah membuat calon pelanggan mempercayai toko anda.
  4. Tidak sedikit masyarakat yang enggan belanja secara online.
Apa sajakah kekurangannya bagi pembeli ?.

Alhamdulillah, kini waktunya kita mengulas kekurangannya transaksi online bagi pembeli.

Namun, walaupun anda adalah orang yang berniatan membuka toko online, maka tetap dianjurkan mengetahuinya, agar mendapat manfaat dari pembahasan ini.

1. Seringkali ada kasus penipuan.

Berbicara tentang kasus penipuan, sebenarnya tidak hanya terjadi di dunia nyata. Bahkan, kalau anda mau cermati, ternyata sangat familiar kasus penipuan di dunia online.

Tapi tenang, jika anda bertransaksi melalui tokopedia, bukalapak, dan lainnya, maka keamanan lebih ketat. Jadi kasus penipuan sulit dioperasikan di sana.

Begitupun juga dengan anda yang ada rencana membuat toko online. Jangan sesekali ada niatan untuk menipu, karena lokasi anda mudah dilacak.

2. Tidak bisa melihat langsung, dan mencoba produk yang dipesan.

Itulah resikonya ketika membeli produk secara online. Kita hanya bisa melihat gambar produk yang akan dipesan.

Okelah, dan tidak ada masalah kalau kita menjumpai penjual online yang jujur, karena pastinya dia menunjukkan gambar, dan bicara yang sesuai dengan kenyataannya.

Tapi, bagaimana dengan penjual yang tidak menjaga kejujuran, ?

Jika pas kebetulan kita bertransaksi dengan penjual yang model sedemikian itu, maka hati kita harus lebih siap ketika produk yang datang tidak sesuai dengan gambar, dan ucapannya.

3. Seringkali produk yang datang tidak sesuai dengan harapan.

Melanjutkan pembahasan di atas. Karena tidak semua penjual online mempunyai prinsip “menjaga kejujuran,” maka jangan kaget ketika produk yang datang tidak sesuai dengan harapan anda.

Namun tenang….!

Semisal anda merasa tidak cocok dengan produk yang sudah datang, anda bisa mengembalikan, dan tidak melakukan konfirmasi.

4. Terdapat biaya tambahan. (Ongkir).

Menurut kami, Ongkos Kirim (Ongkir), adalah salah satu kekurangannya ketika kita berbelanja secara online.

Bagaimana tidak, ?

Dengan adanya ongkos kirim, yang tadinya kita hanya mengeluarkan uang sebesar seratus ribu, maka mau tidak mau kita harus mengeluarkan uang lebih dari itu, karena biaya ongkir.

Tapi, sebagian orang mungkin ada yang beranggapan bahwa ongkir tidak termasuk dari kekurangan jual beli online. Namun, bagaimana menurut anda ?

5. Harus menunggu barang datang.

Datangnya produk yang dipesan tidak secepat ketika kita belanja di daerah sekitar kita, karena mayoritas transaksi jual beli online berbeda daerah.

Jadi, kita harus bersabar jika proses datangnya barang cukup memakan waktu yang lama. Terlebih, jika berbeda pulau. Semisal, pembeli dari daerah Jawa, dan penjual dari daerah lampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *