Contoh Usaha Pertanian dan Peternakan di indonesia yang Menguntungkan

Jika kita berbicara contoh usaha pertanian dan peternakan di indonesia, maka kami harap Anda tahu bahwa kami tidak membahas “produk” yang berkaitan dengan pertanian, dan peternakan.

Karena, yang kami maksudkan, adalah beberapa peluang usaha yang berbasis pertanian, dan peternakan. Dengan begitu, semoga anda dapat menemukan ide bisnis yang baru dan tentunya masih berkaitan dengan pertanian, dan peternakan.

1. Usaha pertanian tanam menanam bahan pokok ( barang sembako ).

Makanan pokok, adalah makanan yang tidak bisa ditinggalkan manusia hidup dalam sehari-harinya. Secara garis besar, hidup kita terasa sulit tanpa makanan pokok, seperti Nasi, atau beras, jagung, dan lainnya.

Itulah fakta, dan realita.

Oleh sebab itu, kita harus pandai memanfaatkan keadaan sedemikian itu untuk membangun bisnis.

Bagaimana caranya ?

Caranya yaitu menjual bahan pokok, atau sembako, seperti beras, dan lain sebagainya. Terlebih, jika anda memiliki lahan. Maka, lahan tersebut bisa ditanami bahan-bahan pokok, dan itu sangat menguntungkan. Insya Allah.

Baca juga : tips yang sederhana agar dagangan sembako laris.

2. Menjual produk yang dibutuhkan petani.

Jika Anda menjadi petani, maka Anda termasuk pengusaha. Namun, Anda juga bisa menjadi pengusaha dengan cara memberikan fasilitas yang dibutuhkan petani.

Maksudnya, ?

Maksudnya, kita menjual peralatan yang diperlukan para petani, seperti Alat cangkul, mesin giling, dan lain sebagainya.

3. Membangun bisnis dengan menjual bibit Tanaman.

Bibit tanaman pun tidak sedikit jenisnya. Ada bibit cabe, padi, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, tentukan terlebih dahulu jenis bibit yang akan dijadikan bisnis.

Sedikit tips buat anda yang tertarik untuk mencoba bisnis ini.

Pertama, perhatikan terlebih dahulu bibit apa yang dibutuhkan masyarakat sekitar anda. Kedua, anda harus memberikan bibit yang berkualitas. Dan, yang ketiga adalah tetap menawarkan dengan harga yang terjangkau.

4. Menjual atau menanam tanaman rempah.

contoh usaha pertanian

Sangat beruntung sekali kita hidup, dan memiliki negara Indonesia, karena tanaman apapun bisa tumbuh dengan subur. Terlebih, jenis tanaman rempah-rempah, seperti gambar di atas.

Jadi, tidak ada salahnya jika lahan anda ditanami tetumbuhan tersebut. Atau, bisa juga dengan membeli, dan kemudian dijual kembali kepada masyarakat sekitar.

5. Membuat usaha “tanaman hias”, dan kemudian dipasarkan ke masyarakat.

Tidak sedikit masyarakat kita yang menyukai keindahan, namun mereka belum tentu juga pandai menanam dari awal.

Sekedar contoh, agar anda tahu apa yang kami maksudkan.

Tetangga kami sangat menyukai bunga mawar, tapi ketika dia menanam dari awal seringkali gagal, dan bunga tersebut akhirnya mati sebelum mekar.

Maka dari itu, anda boleh mencoba menanam bunga mawar, dan dijual kalau bunga tersebut sudah mekar.

Di atas hanya sebagian contoh, dan masih banyak lagi contoh tanaman hias yang dapat dimanfaatkan untuk bisnis.

6. Menawarkan jasa kepada para petani.

Berbicara tentang jasa, maka sangatlah luas pembahasannya. Tapi, berhubung yang sedang kita bahas masih berkaitan dengan pertanian, maka yang dimaksud adalah menawarkan jasa yang membantu pekerjaannya petani.

Contoh sederhananya yaitu menerima jasa pengiriman barang. Bila perlu, Anda menggunakan aplikasi untuk transaksi pengiriman. Dengan begitu, pekerjaan anda sedikit terbantu, dan tidak terlalu menghabiskan tenaga.

7. Menjadi bos yang membeli produknya para petani.

Jenis usaha seperti ini pastinya Anda sudah tahu, kan ?

Kalau di daerah kami pribadi, tidak sedikit bos yang membeli produknya para petani, dan kemudian dijual atau dikirim ke daerah tertentu.

Dan, jika anda berminat menjadi bos, kami punya sedikit tips agar para petani berkenan menjual produknya kepada anda, dan diantaranya adalah membantu mereka ketika mereka sedang kesulitan.

Dalam kasus yang umum, terkadang para petani membutuhkan uang, dan pas kebetulan belum panen. Maka dari itu, silahkan Anda meminjamkan uang kepada mereka dengan ikhlas, alias tanpa bunga, karena bunga termasuk riba.

Insya Allah.. Jika anda ikhlas membantu mereka, secara otomatis hati mereka tersentuh, dan akhirnya menjual produknya kepada anda.

Sekarang, apa saja bisnis yang berkaitan dengan peternakan ?

Alhamdulillah, kini waktunya kita menengok usaha peternakan. Sebelum melanjutkan, terlebih dahulu kami akan berbagi cerita kepada Anda.

Kami punya dosen, dan pas kebetulan beliau juga sebagai pengusaha. Dan, bisnis yang dijalankannya berupa bisnis peternakan sapi. Singkat ceritanya, salah satu faktor yang menyebabkan beliau sukses sampai sekarang, yaitu karena menggeluti bisnis tersebut.

Dari kutipan cerita kami di atas, apakah Anda tertarik menjalankan bisnis peternakan, ?

Yang tahu jawabannya hanyalah anda pribadi. Dalam artian,  kami tidak tahu apa usaha yang anda inginkan.

Oke, tanpa panjang lebar lagi, berikut adalah sekumpulan usaha ternak, yang patut anda coba.

1. Usaha ternak hewan kaki empat.

Berbagai jenis hewan yang ada, tapi terkadang justru membuat kita bingung mau usaha peternakan hewan yang seperti apa.

Apakah hewan berkaki empat, atau hanya berkaki dua, ?

Tapi anda jangan bingung, karena kami menyarankan anda membangun usaha ternak hewan berkaki empat. Kenapa kami menyarankan bisnis tersebut, ?

Karena, penghasilan yang didapat tidaklah sedikit. Seperti cerita kami di atas, “Salah satu faktor yang menyebabkan dosen kami sukses, adalah karena mengelola bisnis ternak sapi.”

usaha pertanian dan peternakan

Terlebih kalau pada waktu-waktu tertentu, seperti hari Idul Adha. Tentunya, para pebisnis usaha hewan berkaki empat harus siap sibuk melayani pesanan pada waktu itu.

2. Usaha ternak Ayam Sayur.

Walaupun modal pertama ketika membuka usaha ayam sayur tidak bisa dikatakan sedikit, tapi keuntungan yang diperoleh jangan anda remehkan.

Kami berkata sedemikian itu, karena kami sendiri punya teman yang pas kebetulan usahanya adalah menjual ayam sayur, dan mengelola langsung ladang ternak yang cukup gede, serta luas.

Dia tidak perlu menunggu waktu-waktu tertentu untuk mengirimkan ayam ke pasar, karena hampir setiap hari selalu ada orang datang yang pesan ayam sayur.

Namun, jika modal terbatas, anda bisa melakukan alternatif lainnya, seperti membeli ayam pada pusatnya, baru kemudian dijual ke masyarakat. Insya Allah, sangat menguntungkan.

3. Usaha ternak kelinci.

Tapi jangan ternak kucing untuk di makan. Hehehe.. Bercanda…

Kami punya kakak ipar yang pernah menjalankan usaha ternak kelinci, dan tidak ada salahnya jika anda mencobanya. Tapi, ketahui terlebih dahulu minat masyarakat anda terhadap makanan daging kelinci.

Jika peminatnya lumayan banyak, maka segera mungkin membuka usaha jual beli kelinci. Baik itu berupa kelinci yang masih hidup, ataupun yang sudah menjadi daging siap masak.

Apa sajakah kekurangannya ketika kita melakukan bisnis pertanian, dan peternakan ?.

Sekarang waktunya Anda mengetahui apa saja kekurangannya bisnis berbasis pertanian, dan peternakan.

Tanpa banyak basa-basi, mari simak bareng kekurangannya ;

1. Kesabaran kita harus lebih ditingkatkan.

Perbedaannya orang yang bekerja di kantor, pabrik, ataupun lainnya, dengan orang yang mengelola usaha sendiri sangatlah menonjol.

Contoh logikanya adalah ; ketika kita menjadi pekerja, maka kita harus siap mematuhi peraturan yang berlaku, dan mendapatkan uang sesuai kesepakatan.

Tapi, kalau menjadi pengusaha, maka kita yang mengatur semuanya. Mencakup mengatur waktu kerja, mengelola keuangan, dan lain sebagainya. Tentunya, perihal itu lebih sulit dibandingkan ketika kita menjadi pegawai atau pekerja.

Oleh sebab itu, ketika kita memutuskan menjadi pengusaha, maka siapkan kecerdasan, dan kesabaran yang ekstra. Bagaimana, apakah anda berminat jadi pengusaha ?

Jika berminat, silahkan baca juga “milih menjadi pekerja, atau pengusaha ?” Semoga bacaan tersebut bisa memberi kecerahan anda yang sedang bingung antara milih jadi pengusaha atau pekerja.

2. Proses balik modal yang tidak cepat, dan tidak bisa ditargetkan.

Tidak semua pemutaran uang sebuah usaha terasa cepat. Bahkan, ada juga usaha yang awalnya harus menunggu beberapa bulan baru merasakan hasilnya, seperti menjadi blogger, dan lain sebagainya.

Begitupun juga dengan usaha pertanian, dan peternakan. Kita harus sabar menanti hasilnya, karena dalam waktu tiga bulan belum tentu membuahkan laba.

Jadi, anda lebih suka usaha yang cepat balik modal, atau sebaliknya ?

Mungkin, anda lebih menyukai usaha yang cepat balik modal. Jika iya, monggo bacalah bacaan tersebut.

3. Siap menghadapi persaingan yang lumayan ketat.

Sebenarnya, semua jenis usaha pasti ada persaingannya. Yang membedakan hanya dalam segi ketat, dan tidaknya sebuah persaingan yang ada.

Asal anda tahu, persaingan bisnis dalam dunia pertanian, dan peternakan tidak bisa diremehkan. Tidak sedikit orang yang telah lama terjun, dan tentunya mereka sudah ahli memikat pelanggan.

Lantas, apakah anda tidak punya kesempatan untuk menjadi pengusaha pertanian maupun peternakan, ?

Tenang…. ! Karena siapapun anda tetap berhak menjadi pengusaha sukses. Dengan catatan, anda harus menjaga ibadah, kesabaran, semangat, berdoa, dan kejujuran. Demikian yang dapat kami uraikan, dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *