Cara Upload Foto ke Google dan Memasukkan Gambar Dalam Internet

Ada tiga cara untuk upload Foto atau Gambar dan Memasukkan Gambar tersebut dalam internet dan khususnya ke beberapa fasilitas google, seperti google penelusuran, google plus, dan Google Sites.

Namun, karena mungkin yang dimaksudkan anda adalah gambar yang muncul di google penelusuran, maka yang harus dilakukan adalah ;

Membuat Blog Blogger untuk Upload Photo ke Google Penelusuran.

Seperti yang telah saya uraikan di salah satu artikel terdahulu bahwa manfaat menjadi blogger sangatlah banyak.
Jika menjadi blogger tidak hanya menulis, melainkan bisa mengunggah photo di google secara gratis. Untuk hasil gambar yang sudah di upload, seperti gambar di bawah ini.
cara upload foto ke google

Perhatikan gambar di atas. Setelah saya mengetikkan kalimat “Blog Masmur” di tombol pencarian google, hasil gambar yang muncul seperti gambar berikut itu.

Maka dari itu, anda diharuskan mempunyai blog, agar bisa menampilkan gambar di hasil pencarian google. Jika belum mempunyai blog, silahkan baca cara paling mudah membuat blog bahkan hanya menggunakan android.

Setelah anda memiliki blog, langkah selanjutnya adalah membuat postingan, atau artikel di blog, dan didalamnya pasang atau upload photo yang anda inginkan. Perhatikan gambar agar mudah dipahami.

cara memasukkan gambar dalam internet
Klik Ikon Gambar.

Klik ikon gambar yang sudah disediakan. Ketika ikon tersebut sudah di klik, nantinya ada pilihan upload file, dan upload photo yang sudah anda siapkan.

Alhamdulillah, sampai sini sudah berhasil upload photo ke blog, dan jangan lupa dipublikasikan atau diterbitkan. Sampai sini, ada dua pengetahuan yang kita dapatkan yaitu mempunyai blog, dan bisa unggah photo di blog, dan Insya Allah, muncul di pencarian google.

Penting !.. Agar hasilnya bisa optimal, buatlah judul pada gambar yang sudah di upload.

Membuat judul pada gambar sangatlah diperlukan agar hasil di pencarian google bisa optimal. Dan, caranya juga cukup mudah, dan perhatikan gambarnya.

cara memasukkan gambar di internet
Gambar Nomor 1.

Caranya gampang yaitu tinggal klik gambar yang sudah di upload, dan nantinya ada beberapa pilihan seperti gambar di atas. Silahkan pilih properties untuk menambahkan judul gambar.

Semisal anda sudah membuat artikel di blog berjudul “toko online cakep dan Ganteng” maka judul gambar juga dibuat seperti itu. Seperti biasanya, silahkan lihat gambar berikut ini ;

cara mengunggah sesuatu ke google

Setelah anda memilih properties seperti gambar nomor 1, maka ada kotak untuk membuat judul gambar. Title text, dan Alt text di isi dengan judul gambar anda. Berhubungan yang saya contohkan adalah “toko online cakep, dan Ganteng” maka title, dan alt text saya isi seperti itu.

Kelebihan dan Kekurangan melakukan cara agar gambar muncul di pencarian google.

Semoga saja apa yang telah disampaikan di atas bisa membantu, dan mudah dipahami. Sekarang kita mengulas kelebihan, dan kekurangan apabila kita melakukan cara tersebut, dan kita mulai dengan

Kelebihan-kelebihan terlebih dahulu.

Salah satu kelebihan jika kita menerapkan cara ini adalah
  • Memiliki blog baru.
Sangat jelas anda akan memiliki blog baru, jika melakukan cara di atas. Asal anda tahu, sangat banyak manfaatnya jika kita membuat blog, dan diantaranya adalah
  • Bisa menghasilkan uang dari blog.
Naaahhh… Ini melanjutkan dari pembahasan di atas. Semisal kita memiliki blog, tidak menutup kemungkinan bisa mendapatkan uang hanya mengelola blog meskipun blog gratis dari Blogger.
  • Mengetahui tata cara upload photos di blog dengan benar.
Di atas sudah saya jelaskan cara upload photo di blog, tapi bukan sekedar cara. Saya sampaikan itu adalah cara yang benar ketika harus unggah photo di blog agar hasilnya maksimal.

Kekurangan menerapkan cara ini.

Ada kelebihan tentunya ada kekurangan. Begitupun juga dengan tutorial yang telah anda baca. Sebenarnya, kekurangannya hanya satu yaitu lumayan sulit bagi seseorang yang belum pernah membuat blog.
Akan tapi, jika anda sudah terbiasa mengotak atik blog dan belajar nulis di sana, lama kelamaan akan terbiasa, dan akhirnya sangat mudah upload gambar agar muncul di pencarian google. Maka dari itu, jangan ragu membuat blog, karena banyak pengetahuan baru yang didapati jika berani mengelola blog.

Menerbitkan photo ke Google photo.

Google photo berbeda dengan google penelusuran, google plus, atau lainnya. Sebenarnya masih banyak fasilitas dari Google yang bisa kita gunakan secara gratis, seperti google drive, google bookmark, dan masih banyak lagi yang tentunya memiliki fungsi berbeda-beda.

Berhubung yang sedang kita bahas adalah google photos, mari kita fokus pada pembahasan. Oya…. Meskipun namanya adalah Google Photo, tapi masih bisa digunakan untuk menyimpan video.

unggah photo

Lihat saja jumlah bintang pada aplikasi google photos sangatlah besar, yaitu 4,5. Itu menunjukkan banyak orang yang menyukai aplikasi tersebut. Jadi, silahkan download aplikasi google photos.

Yang lebih hebatnya lagi, photo atau video anda yang disimpan di sana tidak akan hilang, walaupun suatu saat android anda diganti dengan yang baru. Waaaahhh.. Sangat keren, karena nggak takut kehilangan photo-photo, dan video kenangan. Jika tidak percaya dengan saya, monggo baca salah satu komentar aplikasi google photos.

cara mengunggah photo ke google

Itu baru satu yang saya ambil. Yang lainnya masih banyak komentar yang menunjukkan kepuasan mereka dengan aplikasi ini. Jadi, jangan ragu, dan langsung install di android anda.

Untuk cara upload photo atau video ke google photos tidak saya tuliskan, karena sangat mudah. Insya Allah, ketika anda sudah download aplikasi tersebut langsung bisa menggunakannya. Yang penting, anda sudah menyiapkan email untuk masuk.

Membuat gambar bisa muncul di google plus.

Google plus sama halnya dengan facebook yang sama-sama memiliki fungsi untuk bersosialisasi secara online. Namun, google plus memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh facebook, atau lainnya.

Apakah kelebihan tersebut, ? Kelebihannya adalah gambar atau photo yang kita publikasikan di sana mampu muncul di pencarian google. Supaya lebih jelasnya, silahkan berkunjung ke google plus saya.

Ketika anda belum membuat profil google plus, silahkan membuatnya dengan email gmail. Langkah pembuatannya pun sangat mudah, karena hampir sama dengan mendaftar facebook,twitter, ataupun lainnya.

Setelah berhasil membuat profil google plus, cara upload photo ke Google plus juga sangat mudah. Monggo lihat gambar supaya lebih jelasnya ;

Upload Gambar

Perhatikan ikon kamera di atas, dan silahkan di klik untuk upload gambar ataupun foto di google plus. Banyak manfaatnya jika kita memiliki profil google plus, seperti berbagi pengetahuan positif, bahkan bisa juga untuk mengembangkan bisnis online.

Terlebih pengguna media sosial online google plus sangatlah banyak. Jadi, ketika anda mempromosikan usaha atau produk di sana, besar kemungkinan usaha atau produk yang anda promosikan banyak yang melihatnya.

Upload semua jenis file ke google drive.

Kalau yang ini, semua bentuk file bisa anda unggah ke google drive. Tidak hanya photo, dan video yang bisa di simpan ke google drive. Baik itu berbentuk file dokumen, pdf, dan lainnya bisa di upload, dan aman.
Secara gampangnya, google drive adalah aplikasi penyimpanan awan. Dalam artian, kita bisa menyimpan, dan membuka file meskipun tidak menggunakan android. Intinya, bisa dibuka kapan pun selagi anda sedang berinternet.
Lihat keterangan atau deskripsi google drive. Itu menunjukkan bahwa fungsi google drive tidak hanya untuk menyimpan photo, dan video. Kita juga bisa menyimpan musik, dll tanpa takut kehilangan.
Dan, ini sangat cocok bagi android yang kapasitas penyimpanannya sedikit, karena google drive adalah penyimpanan awan. Oleh sebab itu, silahkan download aplikasi tersebut.
Masih banyak kelebihan google drive yang tidak bisa saya sampaikan semuanya di sini. Jika ingin tahu lebih jauh tentang kegunaan aplikasi google drive, silahkan berkunjung ke Playstore, dan ketikkan “google drive.”
Demikian yang dapat saya sampaikan, dan semoga bermanfaat untuk kita semua. Saya sampaikan semua yang saya tahu tentang fasilitas-fasilitas google, karena ingin berbagi pengetahuan, dan mencari pengetahuan baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *