Cara sederhana untuk Menemukan ide bisnis yang kreatif.

Assalamualaikum..
Untuk Cara menemukan ide bisnis atau usaha yang kreatif, silahkan baca artikel di bawah dengan santai, dan kenapa harus santai, ?

Karena bacaan dibawah cocok untuk orang yang ingin santai tapi pasti. Dan, pada intinya, cobalah belajar mencintai dan menikmati tulisan yang sedang dibaca, karena dari situlah kita akan mendapatkan sesuatu yang sangat berharga.

Apakah sudah siap membaca, ?.. sekarang mulai.

Terkadang, kita bingung dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Mencari pekerjaan susah, dan tidak memiliki modal untuk usaha.

Itu adalah kendala dan alasan klasik yang banyak dikeluhkan, khususnya bagi seseorang yang keadaan ekonominya menengah kebawah, serta bagi seorang sarjana yang lamarannya selalu ditolak oleh perusahaan.

Tentu saja, itu kenyataan yang harus diterima oleh banyak orang. Tetapi, kebanyakan dari orang yang merasakan terbelenggu dengan pikiran seperti itu seharusnya mengalihkan pikiran.

Artinya, kita harus tetap mencari pekerjaan atau peluang usaha, dan modal. Salah satunya adalah

memanfaatkan peluang yang ada di sekitar Kita.

Cara-menemukan-ide-bisnis-kreatif

Bukan tidak mungkin peluang yang kita dapat dari sekitar adalah usaha yang menjanjikan dan memberi keuntungan yang besar. Namun, melihat peluang saja tidak cukup, dibutuhkan ide kreatif agar usaha atau bisnis kita bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

Dengan kreativitas, muncul barang, jasa, atau ide baru sebagai inovasi baru untuk memenuhi kebutuhan pasar yang selalu dan terus berkembang. Dan, dari kreativitas itu pula, muncul cara cara baru untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Kreativitas bagaikan sumber mata air, yang tentunya jangan sampai kita biarkan mengering. Kita harus tetap belajar, dan terus menggali Kreativitas tersebut.

Artinya, Para Pengusaha harus selalu berpikir berbeda dengan cara berpikir orang pada umumnya. Jika kebanyakan orang mengeluh tatkala mempunyai masalah dan merasa pusing dengan masalah yang bertumpuk-tumpuk, maka pengusaha bisa menjadikannya sebagai peluang bisnis.

Misalnya, kekhawatiran banyak anak sekolah sulit lulus sekolah, maka bermunculanlah lembaga bimbingan belajar yang awalnya berskala kecil sampai akhirnya sekarang berkembang terus dengan berbagai nama.

Sampai sekarang, bisnis ini terus hidup, dan berkembang . Banyak diantaranya sudah merambah ke daerah-daerah dalam bentuk kantor cabang.

Bahkan, sekarang, bisnis lembaga bimbingan belajar pun menawarkan persaingan tinggi dengan yang lainnya. Tidak main-main, ada yang menawarkan harga jutaan hingga puluhan juta rupiah dengan berbagai fasilitas yang memadai. Bisnis ini berkembang karena tuntutan dan kebutuhan masyarakat.

Bisnis kue kotak juga mulai berkembang berasal dari kebutuhan masyarakat.

Dahulu, untuk menjamu tamu, kita menggunakan tikar kemudian makan secara bersama-sama. Orang-orang menggunakan piring cantik sebagai tempat menaruh kue-kue.
Semakin lama, manusia memikirkan cara pengemasan kue yang lebih elegan. Lalu, muncullah ide untuk menggunakan kotak kue berwarna putih.
Masih belum puas juga, sekarang kita saksikan kotak kue yang lebih menarik dengan berbagai warna, dan kemasan.
Oleh karena itu, jika kita termasuk golongan orang yang selalu ingin tahu, kemudian dapat melihat suatu peristiwa dan pengalaman untuk dijadikan sebuah peluang, sedangkan orang lain tidak dapat melihatnya, kemudian mempunyai keberanian berpikir kreatif dan inovatif, maka bersiaplah. Sebab, kita akan segera mengikuti jejak para tokoh dunia, yang sukses karena ide kreatif dan pintar melihat peluang di masyarakat.
Tentu, kita masih ingat tentang kisah sukses yang diraih oleh perusahaan teh botol sosro. Pendiri perusahaan ini, Sosrodjojo, awalnya hanya memiliki ide sederhana yaitu menjual minuman yang bisa langsung dinikmati dalam botol.
Namun, berkat ide kreatifnya, perusahaannya tambah berkembang. Dan, saat ini, perusahaan teh botol sosro menjadi perusahaan besar.
Inilah yang disebut kreatif. Hal yang sederhana yang membuat perusahaan sosro menjadi salah satu perusahaan besar di indonesia.

Ada juga pengusaha sukses yang mengawali bisnisnya dari sekitar rumahnya.

Dialah Genevieve Thiers, pemilik website SitterCity.com, website khusus untuk babysitter sejak adiknya lahir. Genevieve Thiers adalah anak tertua dari tujuh bersaudara.
Menurut pengakuannya, ia sudah menjadi babysitter sejak adiknya lahir. Setelah itu, ia rutin menjaga adiknya.
Tidak hanya itu, selagi sekolah, ia juga mencari uang dengan menjadi babysitter bagi orang lain. Sampai akhirnya dia bisa lulus kuliah dan bekerja di IBM. Meski bekerja full time di IBM, malam harinya, Genevieve menempuh  pendidikan untuk meraih gelar master.
Suatu ketika, ia melihat seorang ibu muda yang tengah hamil 9 bulan berjalan tertatih-tatih sembari menyebarkan brosur di kampusnya untuk mencari mahasiswa yang bisa menjadi seorang babysitter.
Thiers, panggilan dari genevieve Theirs, lalu meminta si ibu muda tersebut pulang, dan ia memberi bantuan gratis dengan cara mengambil alih pekerjaan si ibu tersebut untuk menyebarkan brosur tersebut.
Hal itulah, yang kemudian memunculkan ide gagasan untuk membuat website khusus untuk babysitter.
Dengan modal $19.500, pada september 2001, website dengan nama sittercity.com mulai dibuat. Pertumbuhan bisnisnya berkembang sangat luar biasa, dan pendapatannya pun mencapai U$ 2,6 juta.

Sebenarnya, di sekitar Kita, banyak sekali peluang bisnis yang dapat diraih. Syaratnya, selain kreatif, kita harus memahami kebutuhan konsumen.

Sebagai contoh, di beberapa kota besar di amerika serikat, sudah banyak bisnis yang dikembangkan dari ide-ide sederhana, seperti bisnis membangunkan orang tidur, atau yang biasa disebut dengan morning call.

Mungkin, bisnis ini sangat aneh tapi bisnis tersebut menguntungkan. Ada juga bisnis yang masih langka, yaitu menyewakan pakaian, dan perlengkapan bayi.

Barangkali, belum banyak peluang bisnis di sekitar Kita. Namun, jika kreatif, kita akan mampu melihat peluang bisnis yang sebanyak-banyaknya.

Lalu, dimana saja peluang bisnis di sekitar Kita, ?
Misalnya, Saat hari raya dengan tradisi kirim mengirim parcel. Meskipun bisnis ini sifatnya musiman, namun itulah peluang bisnis yang bisa memberi keuntungan yang besar.

Awalnya, memang musiman, namun jika dikembangkan dan ditekuni dapat dijadikan bisnis permanen bersama berkembangnya kehidupan masyarakat.

Keterampilan tertentu juga bisa dijadikan peluang bisnis.

Terampil dalam desain grafis, misalnya bisa membuka bisnis brosur marmer, katalog lukisan, dan batu alam.
Ahli dibidang komputer juga bisa membuka bisnis rental Service komputer dan alat-alat elektronik lainnya. Terampil di mesin bisa memulai bisnis dari service sepeda motor, atau mobil.
Atau, barangkali memiliki kreativitas yang berciri khas unik, kita bisa membuka bisnis kreatif, seperti jersey bola dengan motif batik.
Peluang bisnis juga bis diperoleh dari lingkungan tempat tinggal kita.
Misalnya, rumah kita berdekatan dengan kampus, yang tentu saja banyak mahasiswa yang harus indekos. Naaah, kita bisa membuka jasa cuci pakaian laundry. Dengan segala kesibukan mahasiswa di kampus maupun organisasi, tentu banyak dari mereka yang tidak bisa meluangkan waktu untuk mencuci pakaian.
Pada akhirnya, mereka mencari jasa pencuci pakaian. Di sinilah peluang kita. Meskipun modal awal bisnis tidak sedikit, tapi dengan semakin banyaknya pelanggan, modal itu akan kembali, yang pada akhirnya bisnis akan berkembang, dan kita mendapatkan untung yang besar.

Peluang bisnis juga bisa didapat dari hobi.

Misalnya punya hobi melukis. Jika lukisannya bagus, bisa dijual di galeri. Dan, bagi kita yang jeli dengan permasalahan di masyarakat, misalnya kita tahu bahwa masyarakat banyak yang menghadapi stres tingkat tinggi, dan tidak kuat dalam menghadapi masalah-masalah kehidupan, seperti stres karena pekerjaan, keluarga, dan masalah yang lain, kita juga dapat mendirikan bisnis, yaitu bisnis lembaga konseling psikologi.
Meskipun kita bukan seorang psikolog, namun kita tetap dapat mendirikan bisnis itu. Tentu saja, kita adalah sebagai onwer, bukan tenaga ahli.
Untuk tenaga ahli, biarkan teman atau relasi yang ahli dibidang konseling yang bekerja. Kita dapat menghimpun teman-teman yang berbasiskan ilmu terkait, dan kita bisa meresmikan bisnis ini.
Dengan demikian, bisnis yang kita jalani bisa bermanfaat bagi orang lain, dan membantu kondisi finansial kita.
Masih banyak lagi contoh lain yang kita anggap sebagai masalah ternyata justru menjadi peluang bagi kehidupan yang lebih baik.
Intinya, jadikan setiap permasalahan sebagai peluang, bukan disikapi dengan keluhan. Selain itu, yang perlu kita perhatikan juga, bisnis dapat kita raih, jika kita jeli, dan gigih. Pepatah mengatakan, ” Tidak ada usaha, tidak ada hasil”.
Oleh karena itu, sebaiknya jangan ragu dalam setiap meraih peluang bisnis yang ada di sekitar Kita. Soal besar, kecilnya peluang, jangan menjadi masalah.
Tangkap dahulu peluang itu, dan jangan khawatir, karena peluang bisnis berikutnya pasti mengikuti. Bisnis itu selalu mengalir, seperti bola salju. Dimulai dari yang kecil, kemudian menggumpal menjadi besar.
Referensi atau tulisan diambil dari buku ;
Jangan jadi pengusaha, kalau Nggak Punya Nyali.
Karya ;
Mas Dika Andrianto.
Cara menemukan ide kreatif dalam bisnis atau usaha.
Semoga bermanfaat, dan semangat selalu.
Waalaikumsalamwarohmatullohiwabarokatuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *