Cara Merubah / Mengubah Kegagalan menjadi Kesuksesan atau Semangat

Cara-mengubah-kegagalan-menjadi-sebuah-kesuksesan.
By Pixabay

Assalamualaikum. Bacalah tentang Cara Mengubah Kegagalan Menjadi Sebuah Kesuksesan.

Alhamdulillah kami sudah selesai menulis masalah kegagalan yang kami ambilkan dari buku Jangan Jadi Pengusaha, Kalau Nggak Punya Nyali karya Mas Dika Andrianto.

Didalam bacaan di bawah sangat membantu untuk mendongkrak lagi rasa semangat, karena tidak hanya tips tips, melainkan juga ditambah dengan kisah kisah orang sukses.

Maka dari itu, jangan sia siakan pengetahuan dibawah dengan hanya mencari point yang menurut anda penting. Apabila anda hanya ingin mencari point penting di bacaan ini, silahkan mencari bacaan lain, dan anda akan mudah mendapatkan apa yang anda cari.

Namun, apabila anda ingin membangkitkan kembali rasa semangat karena kegagalan, sudah saya jelaskan di atas, bacaan di bawah sangat cocok karena lengkap dengan kisah-kisah pengusaha sukses, yang bisa kita jadikan contoh.

Maka nikmatilah alur ceritanya, dan anda akan mengambil kemanfaatannya.
Tapi ingat yeaaahhh, jangan sampai kita meninggalkan kewajiban ibadah cuma karena urusan duniawi.
Ada tiga point penting dalam bacaan ini di antaranya adalah :

  1. Merubah Pola Pikir Kita.
  2. Jangan Mudah Menyerah.
  3. Berani Menghadapi Kegagalan. Namun, untuk pembahasan kaitan dengan berani menghadapi kegagalan, tidak kami tuliskan di sini, melainkan di Sini “Cara Menjadi Pengusaha Sukses, dengan Berani Menghadapi Kegagalan.
  4. Dan yang paling utama adalah tetap berdoa.

Merubah Pola pikir, tidak mudah menyerah, dan berdoa adalah baru sebagian sikap yang harus dimiliki bagi para pengusaha. Jadi, kita juga harus mengetahui sebagian lagi dari Sikap yang memang harus dimiliki oleh para pengusaha ataupun wirausaha.

    Okey, apakah sudah siap menikmati pengetahuan di bawah ini, ?.. kalau toh siap, sekarang mulai.

    Pada bagian ini, tentu tidak akan diulang ihwal makna kegagalan bagi bisnis kita. Kita akan membahas cara mengubah kegagalan menjadi kekuatan.

    Salah satu cara untuk mengubah suatu kegagalan menjadi kekuatan atau kesuksesan adalah merubah cara berpikir. Jika kita selalu berpikiran negatif terhadap semua hal yang terjadi, termasuk kegagalan, maka kegagalan itu akan menjadi besar.

    Sebaliknya, jika kita selalu berpikiran positif terhadap kegagalan, maka kegagalan itu akan menjadi sumber kekuatan.

    Pikiran positif mampu merubah kegagalan menjadi kekuatan, dan dari kekuatan menuju kesuksesan.

    1. Tidak semua orang mampu berpikir positif, maka mulailah berpikir positif.

    Jika kita selalu berpikir positif terhadap segala bentuk keadaan, maka itu adalah modal utama yang akan menjadikan kegagalan menjadi kekuatan, dan kesuksesan. Berpikir positif bisa menjadi sebab untuk mengubah kegagalan menjadi kesuksesan.
    Pikiran dan perilaku positif menjadi pondasi untuk membentuk dan menciptakan kehidupan yang positif. Seseorang yang selalu berpikir dan berperilaku positif, maka hari-harinya pun selalu dipenuhi dengan hal-hal yang positif, termasuk dalam konteks rizki.
    Pikiran dan perilaku positif bisa menjadi magnet yang akan membuat kita menjalani hari-hari dengan hal yang positif pula. Cukup banyak penelitian yang membuktikan bahwa berpikir positif adalah awal dari terciptanya kehidupan yang positif.

    Stanley R. Welty, presiden wooster brush Company

    Pernah mengatakan bahwa ketika kita keluar rumah pada pagi hari, maka kita sendirilah yang menentukan apakah hari itu akan menjadi baik atau justru buruk, karena tergantung cara kita menjalankan pikiran.
    Dapat atau tidaknya kita menikmati hari itu sangat tergantung pada cara kita berpikir.

    Kalau kita berpikir positif ketika bertemu dengan orang lain, maka mereka juga akan berpikir positif terhadap kita. Kalau kita berpikir positif terhadap teman kerja, maka mereka pun akan memperlakukan positif terhadap kita.

    Kalau kita memperlakukan anak kita layaknya anak yang cerdas, maka anak itu akan cerdas. Dan, kalau kita berpikir positif bahwa usaha kita akan lancar, maka cukup besar potensi usaha kita untuk sukses, dan insya allah, kita akan mendapatkan rizki yang melimpah.

    Hukum daya tarik dalam pikiran kita akan membentuk realitas hidup kita. Pikiran kita akan membentuk alam bawah sadar kita, yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk gerakan-gerakan yang positif.

    Pikiran positif akan memancarkan gelombang yang mendorong timbulnya hal hal yang positif dalam hidup kita. Frekuensi gelombang itu tergantung pada tingkat pikiran positif kita.

    Jika pikiran positif kita menguat, maka gelombang itu kian kencang menarik hal yang positif dalam diri kita.

    Socrates pernah mengatakan bahwa dengan pikiran, seseorang bisa membuat dunianya berbunga-bunga atau berduri-duri.

    Sesuatu Yang terjadi pada hari ini sebenarnya produk dan pikiran kita hari kemarin. Dan, sesuatu yang akan terjadi esok hari juga tergantung pada produk pikiran kita hari ini. Kalau hari ini kita berpikir “Tidak Bisa”, maka tentu besok kita tidak akan bisa.

    Pikiran menjadi awal kesuksesan seseorang.
    Kalau hari ini kita berpikir positif ihwal kemajuan perusahaan kita, maka itu akan memompa semangat kita untuk bekerja lebih serius.

    Tentu, kita tidak akan menjadikan alasan malas sebagai penghalang, karena itu sudah hilang dengan cara berpikir positif.

    Jadi, berpikir positif juga menjadi pembersih bagi timbulnya pikiran-pikiran negatif yang bisa menjadi penghalang bagi kelancaran rezeki kita.

    Berpikir positif akan menimbulkan penglihatan yang positif, pembicaraan yang positif, pendengaran yang positif, tindakan yang positif, dan kehidupan yang tentu positif.

    Sebaliknya, kalau kita sudah berpikir negatif bahwa hari ini kita tidak akan membawa perkembangan bagi kemajuan perusahaan atau usaha sederhana kita, maka itu juga berpengaruh terhadap perkataan, perilaku kita yang juga negatif.

    Seseorang yang berpikir negatif kerap kali mengeluh, sehingga membuat seseorang yang di sekitarnya sulit membangun komitmen kerja sama.

    Sesorang yang berpikir negatif juga kerap kali membandingkan-bandingkan, sehingga menimbulkan rasa rendah diri (Tidak Percaya Diri), selalu terlihat sedih, dan salah persepsi.
    Itulah awal dari sulitnya rizky kita.

    Pikiran positif akan membawa kita pada keberhasilan. Pikiran positif itu antara lain selalu berkata, “Saya Bisa”, dan “Saya Akan”. Kata kata ini adalah refleksi dari pikiran positif yang tidak menyerah pada keadaan, apapun keadaan yang kita lalui.

    Edward Banfield, sosiolog dari Harvard University, menggambarkan satu faktor penting seseorang dalam meraih kesuksesan. Ia menemukan bahwa faktor utama yang menyebabkan seseorang sukses adalah sikap tertentu yang ada di dalam pikiran orang tersebut.

    Kesuksesan akan datang dalam bentuk “Bisa”, dan kegagalan akan terjadi dalam bentuk “Tidak Bisa”. Kalau kita mendapatkan sebuah tantangan baru, kemudian langsung bilang, “Tidak Bisa”, maka besar kemungkinan kita tidak akan bisa.

    Tapi, kalau kita bilang, “Bisa”, maka itu akan membuka ruang-ruang kreatif dalam diri kita. Kalau pikiran kita sudah mengatakan, “Bisa”, maka itu adalah awal yang baik untuk menjemput sesuatu menjadi bisa.

    Kesuksesan, dan kegagalan itu tergantung pada pikiran kita. Dengan demikian, berpikirlah positif saat kegagalan itu datang. Hal itu akan mengubah kegagalan menjadi kekuatan, yang pada gilirannya menuju jalan kesuksesan.

    Pikiran dan tindakan positif tidak hanya bisa menjadi jembatan emas keberhasilan, tetapi bisa menyulap kegagalan menjadi sesuatu yang berarti, dan bermakna bagi hidup kita.

    Intinya ;
    Berpikirlah positif terhadap semua keadaan.

    Bagian kedua tentang tips merubah kegagalan menjadi sesuatu yang diharapkan, adalah jangan mudah menyerah.

    2. Tetaplah semangat alias jangan Mudah menyerah. 

    “Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda.”
    Istilah ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita.
    Istilah tersebut mempunyai pesan yang terdalam, yaitu menghargai kegagalan sebagai proses menuju keberhasilan.

    Banyak tokoh dunia sukses, bukan karena tidak pernah gagal. Namun, mereka mampu merespon, berpikir, bertindak, dan menyikapi kegagalan itu, sehingga mengantarkan mereka pada puncak kesuksesan.

    Masih ingat kisah Thomas Alva Edison, ?
    Meskipun sudah mencoba membuat bola lampu pijar sebanyak ribuan kali, dan gagal, ia tetap yakin bahwa pasti ditemukan cara baru sehingga bola lampunya benar-benar bisa diciptakannya.

    Dan, setelah mencoba yang ke 10.000 kali, ia berhasil. Ia telah menemukan cara mengembangkan “Ketekunan” di dalam dirinya, dengan bertanya pada diri sendiri, “Bagaimana caranya berhasil, ?”.

    Menurut beberapa penelitian, hanya 3 dari 10 usaha baru mengalami kesuksesan, selebihnya mengalami kegagalan. Tetapi, jika pengusaha yang gagal tersebut tetap bersemangat untuk membangkitkan usahanya, maka usaha tersebut akan bertahan dalam kesuksesan.

    Oleh sebab itu, banyak orang sukses mengatakan bahwa kegagalan merupakan batu loncatan untuk mencapai tingkatan yang lebih tinggi.

    Hal ini dibuktikan dari sebagian besar kisah sukses dalam berwirausaha, yang sebelumnya sering gagal dalam menjalankan usahanya.

    Jatuh, kemudian bangun adalah proses biasa dalam dunia bisnis. Namun, sikap tidak mudah menyerah serta belajar dari kegagalan akan membuat bisnis kita berkembang, maju, dan sukses.

    Dalam menghadapi masalah apapun, yang penting mental kita siap mencari solusinya, dan tidak mudah menyerah. Jika sekali berhadapan dengan kerugian kita menyerah, itulah kegagalan yang sesungguhnya.

    Orang gagal adalah orang yang mengalami kegagalan satu, dua kali. Sedangkan orang sukses adalah orang yang mengalami kegagalan berkali-kali.

    Banyak pengusaha sukses yang produk-produknya menguasai pasar dunia, yang ternyata pernah mengalami kegagalan dan keterpurukan dalam menjalani bisnis mereka.

    Berikut merupakan contoh kisah sukses pengusaha, yang dalam perjalanan usahanya gagal, dan saat ini sedang menikmati masa kesuksesannya :

    1. Kesuksesan Penjualan Produk di Suatu Negara belum tentu menjamin kesuksesan di Negara Lain.

    Hal ini di alami oleh perusahaan Otsuka yang terkenal dengan produk Pocary Sweet. Di jepang, produk minuman isotonik ini mengalami kesuksesan penjualan tingkat 1.

    Tetapi, pada masa perkenalan di indonesia, Pocary Sweet di anggap gagal produk. Hingga akhirnya, sekitar tahun 1997-1998, pocary sweet mengalami tingkat kegagalan yang paling mencemaskan.

    Berbagai cara dan strategi pemasaran dilakukan, tetapi sering gagal dalam pencitraan produk. Akhirnya, mereka mempunyai pencitraan yang sesuai dengan produk tersebut, dan dapat mendongkrak penjualan.

    Dahulu, pencitraan produk tersebut sebagai minuman bagi olahragawan atau atlet, kemudian berganti menjadi minuman bergengsi bagi remaja yang dipublikasikan. Sedangkan, saat ini pencitraan produk sebagai minuman kesehatan pengganti ion tubuh.

    2. Tidak Menyerah Pada Keadaan.

    Seseorang yang sukses dalam berbisnis tidak pernah menyerah pada keadaan. Ia selalu mencari solusi terbaik bagi suatu masalah.

    Hal ini sesuai kisah sukses yang di alami oleh Bapak Sosrodjojo, pendiri teh botol sosro.
    Sosrodjojo memulai usahanya dengan membuat teh wangi melati yang berasal dari campuran teh hijau dan bunga melati pada tahun 1940 di Jawa Tengah, dengan merek dagang, Teh Cap Botol.

    Pada tahun 1965, generasi keluarga Sosro ingin melakukan ekspansi pasar hingga melakukan promosi di jakarta. Namun, promosi tersebut gagal karena membutuhkan waktu lama untuk menyeduh teh.

    Mereka tidak menyerah, dan tetap melakukan promosi dengan menyeduh teh sebelum ke lokasi promosi. Tetapi, usaha itu gagal lagi sebab banyak teh yang tumpah dalam perjalanan.

    Sering gagal dalam berpromosi tidak menurunkan semangat tim pemasaran Sosro. Akhirnya, mereka memiliki ide untuk memasukkan teh ke dalam botol bekas kecap yang telah dibersihkan.

    Selanjutnya, pada tahun 1974, didirikan pabrik teh siap minum dalam kemasan botol pertama di dunia, dengan nama PT. Sinar Sosro.

    Tidak mudah menyerah dan selalu belajar pada kesalahan menjadi alasan kesuksesan dari para tokoh tersebut. Oleh karena itu, jika ingin menjadi pengusaha sukses, jangan mudah menyerah, dan takut gagal.

    Sebab, kegagalan merupakan pelajaran terbaik dimasa yang akan datang. Bahkan, semakin sering gagal, semakin baik sebuah perusahaan.

    Hal terpenting dari kegagalan adalah dapat mengenali dan mengidentifikasi penyebabnya dari segala sumber daya, dan sistem dalam usaha, kemudian segera melakukan perbaikan.

    Dan, cara jitu untuk menghindari kegagalan adalah belajar dari pengalaman, dan kegagalan yang di alami oleh pesaing usaha kita.

    Tips selanjutnya akan mengatasi sebuah kegagalan, adalah tetap berdoa, ataupun tetap melakukan ibadah.

    3. Tetaplah Berdoa mengenai yang sedang anda lakukan.

    Apakah anda pernah melihat sesorang yang bekerja atau usaha, tapi tidak melakukan kewajiban ibadahnya, ?
    Dari pertanyaan tersebut, kemungkinan besar dari anda-anda semua akan menjawab “Pernah Bahkan Sering”.
    Sudah banyak fakta di antara kita yang terjun dalam usahanya, namun sampai melalaikan kewajiban. Hal ini, seharusnya kita jadikan renungan sejenak.
    Tatkala usaha mereka betul-betul membuahkan hasil yang luar biasa, tapi, apakah harta mereka bisa memberikan pertolongan, atau modal untuk kehidupan setelah kematian (Akhirat) ?.
    Tentu jawabannya adalah Tidak bisa membantunya.
    Banyak orang yang lalai kehidupan akhirat cuma karena urusan duniawi. Banyak orang susah meskipun usahanya setengah mati untuk meraih kesuksesan usahanya, dan melalaikan kewajiban. Banyak juga orang yang sukses, namun masih mementingkan kehidupan akhirat.
    Dari realita atau kenyataan di atas, manakah yang anda inginkan, ?
    Kalau kita masih normal, tentu akan memilih bagian yang terakhir, yaitu menjadi orang sukses, tapi masih mementingkan akhirat.
    Dengan kita selalu berdoa, dan berlindung kepada Tuhan, insya allah, perjalanan kita mencari kesuksesan akan terarah yang lebih baik, dan mencegah melakukan perkara yang kurang baik.

    Ketika kita sedang proses memajukan sebuah bisnis, tentunya juga kita akan mencari Cara Memajukan Bisnis tersebut, tapi ingat ya kawan, seharusnya kita bisa mengimbanginya, agar tidak terjerumus oleh indahnya perhiasan duni.
    Catatan :
    Yang kita bisa hanyalah usaha, dan tentu yang mewujudkan usaha kita adalah Sang Maha Penguasa Alam. Jadi, solusinya adalah tetap berdoa.
    Tetap semangat, dan semoga bermanfaat.

    1 Comment

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *