Cara Mengaktifkan HTTPS di Blogger Meski di Blog Custom Domain

Alhamdulillah ada cara mengaktifkan https di blog blogger yang sudah melakukan custom domain. Bukan hanya itu, masmur juga membagikan tips pengalihan https meskipun masih menggunakan domain blogspot.

Banyak alasan kenapa banyak blogger menggunakan https. Tapi, dalam hal ini yang akan disampaikan terlebih dahulu adalah tentang cara mengalihkan http ke https.

Masalah kelebihan dan Kekurangannya, insya Allah akan menyusul. Maka dari itu, mari kita jawab pertanyaan

Bagaimana caranya mengaktifkan https di blog Blogspot ?

Jawabannya, adalah kunjungi Blogger, dan langsung saja deh perhatikan gambar di bawah.

cara mengaktifkan https di blog

Pilihlah setelan > Dasar > Aktifkan pengalihan https dan perhatikan gambar di atas agar lebih jelasnya.

Sangatlah mudah mengaktifkan https di blogspot. Namun, sedikit berbeda dengan blog yang sudah custom domain. Oleh sebab itu, ayo lanjutkan dengan menjawab pertanyaan yang kedua ini.

Bagaimana caranya menggunakan https di blog yang sudah custom domain ?

Caranya juga hampir sama dengan cara di atas. Yang membedakan hanya url yang kita kunjungi. Kalau cara di atas, kita bisa langsung menuju url Blogger, tapi kita harus menuju ke draft Blogger agar bisa mengaktifkan https di blog custom domain.
 
Oleh sebab itu, silahkan kunjungi draft Blogger, dan seperti biasanya yaitu memperhatikan gambar agar lebih mudah memahaminya.
cara mengaktifkan https di blogger
Semoga saja anda langsung memahami ketika melihat gambar di atas. Lihat pada tulisan di dalam kolom berwarna merah.
 
Di sana ada tulisan ketersediaan HTTPS. Jadi, silahkan pilih “Ya”. Setelah itu, tunggu sekitar satu menit, dan refresh browser yang anda gunakan.
 
Ketika anda sudah melakukan refresh (Muat Ulang Browser), secara otomatis tombol pengalihan HTTPS bisa di pilih”Ya.”
 
Insya Allah, sampai sini blog anda sudah menggunakan https. Waw, keren, dan sangat sederhana kan ? Nggak membuat kepala pusing, karena sangat mudah dilakukan.
 
Naaaahh, sesuai perkataan saya di atas, berikutnya adalah membahas tentang kelebihan menggunakan https. Dan, mari kita awali dengan

Apa sajakah kelebihan https, dan apa benar mempengaruhi seo ?

Seandainya anda mempunyai pertanyaan seperti di atas, maka jawabannya ada di sini. Yea.. Sangat betul bahwa https meningkatkan kualitas seo.
 
Oleh sebab itu, saya tidak heran banyak blog ternama menggunakan fitur ini. Bahkan, situs media online seperti facebook, twitter, dan lainnya menggunakan https.
cara mengaktifkan https di blog custom domain
Itulah gambar profil twitter saya. Bukan hanya twitter yang menggunakan https, karena hampir semua situs besar menggunakannya.
 
Oleh sebab itu, jangan ragu mengalihkan http ke https. Jujur, awalnya saya ragu bahwa https meningkatkan kualitas seo. Tapi, berhubungan banyak bukti, akhirnya saya mantap menggunakan https.
 
Terlebih, https yang disediakan Blogger adalah fasilitas gratis untuk kita. Dalam artian, kita tidak perlu mengeluarkan sepeser pun uang.
 
Coba bayangkan. Banyak sekali situs penyedia domain, hosting, ssl, namun tidak memberikan ssl, atau https secara gratis. Jadi, ketika menggunakan blog selain blogger, tidak menutup kemungkinan kita harus membeli https.
 
Terkecuali, ketika kita membeli hosting. Karena, kebanyakan situs penyedia hosting akan memberikan https secara cuma-cuma kalau kita order hosting. Oya, berbicara tentang ini, saya jadi ingin merekomendasikan kepada anda tentang situs penjual domain ataupun hosting.

Dan, Niagahoster lah yang saya sarankan kepada anda.

Anda ingin order hosting atau domain, ? Jika iya, jangan sampai salah memilih tempat membelinya, karena tidak semua situs penjualan domain, hosting, dapat dipercaya.
 
Dan, kenapa saya merekomendasikan Niagahoster ? Tentunya ada alasan tertentu kenapa saya merekomendasikan Niaga hoster, dan diantaranya adalah

Karena saya sendiri order domain di sana.

Jadi, saya tahu apa kelebihan, dan kekurangannya niagahoster, karena semua perkara tidak lepas dari istilah kelebihan, dan kekurangan.

Tapi tenang, nggak mungkin saya menyarankan anda order produk yang disediakan Niagahoster, kalau kualitas pelayanannya buruk, responnya lambat, dll.

Saya berani melakukan ini, karena Niagahoster memang dapat dipercaya. Bukan hanya itu, pelayanan yang dimiliki perusahaan tersebut sangatlah baik, dan respon yang cepat ketika kita mengeluhkan sesuatu.

Maka dari itu, barangkali anda berminat dengan apa yang saya sarankan, silahkan mendaftar niagahoster melalui Banner yang sudah saya sediakan di atas, pas tepat dibawah header blog.

Kenapa menggunakan domain prabayar ?

Kalau yang ini, sedikit saya ceritakan kenapa blog masmur menggunakan domain prabayar.

Sebenarnya, adalah harapan tersendiri memiliki domain yang singkat, dan tentunya mudah diingat banyak orang. Kalau masyarakat umum, mungkin asing dengan domain blogspot, karena kebanyakan blog sudah menggunakan com, net, atau lainnya.

Jadi, salah satu alasan saya membeli domain adalah karena ingin terlihat lebih singkat, dan mudah diingat masyarakat umum. Tidak sebatas itu, ternyata, ketika saya sudah custom domain mampu menambah semangat update artikel.

Kan sangat disayangkan jika hanya membeli domain, kalau tidak update artikel. Alhamdulillah, karena saya sadar harus mengeluarkan uang untuk memiliki alamat blog lebih keren, akhirnya saya harus bisa tetap semangat mengelola blog.

Bahkan, kalau anda mau memperhatikan, kebanyakan blog-blog yang biasa melakukan kopi paste artikel, adalah blog gratis seperti blogspot. Sangat jarang blog yang sudah custom domain melakukan kopas. (Hanya Kebanyakan)

Mungkin karena admin blog tersebut ingin serius dan bersungguh-sungguh mengelola blog. Dan, kita juga bisa membedakan orang yang sekedar mempunyai blog, dengan orang yang serius.

Biasanya, orang yang serius menjadi Blogger, mereka rela mengeluarkan sedikit uang. Walaupun ini bukan jaminan, tapi kebanyakan blog custom domain adalah orang yang ingin lebih serius.

Apakah, setelah custom domain akan menambah seo blog ?

Pertanyaan semacam itu pernah saya rasakan. Dulu, sebelum saya mengganti alamat blog ini dengan domain custom, seingat saya pernah bertanya-tanya sedemikian itu.

Tapi, setelah saya selidiki, custom domain tidaklah mempengaruhi seo, karena kenyataannya banyak blog blogspot mampu bersaing dengan blog gede.

Bahkan, banyak juga pakar seo yang masih bertahan dengan blogspot. Dan, buktinya tetap mampu bersaing, dan artikel-artikelnya mampu menduduki halaman pertama google.

Kesimpulannya, meskipun sudah custom domain, itu tidak mempengaruhi seo. Kalau masalah seo, itu tergantung pada admin blog tersebut. Jika anda tidak sependapat dengan saya, kiranya tidak ada masalah.

Karena, anda juga bebas berpendapat, selagi pendapat tersebut mempunyai teori, dan hasil penelitian. Jangan sembarangan mengeluarkan pendapat. Demikian yang dapat saya sampaikan, dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *