Cara Menabung yang Benar dan Baik agar Cepat Terkumpul

Yang menentukan kehidupan kita bukanlah kalimat yang telah diucapkan mulut kita. Semuanya perlu tindakan, dan gerakan agar kehidupan kita sesuai dengan harapan.

Begitupun juga dalam hal tabung-menabung uang. Yang menyebabkan kita sukses dalam proses pengumpulan uang, bukanlah kalimat “Aku ingin menabung.”

Dalam artian, menabung yang baik, dan benar tentu ada tips, dan triknya, agar kita tidak gagal ditengah perjalanan. Oleh sebab itu, simaklah beberapa tips berikut agar keinginan Anda untuk menabung mampu meraup kepuasan sendiri, dan diantaranya adalah ;

1. Menciptakan target tujuan.

Benar, dan sangat betul…

Hidup Anda terasa bimbang, bingung, dan tidak tahu harus bagaimana, itu disebabkan dalam hidup Anda tidak ada target.

Begitupun juga dengan urusan tabung, menabung uang.

Anda tidak akan pernah sukses, dan sulit merasakan hasil tabungan yang memuaskan, apabila Anda sendiri belum menciptakan target didalamnya.

Contoh sederhananya sebagai berikut ;

Kami menabung agar bisa membeli motor secara kontan.

“Membeli motor secara kontan,” adalah contoh target atau tujuan kami menabung.

Secara otomatis, sebab target yang sedemikian itu, kami lebih semangat menabung, dan tidak akan menggunakan uang yang telah ditabung untuk keperluan lainnya. Terkecuali terpaksa.

2. Jangan merasa banyak uang.

Tidak sedikit manusia yang ingin dianggap sebagai orang yang banyak duitnya, hingga akhirnya mereka seringkali membeli ini, dan itu hanya menuruti gengsinya.

Jika Anda termasuk orang yang ingin diakui masyarakat sebagai manusia yang hartanya melimpah, bagaimana mungkin Anda bisa menabung, ?

Secara logika,,,,, Anda sulit menabung, apabila memiliki penyakit hati seperti di atas. Jadi, langkah yang sangat penting diterapkan agar Anda sukses menabung, adalah sadar diri, dan merendah hati.

3. Mengurangi pengeluaran.

Setelah Anda berhasil mempraktekkan kedua tips di atas, langkah selanjutnya adalah mengatur kembali pengeluaran uang sehari-harinya.

Dan, salah satu tips cerdas buat Anda yang ingin mengurangi pengeluaran, adalah menyiapkan selembar kertas, dan pulpen.

Untuk apa ?

Gunanya untuk mencatat seberapa banyak yang harus dikeluarkan, dan seberapa besar sisanya untuk ditabung.

Walaupun cara tersebut terlihat katro, dan nggak modern, tapi sangat membantu Anda yang belum bisa mengatur keuangan. Insya Allah…

4. Lebih baik memberi hutangan, daripada menghutang.

Pernahkah anda memberi pinjaman uang kepada teman dengan tujuan menabung, ?.

Jujur,,,, kami juga kalau pas kebetulan punya uang, dan ada teman yang butuh, maka kami meminjamkan kepada dia diniatkan untuk saling membantu, dan menabung.

Yang kami praktekkan di atas bisa Anda praktekkan juga sebagai tambahan uang tabungan. Tapi, Anda harus pertimbangkan terlebih dahulu apakah orang yang diberi pinjaman adalah orang yang dapat dipercaya atau tidak.

5. Jangan terlalu menuruti nafsu, dan lebih baik mendahulukan kewajiban.

Anda hidup di mana, apakah hidup di rumah sendiri, masih kumpul dengan orang tua, atau di kontrakan, ?

Dimanapun hidup Anda berada, pastinya ada kewajiban-kewajiban yang harus dibayar, seperti membayar listrik, sewa kontrakan, membeli buku sekolah, atau kewajiban lainnya.

Maka dari itu, ketika Anda mempunyai keinginan lainnya yang sebenarnya tidak harus dituruti, maka yang harus di utamakan adalah kewajiban-kewajiban, agar Anda tidak bingung dengan tagihan-tagihan yang ada.

6. Jangan menjadi orang yang pelit.
Tetap membantu kepada orang yang membutuhkan.

Tahukah Anda perbedaannya orang pelit dengan orang yang hemat, ?

Mursidi sebagai admin Blog ini mengartikan “orang pelit adalah orang yang merasa berat mengeluarkan hartanya untuk kebaikan.”

Sedangkan, “Orang hemat, adalah orang yang pandai mengelola hartanya lebih baik, dan lebih bermanfaat.”

Orang pelit, adalah mereka yang tidak mau bersedekah, dan menganggap bahwa memberi sesuatu kepada orang lain akan menghabiskan harta. Itulah yang ada di pikiran orang pelit.

Jadi, agar proses menabung kita lebih bermanfaat, lebih barokah, dan mendapatkan pahala, maka kita jangan menjadi orang pelit. Kita tetap saling membantu sesama, dan yakin bahwa sedekah adalah perihal yang menyebabkan rizki kita bertambah.

7. Kalkulasi kebutuhan sehari-hari.

Kebutuhan sehari-hari tidak bisa lepas dari yang namanya Uang. Bahkan, sampai urusan ibadah pun harus menggunakan uang, seperti membeli baju untuk sholat, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, kita harus melakukan kalkulasi. Apa sajakah yang harus dibelanjakan, apa saja yang harus dibayar, dan masih banyak yang lainnya.

Jika kita sudah melakukan kalkulasi, maka kita tahu sisanya uang yang bisa ditabung. Insya Allah, ini sangat menguntungkan jika Anda praktekkan.

8. Membawa uang yang tidak berlebihan.

Ketika berpergian tentu butuhkan uang guna melancarkan perjalanan. Namun, yang harus dipertimbangkan adalah jumlah uang yang kita bawa.

Membawa uang yang sederhana, dan sekedar untuk hati-hati dalam perjalanan, maka itu langkah cerdas bagi Anda yang ingin menabung.

Dan, tidak membawa uang berlebihan saat bepergian tentunya lebih mengontrol nafsu Anda. Dengan begitu, anda lebih ngirit, dan lebih hemat.

9. Jangan biasakan membeli makanan ringan.

Cemilan, atau biasa disebut dengan makanan ringan, adalah jenis makanan yang tidak membuat perut Anda kenyang.

Dan, makanan ringan termasuk makanan yang membuat Anda ingin, dan ingin lagi memakannya. Jadi, Anda jangan terlalu berharap bisa menabung, kalau Anda sendiri masih hobi cemilan.

Apa sajakah manfaatnya menabung.

Sekalian saja kami sampaikan manfaatnya ketika kita menabung, agar kita lebih semangat. Bagaimana, apa Anda berkenan membacanya, ?

Kami kira, tentunya Anda berkenan, dan senang jika mengetahui manfaat yang didapatkan ketika kita menabung.

1. Mengajarkan kita menjadi orang yang hemat.

Sangat jelas, bahwa manfaatnya menabung yaitu mengajarkan kita menjadi orang yang hemat. Di atas, sudah kami jelaskan sedikit  tentang perbedaannya orang pelit, dan orang hemat.

Secara gampangnya, ketika menjadi orang yang hemat, secara otomatis kita lebih pandai mengelola keuangan, seperti membeli yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan.

2. Mengajarkan kita untuk saling menghargai.

Berbicara tentang menghargai, tidak hanya menghargai orang lain. Dalam arti yang lain, kita juga bisa menghargai diri kita sendiri.

Menghargai kerja keras, dan akhirnya rela untuk menabung. Menghargai uang, hingga akhirnya tidak menghambur-hamburkan uang.

3. Mengajarkan kita menjadi orang yang mandiri.

Pernahkah anda melihat barang yang keren, bagus, dan ingin membelinya dengan uang sendiri, ?

Jika pernah, Anda patuh berbahagia, karena keinginan tersebut bisa terwujud dengan menabung.

Tapi ingat…. Kita jangan gunakan semua uang tabungan, karena kita adalah orang yang hemat. Dan, masih banyak keperluan lainnya yang kita butuhkan.

4. Mengajarkan kita untuk mengatur keuangan dengan baik.

Sangat tepat…. Salah satu tips mengatur atau mengelola keuangan adalah menabung. Jadi, bagi kita yang ingin keuangannya teratur lebih baik, maka latihlah diri untuk menabung sejak dini.

4. Agar kita mewujudkan target atau tujuan hidup.

Ada juga hal yang harus diperjuangkan dengan uang, seperti membeli rumah, tanah, motor, maupun lainnya.

Bahkan, seperti yang kami singgung di atas, bahwa hampir semua perkara tidak lepas dari uang.

Oleh sebab itu, perihal di atas bisa sedikit terbantu apabila kita mau menabung. Kiranya cukup sekian, dan semoga kita menjadi orang yang bisa menyisakan uang untuk menabung.

Salam Sukses……!

Recent Posts

Contoh atau Kriteria Website yang Baik Untuk Bisnis Menurut Ahli

Kami akan memberikan contoh atau kriteria blog / website yang baik menurut ahli agar Anda dapat mengelola website sampai menghasilkan…

1 minggu ago

Manfaat Website Untuk Bisnis dan Sebagai Media Promosi

Alhamdulillah, kini waktunya membahas manfaat website untuk bisnis dan sebagai media promosi produk atau usaha yang kita miliki. Dan, kami tanpa…

2 minggu ago

Cara Mencari Pelanggan Baru Dalam Berdagang lewat internet

Berbicara tentang cara mencari pelanggan baru dalam berdagang dan lainnya lewat internet pastinya membutuhkan teori, agar kita tidak sampai salah…

3 minggu ago

Cara Menarik / Mempertahankan Pelanggan Lama Agar Tetap Setia

Tidaklah mungkin sebuah usaha akan berjalan lancar, dan baik tanpa adanya konsumen, atau pelanggan. Bahkan, yang namanya usaha akan sukses,…

3 minggu ago

Alasan dan Manfaat Memilih Lokasi / Tempat Usaha yang Strategis

Pebisnis, adalah orang cerdas, dan bijaksana, agar usahanya mampu berkembang sesuai dengan harapan. Tidak lepas dengan itu, maka kita pun…

4 minggu ago

Cara Menjalankan Nuamoorea, dan Sukses di Bisnis Amoorea

Artikel ini sebagai studi buat Anda yang ingin menjadi pebisnis. Tidak sebatas informasi peluang usaha, yang bisa dijalankan kapanpun, dan…

4 minggu ago