Categories: Tips Seo

Cara Membuat Link Internal di Blog ( Internal Link yang Benar dan Seo )

Blog masmur saat ini berbagi cara membuat link internal di blog tentunya yang benar untuk seo modern anda. Pada postingan terdahulu, masmur pernah mengatakan teknik seo modern tidaklah membuat kepala pusing, karena berbeda teknik seo pada zaman dahulu.

Untuk pembahasan yang itu, insya Allah akan dibahas kembali, namun di bawah karena masmur ingin langsung pada pembuatan link internal. Tanpa mengurangi rasa hormat, mari langsung pada pertanyaan

Bagaimana pembuatan internal link yang benar, dan juga seo ?

Walaupun pembuatan link sangatlah mudah, namun anda masih membutuhkan teorinya. Tidak kecuali dengan saya dulu saat baru mengarungi dunia blogging, tentunya masih bingung cara membuat link.

Oke, langsung, dan coba cermati gambar berikut agar anda mudah memahami apa yang saya sampaikan.

Silahkan klik pilihan Link yang berada di atas. Namun, yang harus anda perhatikan adalah menambahkan rel dofollow, apabila link yang anda sisipkan adalah link postingan blog sendiri. Monggo perhatikan gambar ;

Gambar di atas, saya tidak mencentang Add rel Nofollow, karena sengaja agar link tersebut menjadi dofollow.

Kenapa blog masmur menggunakan atribut dofollow pada link internal ?

Karena, salah satu manfaat link dofollow bisa memperkuat posisi artikel kita di halaman google. Bahkan, posisi artikel mampu menaik ke halaman terbaik google disebabkan link internal yang dofollow.

Dan, apa sebabnya link internal dofollow bisa menaikkan posisi artikel ?

Mungkin anda sudah tahu manfaat backlink dofollow. Namun, meskipun anda sudah tahu maksud dari link dofollow, tidak ada salahnya juga apabila masmur menjelaskan dengan gaya sendiri.

Link dofollow adalah link yang dikunjungi robot-robot google, namun akan dipertimbangkan kualitasnya. Jika pemasangan link dofollow tersebut dianggap mempunyai kualitas baik di mata google, maka google akan menempatkan link tersebut di halaman terbaik google.

Akan tapi, yang disayangkan adalah tidak semua blogger mengetahui cara membuat backlink atau link dofollow berkualitas baik. Maka dari itu, ketahuilah cara membuat link berkualitas baik.

Dan, cara yang bisa anda terapkan agar link internal mempunyai kualitas keren, adalah pembuatannya sesuai dengan topik pembahasan. Contohnya bisa anda perhatikan di postingan ini.

Pada postingan saat ini tentang link internal. Jadi, masmur menyisipkan link yang masih berkaitan dengan pembahasan backlink atau link di blog. Untuk lebih jelasnya, silahkan tengok ke bawah ada link internal tentang cara membuat backlink yang benar.

Penting… ! Apakah anda serius mengelola blog ?

Jika serius, jangan sia-siakan blog anda. Jangan pernah anda mengorbankan blog hanya karena menerapkan teori yang telah anda pahami, namun teori tersebut belum tentu efektif jika diterapkan sekarang.

Saya sampaikan ini, barangkali anda pernah menjumpai blog lama yang masih mengajarkan teori seo yang tidak baik, seperti menyuruh mencari backlink redirect, backlink dari domain edu, dan gov, dan mengajarkan membuat link aktif di komentar blog dofollow.

Ingat. Jika anda masih menerapkan contoh seo di atas, tidak menutup kemungkinan blog anda akan dianggap spam oleh google. Jika blog telah dianggap spam, jangan berharap deh mampu bersaing dengan blog lainnya.

Bahkan, yang lebih menyeramkan jika banyak postingan blog hilang dari halaman google, karena blog terdeteksi spam oleh google. Jadi, jika anda membaca teknik seo, berhati-hatilah karena dikhawatirkan berkunjung blog lama.

Walaupun belum tentu blog lama mengajarkan spam, tapi kebanyakan blog lama mengungkapkan teknik seo pada zamannya dahulu. Padahal, teknik seo sekarang beda jauh dibandingkan dengan seo zaman terdahulu kala.

Semoga bermanfaat. Jangan pernah juga memanfaatkan situs berbagi file pdf atau dokumen.

Sekali lagi, saya berbagi cerita, dan pengalaman pahit ini supaya anda tidak pernah mengalaminya. Cukup curhatan saya ini dijadikan pengetahuan, dan pengalaman anda.

Pernah blog saya mengalami kehilangan postingan di google karena memanfaatkan situs berbagi file pdf atau dokumen. Peristiwa itu cukup membuat saya galau, dan nggak mau lagi menggunakan situs tersebut.

Sampai sekarang, blog masmur tidak menggunakannya lagi. Logikanya seperti ini kenapa banyak artikel saya yang hilang di halaman google.

Semisal, saya merubah artikel yang sedang anda baca saat ini menjadi file pdf ataupun dokumen untuk diterbitkan ke situs berbagi file. Secara otomatis, file pdf yang telah saya terbitkan di situs tersebut akan terindex dan muncul di halaman google.

Alhasil, artikel ini akan hilang, karena mungkin dianggap duplikat konten oleh google. Cerita ini tidak mengada-ada, dan ini benar pengalaman pribadi.

Kalau toh anda tidak percaya dengan apa yang sampaikan, silahkan saja mencoba situs-situs berbagi file dokumen. Barangkali pengalaman anda nanti berbeda dengan pengalaman saya.

Cara membuat backlink yang benar, dan mendapatkan dari google.

Jika anda berbicara tentang link, sama saja anda membahas tentang backlink. Bagaimana tidak, karena yang namanya link, baik itu external atau internal link adalah backlink.
Yang membedakan hanyalah pada tempat. Biasanya, blogger mengatakan backlink adalah link yang dipasang di luar blog semisal di halaman facebook, dan lainnya. Dan, kalau link internal anda sudah tahu sendiri.
Namun, tidak semua blogger mengetahui caranya membuat backlink yang benar. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika anda juga membaca cara pembuatan backlink yang benar. Jadi, silahkan baca, karena di sana juga berbagi cara mendapatkan backlink dari fasilitas google.
-0.789275113.921327
Indonesia
Disqus Comments Loading...

Recent Posts

Contoh atau Kriteria Website yang Baik Untuk Bisnis Menurut Ahli

Kami akan memberikan contoh atau kriteria blog / website yang baik menurut ahli agar Anda dapat mengelola website sampai menghasilkan…

2 bulan ago

Manfaat Website Untuk Bisnis dan Sebagai Media Promosi

Alhamdulillah, kini waktunya membahas manfaat website untuk bisnis dan sebagai media promosi produk atau usaha yang kita miliki. Dan, kami tanpa…

2 bulan ago

Cara Mencari Pelanggan Baru Dalam Berdagang lewat internet

Berbicara tentang cara mencari pelanggan baru dalam berdagang dan lainnya lewat internet pastinya membutuhkan teori, agar kita tidak sampai salah…

3 bulan ago

Cara Menarik / Mempertahankan Pelanggan Lama Agar Tetap Setia

Tidaklah mungkin sebuah usaha akan berjalan lancar, dan baik tanpa adanya konsumen, atau pelanggan. Bahkan, yang namanya usaha akan sukses,…

3 bulan ago

Alasan dan Manfaat Memilih Lokasi / Tempat Usaha yang Strategis

Pebisnis, adalah orang cerdas, dan bijaksana, agar usahanya mampu berkembang sesuai dengan harapan. Tidak lepas dengan itu, maka kita pun…

3 bulan ago

Cara Menjalankan Nuamoorea, dan Sukses di Bisnis Amoorea

Artikel ini sebagai studi buat Anda yang ingin menjadi pebisnis. Tidak sebatas informasi peluang usaha, yang bisa dijalankan kapanpun, dan…

3 bulan ago