Cara Berjualan / Berdagang Online Agar Laris dan Cepat Laku untuk Pemula

Alhamdulillah, ayo kita pelajari cara dagang atau berdagang online agar laris, cepat laku dan daftarnya adalah sebagai berikut ;

  1. Memperluas Jaringan.
  2. Membuat Blog untuk mempromosikan.
  3. Menentukan Sasaran Konsumen.
  4. Mementingkan Kepuasan Konsumen.
  5. Mengutamakan kejujuran.
  6. Memberikan harga yang bersahabat.
  7. Memberikan fasilitas yang memudahkan konsumen.

Insya Allah, jika kita melakukan tips di atas mampu membantu untuk mengembangkan usaha dagangan online kita. Oleh sebab itu, mari langsung pada pembahasan pertama yaitu

Kita harus pandai memperluas jaringan.

Mempunyai jaringan yang lebar, dan luas adalah sesuatu yang istimewa dalam kehidupan kita. Jadi, jika anda ingin memiliki keistimewaan yang luarbiasa, silahkan mencari, dan mendapatkan jaringan yang luas.

Manfaat ketika mempunyai jaringan luas tidak hanya menambah teman, dan pengalaman. Yang hebatnya lagi, jaringan luas sangat membantu usaha agar cepat berkembang.

Maka dari itu, agar dagangan online cepat laku keras, kita diharuskan untuk memperbanyak pengalaman, dan jaringan usaha. Dan, beberapa cara yang bisa dilakukan agar memperluas jaringan adalah ;

  • Aktif di media sosial online.
Jangan hanya update status untuk mempromosikan produk. Karena, kita harus aktif di sana, kalau berharap banyak teman media sosial online yang menyukai status yang mengandung promosi kita.
Kita harus senantiasa like, dan komentar positif di status mereka. Lama kelamaan, mereka juga tidak sungkan like, dan berkomentar di status kita. Yang menariknya lagi, jika selalu aktif, kita mempunyai peluang besar banyak orang yang mengetahui produk yang kita jual.
  • Mencari dan update mencari informasi terbaru.
Di atas menyinggung update status untuk promosi, dan kalau yang ini adalah tentang mencari informasi terbaru. Maka dari itu, kita harus memanfaatkan google, facebook, atau lainnya untuk mendapatkan informasi yang berhubungan dengan usaha dagang kita.
Jika melakukan cara ini, secara tidak langsung kita akan mengetahui apa saja kekurangan usaha yang kita kelola, dan kekurangan yang lainnya. Naaahh,,,, kalau sudah mengetahui apa saja kekurangannya, kita bisa memperbaiki agar usaha dagang mampu lancar laris manis, dan berkembang.
Tidak hanya itu.. Jika kita senantiasa mencari informasi terupdate, secara otomatis jaringan usaha kita mampu meluas, dan memiliki pengetahuan baru yang sebelumnya tidak pernah diketahui.
  • Pandai bersosialisasi baik dengan masyarakat.

Jangan pernah bermimpi usaha dagang bisa sukses, kalau kita sendiri kurang pandai bersosialisasi dengan baik di masyarakat, dan lingkungan.

Logikanya seperti ini… Sudah sangat jelas bahwa yang namanya usaha butuh dengan konsumen. Bagaimana kisahnya banyak konsumen berdatangan untuk order produk, kalau banyak masyarakat yang tidak mengenal, dan tidak menyukai kepribadian kita.

Kemungkinan besar, mereka lebih memilih pedagang lainnya, yang tentunya lebih dikenali, dan lebih disukai. Jadi kesimpulannya adalah kita harus pandai bersosialisasi dengan baik dimanapun kita berada, kalau ingin banyak pelanggan, atau konsumen.

Membuat Blog untuk Mempromosikan.

Blog Blogger memang sangat menguntungkan. Keuntungan blog tidak hanya untuk para pelajar untuk belajar nulis, menyimpan materi.

Masih banyak lagi manfaatnya mengelola blog, dan diantaranya adalah untuk mendapatkan rupiah. Asal anda tahu, banyak alternatif yang dilakukan para blogger untuk menghasilkan uang, seperti mendaftar google adsense, menjalankan program afiliasi, dan lain sebagainya.

Tapi, berhubung di sini tentang melakukan promosi melalui blog, mari kita fokuskan pembahasannya. Jadi seperti ini, semisal anda memiliki blog banyak pengunjungnya, maka manfaatkan kesempatan emas tersebut untuk mempromosikan produk. Dengan ini, secara otomatis banyak orang yang mengetahui usaha dagang anda, dan tidak menutup kemungkinan banyak yang order.

Maka dari itu, saya menyarankan anda membuat blog untuk mengembangkan usaha online anda. Terlebih, pembuatan blog blogger gratis. Tapi ingat… ! Kita membutuhkan kesabaran, dan pantang menyerah jika memutuskan untuk mengelola blog.

Selain blog, masih banyak lagi cara lainnya untuk mempromosikan.

Naaaahhh…. ! Kita harus memanfaatkan facebook, twitter, google plus untuk promosi. Tahukah anda banyak perusahaan yang mempromosikan produknya melalui jejaringan tersebut ? Pastinya udah tahu, dooong….

Maka dari itu, jangan sungkan promosi, dan promosi terus agar semakin banyak orang yang mengetahui usaha dagang kita. Seumpama produk kita sudah banyak yang mengenalnya, maka mempunyai peluang besar cepat laku, alias laris manis.

Menentukan sasaran konsumen.

Kita juga harus cerdas menentukan sasaran usaha dagang agar cepat laku. Jangan heran jika suatu saat usaha dagang anda mengalami kemacetan disebabkan salah sasaran.

Tentukan terlebih dahulu jenis apa, dan seperti apa produk yang akan diperjualbelikan secara online. Kalau toh kita sampai salah, sekali lagi jangan heran kalau dagangan sangat sepi konsumennya.

cara berjualan online shop untuk pemula
Ordernya kosong.

Oleh sebab itu, saya mempunyai saran untuk anda untuk menargetkan konsumen muda-mudi. Kenapa harus menentukan sasaran konsumen berupa muda-mudi ?

Karena kebanyakan yang bertransaksi di dunia online adalah orang muda, remaja, dan nggak terlalu tua. Maka dari itu, kita juga harus pandai menentukan jenis produk apa saja yang sekiranya banyak diminati oleh kalangan remaja, dewasa, dan nggak terlalu tua.

Insya Allah.. ! Ketika kita sudah pas menargetkan produk kepada siapa, dan mengetahui apa saja yang sedang banyak peminatnya, usaha dagang online kita bisa lancar, dan laris. Sampai sini semoga saja ada pengetahuan baru yang bermanfaat untuk kita semua.

Mementingkan Kepuasan Konsumen.

Usaha dagang anda untuk jangka panjang atau pendek ? Ketahuilah… ! Walaupun anda berdagang online hanya untuk sementara, tidak boleh mengabaikan istilah kepuasan pelanggan.

Jangan mentang-mentang menjual produk hanya karena butuh (tidak bisnis), lantas anda tidak memikirkan rasa kecewa, dan kepuasan konsumen.

cara berdagang online agar laris
Jangan membuat sedih konsumen.

Terlebih jika kita adalah pengusaha dagang online. Sebagai pebisnis online, seharusnya mampu menjaga kepuasan konsumen agar mereka menjaga juga loyalitas atau kesetiaan.

Jika mereka sampai kecewa dengan kita, bagaimana mungkin mereka setia menjadi pelanggan ? Tentunya, mereka mencari pedagang lainnya yang tentunya mampu memberi kepuasan.

Coba anda tengok ke sana, walaupun hanya sekejap. Di sana banyak persaingan yang memiliki kualitas terbaik dalam segi pelayanan, dan produk yang mereka tawarkan kepada konsumen. Jadi, kita akan kalah saing tatkala mengabaikan istilah kepuasan pelanggan.

Kenapa ? Karena, rasa puas pelanggan bisa untuk membuktikan bahwa produk, dan pelayanan kita memiliki kualitas terbaik. Sedangkan, yang namanya usaha sukses harus mengedepankan kualitas pelayanan, dan produk.

Alhamdulillah, dan semoga ungkapan saya ini bisa disimpulkan anda. Kesimpulannya adalah harus mengutamakan kepuasan pelanggan dengan memberi kualitas produk, dan pelayanan yang baik.

Memberikan harga yang bersahabat dengan kantong.

Mementingkan kepuasan pelanggan bisa dilakukan dengan memberi kualitas pelayanan, dan produk yang baik. Dan, produk berkualitas baik tidak harus berharga mahal.

cara berjualan online agar cepat laku

Berilah harga terjangkau meskipun produk yang anda tawarkan mempunyai kualitas terbaik. Saya tahu bahwa yang namanya produk berkualitas top nggak harus mahal..

Kalau toh banyak barang berharga dahsyat, karena alasan kualitas terbaik, itu karena patokan dari pedagang tersebut. Nyatanya, nggak semua produk yang sama persis mempunyai harga yang sama persis juga.

Ini bisa dibuktikan jika anda meneliti pedagang satu dengan pedagang lainnya. Pasti, harga dari pedagang satu berbeda dengan harga yang dipatok pedagang lainnya, meskipun produknya sama.

Saya yakin, kebanyakan dari kita pasti lebih memilih order produk yang lebih murah, karena pada dasarnya produk tersebut mempunyai kualitas seimbang, bahkan sama persis.

Mengutamakan, dan mementingkan kejujuran.

Tips sukses berdagang sebenarnya sangat bagus, karena mendidik kita menjadi lebih baik. Bagaimana tidak ? Sedangkan yang namanya pengusaha sukses tidak pernah mengabaikan kejujuran, dan kepercayaan.

Meskipun banyak orang berpendapat “kalau jujur akan hancur” namun pendapat seperti itu tidaklah benar. Jauh kenyataannya bahwa pembohong mampu menjadi orang sukses.

Adapun orang yang suka berbohong demi mendapatkan uang, adalah orang yang banyak duitnya, tapi saya yakin orang tersebut tidak merasa senang, karena dihantui kebohongannya sendiri.

Bahkan, cepat atau lambat, mereka yang terbiasa dusta demi uang pasti bangkrut, dan tentunya kehilangan kepercayaannya. Dan, apabila ini sampai terjadi kepada anda, jangan heran jika dagangan online anda sepi konsumen.

Kalau dagangan sepi konsumen, kemudian siapa yang membeli ? Oleh sebab itulah jangan sampai berdusta hanya ingin mendapat untung yang lebih, karena dampak negatifnya kita rasakan di kemudian hari.

Memberikan fasilitas untuk mempermudah konsumen.

Fasilitas agar para konsumen mudah berinteraksi untuk melakukan transaksi dengan kita, adalah faktor penting yang nggak boleh ditinggalkan.

Ini saya sampaikan karena pernah menjumpai situs yang mana pembayarannya harus menggunakan kartu kredit. Sedangkan, saya tidak memiliki kartu sedemikian itu. Singkat cerita, saya tidak bisa order di sana.

Coba bayangkan jika pengalaman ini terjadi pada usaha dagang anda. Ada orang yang ingin membeli salah satu produk, namun orang tersebut tidak memiliki persyaratan untuk order, semisal karena dalam bisnis anda hanya menerima pembayaran menggunakan akun Paypal.

Tentunya, contoh di atas adalah masalah besar yang harus segera diperbaiki. Maka dari itu, saran saya adalah menyediakan fasilitas pembayaran yang mudah, dan tidak membuat repot konsumen. Seperti pembayaran melalui bank, dan kantor post.

Sediakan juga fasilitas untuk mempermudah konsumen menghubungi kita.

Kurang lengkap apabila usaha dagang tidak disertai alat untuk mempermudah konsumen menghubungi kita. Dengan itu, silahkan lengkapi nomor wa, bbm, dan lain sebagainya.

Baca juga tentang cara memilih usaha agar menguntungkan, dan dengan modal kecil.

Alhamdulillah. Pada postingan sebelum ini saya menulis tentang tips memilih usaha yang menguntungkan, dan di sana juga ada pilihan usaha dengan modal kecil.
Jika anda tidak keberatan membacanya, silahkan mampir pada postingan yang berjudul cara agar usaha menguntungkan, dan dengan modal kecil. Bahkan, menurut saya sangat disayangkan jika sampai bacaan tersebut terlewati.
Demikian yang dapat saya sampaikan,dan tetaplah semangat, pantang menyerah, dan jangan hanya mempunyai harapan yang serba gampang. Dan, yang nggak kalah pentingnya adalah tetap berdoa, dan pasrahkan semuanya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *