Cara Agar bisa disiplin Diri dan waktu

Cara-Disiplin-diri-dalam-waktu
By Pixabay

Assalamualaikum…

Kali ini mengenai Cara Supaya Bisa disiplin diri dan Waktu.
Disiplin, merupakan salah satu sikap yang positif bagi semua kalangan, baik pendidik, pengusaha, dan pemimpin. Dengan kita menerapkan disiplin, semua akan lebih teratur. Terlebih, apabila anda termasuk pengusaha atau wirausaha, maka disiplin merupakan hal pokok, karena termasuk dari salah satu dari Sikap yang harus dimiliki bagi pebisnis (wirausaha).
Disiplin dapat menjaga konsisten tindakan. Disiplin dijadikan sebagai patokan penilaian pribadi yang berdampak luas. Sesorang dengan sikap disiplin mempunyai nilai lebih dimata orang lain karena dapat meningkatkan kredibilitas.
Disiplin merupakan salah satu pembuktian kualitas diri karena tidak semua orang bisa menjadi pribadi yang disiplin.
Namun, untuk membangun sikap disiplin diri tidak mudah. Bagaimana kita memulainya, ?. Berikut beberapa langkah mudah menuju disiplin.

1. Tekad. Mulailah dengan tekad yang kuat.

Pada dasarnya, disiplin adalah sebuah kebiasaan, dan bukan tekanan. Semakin sering kita melatih, dan menggunakannya, maka semakin ahli kita melakukannya.
Tekad adalah keputusan tegas dalam diri kita. Artinya, secara sadar, kita diberikan pilihan bebas untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu.

2. Tanamkan hasil akhir dalam pikiran.

Seringkali, kita tergoda dan hanya memikirkan kesenangan, dan kepuasan sementara. Akhirnya, kita menyerang pada hidangan yang menggiurkan itu. Biasanya, ada saja “pembenaran” yang muncul.

3. Tetapkan langkah praktis.

Jangan hanya katakan yang kita inginkan, tapi usahakan tetapkan berbagai cara praktis untuk mendapatkannya.
Jika kita ingin menjadi pengusaha sukses, berusahalah untuk selalu maju, di antaranya dengan cara pintar membagi waktu.

4. Hargai diri sendiri, dan jangan pernah berhenti.

Sekali lagi, mendisiplinkan diri bukan sesuatu yang biasa dilakukan dalam satu hari, melainkan sebuah kebiasaan yang harus ditanamkan, dan membutuhkan proses.
Dalam perjalanan menuju hal tersebut, sebenarnya wajar jika kita mengambil keputusan yang salah. Adapun yang penting adalah jangan salahkan diri sendiri.
Menyadari kesalahan diri sendiri dan berusaha memperbaikinya diwaktu selanjutnya adalah langkah yang bijak. Kekecewaan pada diri sendiri bisa semakin mengendorkan niat, dan membuat kita berhenti mencapai tujuan.
Usaha yang sukses, tentunya juga tidak terlepas dari pribadi yang kuat. Pribadi yang kuat bisa dilihat dari besarnya disiplin dalam melakukan kewajiban tanpa terpengaruh oleh faktor lain, terutama faktor pribadi, emosi pribadi.
Disiplin menciptakan komitmen dan konsistensi yang menjadi kunci utama wirausaha, dan umumnya untuk semua.
Sedemikian yang dapat kami sampaikan, dan semoga bermanfaat.
Sumber bacaan dari buku ;
Jangan Jadi Pengusaha, Kalau Nggak Punya Nyali.
Karya mas Dika Andrianto.
Waalaikumsalamwarohmatullohiwabarokatuh.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *